Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Tiga Kali Gempa Guncang Bengkulu

- Apahabar.com Senin, 21 Januari 2019 - 11:30 WIB

Tiga Kali Gempa Guncang Bengkulu

Ilustrasi gempa. Foto-Net

apahabar.com, BENGKULU – Gempa tektonik kembali mengguncang dua kabupaten di Provinsi Bengkulu, Senin (21/1/2019). Gempa yang mengguncang provinsi berjuluk ”Bumi Rafflesia”, Senin (21/1) pagi ini sebanyak tiga kali secara beriringan.

Gempa pertama berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR), terjadi sekira pukul 08.19 WIB. Gempa itu berada di koordinat episenter 4.73 Lintang Selatan (LS) dan 102.14 Bujur Timur (BT) atau berlokasi di Barat Daya Kabupaten Seluma, pada jarak 98 kilometer (km), dengan kedalaman 33 km.

Berselang lima menit kemudian, gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara. Berkekuatan 3,5 SR. Gempa itu berada di koordinat episenter 4.09 Lintang Selatan (LS) dan 101.26 Bujur Timur (BT) atau berlokasi di Barat Daya Kabupaten Bengkulu Utara, pada jarak 121 kilometer (km), dengan kedalaman 30 km.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat, gempa bumi yang mengguncang dua kabupaten di Bengkulu, tidak begitu dirasakan oleh masyarakat didua wilayah tersebut.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,2 Terjadi di Sangihe Sulut

”Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Sabar seperti dilansir okenews.com.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, terang Sabar, tampak bahwa gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi kedalaman dangkal, akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia, dengan hiposenter yang terletak di zona transisi Megathrust-Benioff.

Selain itu, sampai Sabar, hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum adanya gempa susulan. Meskipun demikian, pihaknya meminta kepada masyarakat di daerah Seluma dan Bengkulu Utara diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

”Belum ada gempa susulan. Kami minta masyarakat tetap tenang,” demikian Sabar.

Baca Juga: Gempa M 5,0 Guncang Tapanuli Utara, Warga Panik

Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 144.945 Positif, 98.657 Sembuh
apahabar.com

Nasional

Setelah Kiai Ma’ruf, Jokowi Jenguk Ustaz Arifin Ilham
apahabar.com

Nasional

Massa Aksi Bergerak ke MK Lantunkan Salawat Badar

Nasional

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 1.500 Meter
apahabar.com

Nasional

Pagi Buta, Asrama Papua Dilempari Karung Berisi Ular
apahabar.com

Nasional

Diburu Polisi, Ini Sosok Ali Kalora yang Mutilasi Warga
apahabar.com

Nasional

KPU Gelar Rapat Validasi Surat Pemilu 2019
apahabar.com

Nasional

PWI Minta Polisi Usut Tuntas Kebakaran Rumah Wartawan Serambi Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com