Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel Kapolres Kapuas Terjang Banjir Bantu Korban Terdampak di Alalak

Tol Balsam Jalan Terus, Maloy Siap Diresmikan Jokowi

- Apahabar.com Kamis, 3 Januari 2019 - 13:19 WIB

Tol Balsam Jalan Terus, Maloy Siap Diresmikan Jokowi

Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Foto-Dok Jasa Marga

apahabar.com, SAMARINDA – Pemprov Kaltim menyerahkan kelanjutan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,02 kilometer sepenuhnya ke pemerintah pusat.

pengerjaan fisik jalan tol tidak akan lagi mendapat dukungan APBD Kaltim. Demikian ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.

“Jadi, Pemprov Kaltim sekarang sudah tidak repot lagi soal jalan tol. Kita serahkan semua ke pusat untuk menyelesaikan pembangunan fisiknya. Kita masih akan bantu untuk pembebasan lahan,” kata Isran dalam keterangan persnya kepada media ini Kamis (3/1).

Baca Juga: 2019, Pelayanan Kaltim Harus Ditingkatkan

Hingga saat ini disebutkan Isran, secara keseluruhan pembangunan jalan tol sudah mencapai 75 persen. Jika masih terdapat permasalahan lahan, Pemprov Kaltim siap membantu.

“Kita harapkan tahun ini bisa selesai. Yang jelas kita serahkan semua ke pusat untuk menyelesaikan pembangunan fisiknya,” tegasnya.

Selain itu, untuk pembangunan proyek-proyek multi years contract (MYC) seluruhnya akan diselesaikan pada 2019. Anggarannya pun sudah ada. Misal, pembangunan Jembatan Mahakam IV.

Baca Juga:  Maloy Batuta Trans Kalimantan Ditarget Akhir Januari

Sedangkan mengenai Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) di Kutai Timur tetap menjadi perhatian Pemprov Kaltim.

Bahkan, hingga saat ini banyak investor dan pengusaha siap membangun industri di lokasi tersebut, terutama industri kelapa sawit.

“Yang jelas mengenai pembangunan MYC tidak ada masalah. Jembatan Mahakam IV insyaallah diresmikan April 2019. Begitu juga KEK Maloy. Rencana diresmikan Presiden Joko Widodo April tahun ini. Potensi KEK Maloy untuk pertumbuhan ekonomi rakyat sangat besar,” jelasnya.

Editor: Fariz

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Koalisi Sipil Pertanyakan KLHS Proyek Ibu Kota
apahabar.com

Kaltim

Pemprov Kaltim Evaluasi Penerima Beasiswa ke Rusia
apahabar.com

Kaltim

Kriteria Sapi Kurban Presiden Jokowi
apahabar.com

Kaltim

Satu Warga Positif Corona, Isran Noor: Kaltim Sudah Bisa Ditetapkan KLB
apahabar.com

Kaltim

38 Inspektur Tambang Perketat Pengawasan 180 IUP
apahabar.com

Kaltim

Pertamina Selidiki Sumber Elpji yang Meledak di KM Amelia
apahabar.com

Kaltim

Tembus Ratusan Kasus, Pernikahan Dini di Kaltim Dominan Perempuan
apahabar.com

Kaltim

Di Rumah Aja, Telkomsel Kalimantan Sajikan Kajian Online Ramadan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com