Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

Aplikasi LAPOR SP4N Dimaksimalkan, Belasan Komunitas Perkuat Laporan Berbasis Data

- Apahabar.com Rabu, 6 Februari 2019 - 19:48 WIB

Aplikasi LAPOR SP4N Dimaksimalkan, Belasan Komunitas Perkuat Laporan Berbasis Data

Perwakilan komunitas LAPOR SP4N mengikuti training peningkatan pelayanan publik di Hotel Victoria Banjarmasin, Rabu (6/2/2019). Foto-apahabar.com/Muhammad Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) bersama belasan komunitas gelar training pelayanan publik. Training ini bertujuan memperkuat kapasitas dalam mengemas temuan isu pelayanan publik dalam tulisan jurnalistik.

“Pelatihan ini memberikan pemahaman kepada komunitas untuk mendorong pelayanan publik yang berkualitas,” ucap Koordinator Program Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (LAPOR SP4N), Intan, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga: Pemkab Banjar 3 Kali Terima Penghargaan SAKIP

Dari LK3 telah bekerjasama dengan YAPPIKA Actionaid dalam program Cegah Lapor dengan tujuan mendorong perbaikan kebijakan pelayanan publik melalui LAPOR SP4N. Tujuan program Cegah Lapor adalah pembuatan kebijakan berbasis bukti.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin diwakili oleh Kepala Program LAPOR SP4N akan memberikan arahan terkait program kepada komunitas. Sayangnya, dari pihak Pemko Banjarmasin tak bisa berhadir lantaran ada perjalanan dinas ke luar daerah.

“Harapannya pemko bisa hadir dan memberikan pengetahuan terkait data pengaduan masyarakat sebagai stakeholder,” jelasnya.

Nantinya akan berhadir pula Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan menyampaikan materi tentang peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dengan tujuan, agar kebijakan LAPOR SP4N tidak menjadi kebijakan kosong.

Rencananya, per bulan LK3 bersama komunitas akan menerima laporan dari Pemko Banjarmasin. Selanjutnya, Komunitas akan menganalisa dan mengangkat lima isu utama untuk direkomendasikan kepada pemegang kebijakan.

“Sekaligus mencari akar masalahnya,” cetusnya.

Selain penguatan pelaporan berbasis bukti dan mengemas laporan berupa tulisan jurnalistik, “Kami juga akan gencar membuat media sosial kampanye untuk program cegah lapor,” pungkasnya

Baca Juga: Besok Gedung Baru DPRD Kalsel Diresmikan

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Absen Ujian SBMPTN, 3 Calon Mahasiswa ULM Dilaporkan Positif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Anggota Polda Kalsel Galang Dana untuk Bayi Penderita Infeksi Usus
apahabar.com

Kalsel

Tambah 62 Kasus, Kalsel Sudah Jaring 1.347 Positif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Warga Banjarmasin Diswab, Puluhan Positif Covid-19!
apahabar.com

Kalsel

Bersama KNPI Batola, Satlantas Bicara Ketertiban Lalu Lintas
apahabar.com

Kalsel

Jubir Covid-19 HST Prediksi Ledakan Pasien Positif Bulan Juli
Diduga Tersetrum, Seorang Lelaki Ditemukan Tewas di Tatah Belayung

Kalsel

Diduga Tersetrum, Seorang Lelaki Ditemukan Tewas di Tatah Belayung
apahabar.com

Kalsel

Angka Pernikahan Dini Kaltim-Kalsel Masih Tinggi, Malu Tidak Laku?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com