Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Warga Pesisir Waspada Puting Beliung

- Apahabar.com Selasa, 8 Januari 2019 - 08:02 WIB

Warga Pesisir Waspada Puting Beliung

Ilustrasi waspada puting beliung. Foto-dok.bnpb

apahabar.com, BATULICIN – Prediksi BMKG terkait cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan memang benar adanya. Dalam beberapa minggu ini, cuaca ekstrem melanda beberapa tempat di Kabupaten Tanah Bumbu, terutama wilayah pesisir.

Tokoh masyarakat Pagatan, Andi S Jaya, mengatakan hal yang paling dikhawatirkan warga dari cuaca ekstrem adalah munculnya angin puting beliung. Sebelumnya, angin puting beliung sempat menyerang permukiman warga di pesisir.

“Yang kami khawatirkan itu angin puting beliung. Beberapa waktu lalu ada rumah warga yang terkena, meski tidak parah,” kata Andi Jaya, kepada apahabar.com, Selasa (8/1).

Dalam dua hari terakhir, sinar matahari memang muncul memberikan kehangatan bagi warga. Namun, kata Andi, hal itu hanya bersifat sementara.

Sesuai prediksi BMKG, hujan disertai angin kencang masih akan melanda Pagatan dan sekitarnya. “Ini masuk musim barat. Diprediksi akan berlangsung sampai April 2019,” katanya.

Terkait gelombang pasang, Andi menerangkan masyarakat setempat justru sudah terbiasa menghadapinya. Namun, ia berharap gelombang pasang atau angin puting beliung tidak terjadi lagi di Tanah Bumbu dan di tempat lain di Kalsel.

Sejumlah warga lainnya juga memiliki harapan yang sama. Harven, warga Pagatan, berharap bencana apapun tidak terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan wilayah pesisir untuk waspada terhadap bencana alam.

Kepala BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, mengungkapkan beberapa titik yang harus diwaspadai adalah bantaran Sungai Kusan, Satui, dan Batulicin, serta seluruh wilayah pesisir di Kabupaten Tanah Bumbu.

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kursi Roda dari Kemensos RI Jadi Kado Akhir Tahun Lilis Riani
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Menuju Tanah Bumbu Hebat (4), Pelestarian Lingkungan Jadi Atensi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Puluhan Pasutri di Tanbu Ikuti Sidang Isbat Nikah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Cuaca Buruk, Peserta Angsana Fishing Tournamen Sempat Dievakuasi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tingkat Kesadaran Uji KIR di Tanbu Masih Minim
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Intensitas Hujan Tinggi, Sebagian Wilayah Satui Terendam Banjir
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

12.373 Warga Tanbu Terkena ISPA
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Unit Endoskopi RSUD Tanbu Mulai Layani Penderita Gangguan Pencernaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com