Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

18 Bulan Penjara untuk Pencuri Motor Polisi

- Apahabar.com Rabu, 27 Februari 2019 - 19:10 WIB

18 Bulan Penjara untuk Pencuri Motor Polisi

Dalam sidang, Isur sesekali memelas berharap belas kasih diberikan oleh sang pengadil, dalam sidang putusan kasus pencurian kendaraan bermotor di Pengadilan Negeri Banjarmasin, Rabu (27/2) siang. Foto-apahabar/Edoz

apahabar.com, BANJARMASIN – Sudirman alias Isur (22), berjalan tertatih-tatih masuk ke ruang sidang. Menggunakan tongkat, Rabu (27/2), warga Marabahan, Kabupaten Batola itu terlihat gontai. Raut wajahnya menampakan rona kegalauan.

Penyebabnya, bekas tembakan di kakinya yang belum sepenuhnya sembuh. Ia dihadiahi polisi saat tertangkap. Dengan kondisi demikian, terdakwa kasus pencurian motor ini masuk ke dalam ruang sidang dengan pengawalan petugas Kejari Banjarmasin.

Baca Juga: Antar Barang Haram, Pria Banjarmasin Disergap di Kandangan

Siang tadi, pemuda kelahiran Hambawang itu kembali disidang terkait kasus pencurian sepeda motor, September 2018 silam.

Kala itu, motor milik anggota Polda Kalsel disikat olehnya saat teparkir di halaman rumah, jalan HKSN Komplek Surya Gemilang, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara
Di persidangan sebelumnya, terdakwa mengakui perbuatannya.

Pemuda tidak tamat sekolah dasar itu dijerat Pasal 363 ayat (1) ke 3 KUHP oleh Jaksa (JPU). Sidang kali ini, beragendakan vonis dibacakan majelis Hakim Rosmawati. Wajah Isur sesekali sesenggukan mengharap belas kasih sang pengadil.

“Terdakwa terbukti melanggar Pasal 363 ayat 1 ke-3 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.Terdakwa bersalah telah mengambil barang kepunyaan orang lain untuk dimiliki secara melawan hukum,” ujar ketua majelis Hakim di hadapan terdakwa dan JPU.

Dalam pembacaan putusan, Ketua Majelis Hakim juga menuturkan, bahwa terdakwa telah merugikan korban sebesar Rp 21 juta. Sementara, hal yang meringankan terdakwa menyesali perbuatannya.

“Bahwa terdakwa Sudirman alias Isur terbukti secara sah melakukan tindakan pencurian sepeda motor. Untuk itu Majelis Hakim memutuskan terdakwa dengan hukuman penjara selama satu tahun enam bulan,” tandas majelis hakim.

Vonis majelis hakim ini, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Banjarmasin, yang menuntut 2 tahun penjara dalam sidang sebelumnya.

Saat ditemui apahabar.com, JPU Syafiri Rakhman menerima hasil putusan yang diberikan oleh majelis hakim. Meski, tak sesuai tuntutan hukuman yang diberikannya, jaksa menilai keputusan yang diberikan hakim sudah tepat dengan berbagai pertimbangan.

“Hakim kan punya pertimbangan pastinya. Apalagi keringanan hukumannya hanya 4 bulan saja dan terdakwa juga sudah menyesali perbuatannya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pencurian sepeda motor yang dilakukan terdakwa berawal saat ia berjalan kaki melewati jalan HKSN Komplek Surya Gemilang Kota Banjarmasin, sekira pukul 00.00 wita.

Di rumah tersebut terdapat dua buah sepeda motor yang terparkir di garasi. Ia memasuki rumah yang ditempati Fuji Astuti dan Rossa Lalita tersebut dan melihat dua buah kunci sepeda motor tergantung di dinding rumah.

Melihat ada peluang, ia mengambil salah satu kunci sepeda motor. Sejurus kemudian terdakwa berhasil dengan mudah membawa kabur sepeda motor jenis Honda Vario warna hitam milik Rossa Lalita.

Baca Juga: Jaksa Yakin Ratna Sarumpaet Bersalah

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz F

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Hari Terakhir Operasi Zebra Intan di Tanbu, Pelanggar Lalu Lintas Langsung Disidang
apahabar.com

Hukum

Terkuak Alasan Lucinta Luna Pakai Psikotropika
apahabar.com

Hukum

Simpan Sabu Dalam Helm, Pria di Tapin Diringkus Polisi
apahabar.com

Hukum

Simpan Sabu di Kondom, Budak Narkotika di Batulicin Diringkus
apahabar.com

Hukum

Pengedar Narkotika di Rolanda Homestay Martapura Dibekuk
apahabar.com

Hukum

Gembong Narkoba Banjarmasin Diringkus, Kekayaan Senilai Rp 6 Miliar Disita
apahabar.com

Hukum

Hanya 2 Hari Perburuan, Polres HSU Sukses Tangkap Pelaku Pencuri Motor
apahabar.com

Hukum

Duel Tak Seimbang di HSU, Abuya Alami Luka Tusuk di Kaki
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com