Polisi Dalami Kaburnya Habib Rizieq dari Rumah Sakit Ummi Nekat Menjambret Wanita di Siang Bolong, Pemuda Kotabaru Diringkus Tim Macan Bamega Sadis! Begal Mobil Carteran di Pelaihari Buang Jasad Korban ke Hutan Sawit BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen

Survei Indikator, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul 20,1 Persen

- Apahabar.com Selasa, 8 Januari 2019 - 19:39 WIB

Survei Indikator, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf  Unggul 20,1 Persen

Pasangan capres – cawapres nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Foto-istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul 20,1 persen atas pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Dari kesimpulan hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia yang dipublikasikan, di Jakarta, Selasa (8/1), pasangan Jokowi – Ma’ruf memperoleh 54,9 persen, sementara pasangan Prabowo – Sandi hanya mendapat 34,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Buhanuddin Muhtadi menjelaskan, pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan memenangkan pemilu presiden dengan elektabilitas 54,9 persen, jika pemilu presiden diselenggarakan saat ini.

Namun, Burhan mengingatkan, pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf jangan cepat merasa puas, karena tingkat elektabilitas 54,9 persen itu belum aman untuk memenangkan pemilu presiden yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019.

Burhan menegaskan, elektabilitas kedua pasangan capres-cawapres masih bisa berubah karena pelaksanaan pemilu presiden masih sekitar tiga bulan lagi.

Elektabilitas Jokowi dan Prabowo pada Desember 2018, menurut dia, mengalami sedikit peningkatan jika dibandingkan survei pada Oktober 2018. Adapun, pemilih yang belum menentukan pilihan “undecided voters” cenderung menurun.

Adanya, “undecided voters” 9,2 persen serta pemilih yang sudah memilih tapi masih bisa merubah pilihannya, menurut Burhan, pasangan Jokowi-Ma’ruf masih belum aman, karena pasangan Prabowo-Sandiaga masih memiliki peluang menang.

Seperti yang dilansir kantor berita Antara, Survei dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia terhadap sebanyak 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas dengan sampel acak di 34 provinsi di Indonesia, pada 6-16 Desember 2019.

Metode survei yang digunakan yakni wawancara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Adapun “margin of error” rata-rata sebesar plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Editor : Budi Ismanto

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Mukmin Titip Ini Jika Syafruddin H Maming Jadi Bupati Tanah Bumbu
apahabar.com

Politik

Daftar ke PAN, Kepala Kemenag Kotim Siap Bertarung di Pilkada 2020
apahabar.com

Politik

Tukang Pijat Nekat Nyaleg Hanya Modal Stiker
apahabar.com

Politik

Acungkan Satu Jari Telunjuk, Inul dan Radja Kompak Meriahkan Kampanye Akbar Jokowi

Politik

Andin: Kabupaten Banjar Mustahil Maju Jika Pilih Pemimpin Secara Transaksional
apahabar.com

Politik

Hal-hal yang Perlu Diketahui Terkait Debat Capres Malam Ini
apahabar.com

Politik

Dikawal Seluruh Partai Pengusung, SJA-Arul Resmi Daftar ke KPU Kotabaru
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020, Perempuan PKS Siap Menangkan Hj Ananda – H Mushaffa Zakir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com