91 Persen Pasien Covid-19 di Kalsel Sembuh Jadwal Liga Inggris Sheffield United vs Man City Malam Ini, Live Streaming Mola TV, Guardiola Tanpa Aguero! Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya

Tahanan Bak Kelelawar, Komisi III: Pidana Ringan Nggak Usah Ditahan

- Apahabar.com Rabu, 2 Januari 2019 - 14:30 WIB

Tahanan Bak Kelelawar, Komisi III: Pidana Ringan Nggak Usah Ditahan

Penjara over kapasitas, tahanan pun tidur bak kelelawar. Foto-ist

apahabar.com, JAKARTA – Overkapasitas penghuni dalam rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan di Indonesia masih menjadi permasalahan yang berkepanjangan. Yang terbaru, penghuni Rutan Bagansiapiapi terpaksa tidur bak kelelawar. Komisi III DPR mengatakan sebaiknya kasus-kasus dengan ancaman hukuman ringan tidak perlu sampai ditahan.

“Ngapain jauh-jauh ke Bagansiapiapi. Di Cipinang saja itu sudah pada tidur di lantai karena overkapasitas. Jadi ngapain jauh-jauh ke Bagansiapiapi. Di Cipinang, di Salemba semua overcapacity,” ujar Wakil Ketua Komisi III, Mulfachri Harahap, saat dihubungi, Rabu (2/1/2019).

Berdasarkan data Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM, kapasitas Rutan Bagansiapiapi adalah 98 orang. Tapi faktanya rutan ini dihuni 810 orang atau melebihi kapasitas hingga 836 persen. Bukan hanya di Bagansiapiapi, sejumlah rutan juga mengalami overkapasitas lebih dari 600 persen. Misalnya, Rutan Takengon dan Lapas Tarakan.

Mulfachri mengatakan butuh kemauan atau will dan keberanian untuk membuat terobosan baru dalam menangani persoalan overkapasitas yang tidak kunjung berakhir itu. Jika tidak, upaya-upaya yang dilakukan pemerintah, khususnya Kemenkum HAM, maka tidak akan berbuah manis.

Misalnya, dengan merelokasi lapas-lapas yang sudah overkapasitas. Menurut Mulfachrii, langkah itu bisa mengurangi persoalan yang menjadi momok dalam setiap pemerintahan.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Tahanan KPK Diborgol

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tak Pernah ke China, Seorang WNI di Singapura Terjangkit Virus Corona
apahabar.com

Nasional

Tingkatkan Kesiagaan, Cuaca Ekstrem Indonesia Diprediksi Sepekan
apahabar.com

Nasional

Bantuan Terus Mengalir untuk Korban Banjir Samarinda
apahabar.com

Nasional

Geger! Mobil Mewah Lamborghini Milik Raffi Ahmad Terbakar di Sentul
apahabar.com

Nasional

Mahathir Ungkap Alasan Pengunduran Dirinya
apahabar.com

Nasional

Senjata Api Pelaku Teror di Masjid New Zealand Legal
apahabar.com

Nasional

BNN Amankan Kiriman Narkoba dari Jerman
apahabar.com

Nasional

Korban Tewas Tsunami Kemungkinan Bertambah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com