Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas Hilang Beberapa Hari, Warga Gang Jemaah Banjarmasin Ditemukan Sudah Jadi Mayat

Tahun Ini, Kepulauan Derawan Ditarget Bebas Anjing Gila

- Apahabar.com Jumat, 25 Januari 2019 - 08:00 WIB

Tahun Ini, Kepulauan Derawan Ditarget Bebas Anjing Gila

Ilustrasi keindahan kepulauan Derawan. Foto-Istimewa

apahabar.com, SAMARINDA – Pulau Derawan yang berada di gugusan kepulauan laut Kabupaten Berau sebagai destinasi wisata ecotuorisme Kaltim harus bebas dari penyakit strategis hewan menular.

Diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Dadang Sudarya, tahun ini Derawan menjadi target kegiatan bebas penyakit hewan menular rabies.

“Untuk yang rabies tahun kita sudah mengusulkan pembebasan pertama di Pulau Derawan,” katanya di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (21/1/2019).

Rabies (virus rabies) biasa disebut penyakit anjing gila jelasnya, bisa ditularkan melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing, kera, musang, rakun dan kelelawar.

Dipilihnya Pulau Derawan juga Maratua dan pulau-pulau sekitarnya, ujar Dadang sebab kawasan itu pulau tersendiri sehingga mudah dalam pengawasan.

Terutama mengisolir (monitoring) lalu lintas (keluar masuk) hewan maupun memantau kondisi kehidupan hewan yang berada di kawasan setempat.

Dijelaskannya, suatu wilayah atau kawasan bisa dinyatakan bebas dari penyakit hewan menular apabila selama tiga tahun berturut-turut tidak terjadi kasus.

Seandainya terjadi kasus ujar Dadang, namun dinyatakan negatif maka kawasan itu boleh dinyatakan bebas penyakit hewan menular, khususnya rabies.

“Sejak 2016 untuk kasus rabies tidak lagi terjadi atau negatif di seluruh wilayah kabupaten dan kota se-Kaltim,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bebas rabies di Kaltim terutama kawasan wisata seperti Derawan dan gugusan kepulauan jadi jaminan keamanan dan kenyamanan turis berkunjung.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

PMI Balikpapan

Kaltim

PMI Balikpapan Tak Terima Bantuan Pakaian Bekas untuk Korban Banjir Kalsel
Pembacokan

Kaltim

Kenali Pelaku, Jemaah Salat Subuh Korban Pembacokan di Kaltim Ungkap Kronologis Kejadian
Jasad Setengah Kepala

Kaltim

Usai Jasad Setengah Kepala, Tim SAR Heran Muncul Mayat Lain di Sungai Mahakam
Kalsel dan Sulbar

Kaltim

Bantu Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar, Pemprov Kaltim Kirim 20 Ton Beras
apahabar.com

Kaltim

Geledah Kantor KKT, Kejari Balikpapan Sita Sejumlah Dokumen
apahabar.com

Kaltim

Proyek Kilang Minyak Pertamina, Gubernur: Tenaga Lokal Tanpa Tes
motor terbakar

Kaltim

Tiga Motor Terbakar di Batu Ampar Balikpapan, Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal
sungai mahakam

Kaltim

Pemancing yang Melompat di Sungai Mahakam Ditemukan Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com