Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Begini Cara Hemat Hadiri Haul Sekumpul ke-14

- Apahabar.com Sabtu, 9 Februari 2019 - 08:15 WIB

Begini Cara Hemat Hadiri Haul Sekumpul ke-14

Abah Guru Sekumpul ketika menjemput rombongan Habib Anis bin Alwi Al Habsy Solo. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Bagi jemaah luar daerah yang ingin menghadiri Haul Sekumpul ke-14, namun memiliki biaya yang minim, bisa tengok tips dari apahabar.com berikut.

Biaya minim tentunya tidak membuat anda menyurutkan langkah untuk berhadir di Sekumpul. Ada banyak cara mudah dan hemat untuk ikut hadir di Haul Akbar itu.

Baca Juga: BPBD Banjar Siapkan 110 Tandon untuk Haul Sekumpul ke-14

Cara ini biasa dicoba bagi jemaah yang akan datang sendiri atau berdua layaknya backpacker. Begini tipsya:

Pertama, disarankan untuk masuk komunitas-komunitas pecinta Abah Guru Sekumpul di media sosial. Dengan begitu, anda bisa melihat update terbaru berita terkait pelayanan yang ada di Haul Sekumpul. Kemudian, anda bisa membangun kedekatan (silaturahmi) dengan anggota di dalamnya.

Kedua, hubungi admin komunitas tersebut, untuk menanyakan pelayanan yang diberikan komunitas tersebut untuk anggotanya. Semisal transportasi dan penginapan gratis.

Karena biasanya, anggota komunitas dari Kalsel sebagian mereka termasuk relawan yang membantu kelancaran peringatan Haul Sekumpul.

Ketiga, jika anda menemukan komunitas yang menyediakan transportasi dan penginapan gratis, pastikan nama anda terdaftar dalam jumlah penumpang yang akan mereka jemput. Biasanya admin komunitas tersebut akan mendata jemaah yang datang dari luar dan masuk jemputan mereka.

Jika terdaftar, mereka akan memasukkan anda di grup WhatsApp mereka, untuk memudahkan interaksi. Segera konfirmasi kedatangan anda dengan menunjukkan tiket pesawat (jika pesawat) yang sudah anda beli.

Nah, jika anda beruntung menemukan komunitas seperti ini, dapat dipastikan perjalanan anda berjalan mudah dan hemat biaya. Anda akan langsung dijemput di Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru dan dibawa ke tempat penginapan gratis yang dikelola komunitas tersebut.

Bagaimana dengan makan? Jangan terlalu khawatir, di peringatan Haul Sekumpul anda akan menemukan banyak warung yang menggratiskan makanannya. Tak hanya pemilik warung makan, warga sekitar pun biasanya menyediakan makan, juga makanan ringan untuk tamu Haul Sekumpul.

Jika anda datang di dua hari peringatan Haul Sekumpul, anda akan sering melihat para relawan sedang patroli membawa makanan ke penginapan-penginapan yang terdata; pagi, siang, dan malam.

Keempat, buruan melakukan cara yang kami bagikan. Karena biasanya, mendekati hari peringatan haul, anggota komunitas yang juga relawan Haul Sekumpul jadi super sibuk.

Kelima, jaga silaturahmi yang terbina dengan baik di Haul Sekumpul ke-14 dengan bersikap sopan dan santun kepada sesama anggota komunitas tersebut. Karena persaudaraan itu akan memudahkan anda hadir kembali di peringatan Haul Sekumpul di tahun-tahun yang akan datang.

Selain menjaga sopan santun sesama anggota, anda juga harus mematuhi arahan dari relawan (panitia) yang bertugas demi kenyamanan bersama. Eit, jangan lupa menjaga kebersihan di peringatan Haul Sekumpul ya.

Selamat mencoba.

Baca Juga: Martapura Sambut Haul Abah Guru ke-14, Aula Kantor Camat pun Siap Tampung Jemaah

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

India Blokir 59 Aplikasi China Termasuk TikTok dan WeChat
apahabar.com

Gaya

Roti Telur Mayones untuk Menu Sahur Kilat
apahabar.com

Gaya

Oppo Ungkap Jeroan Kamera Reno4 F
apahabar.com

Gaya

5 Film Samurai Terbaik Versi IMDB, Harakiri Diantaranya
apahabar.com

Gaya

Cara Hentikan Orang yang Stalking WhatsApp
apahabar.com

Gaya

Begini Cara Pakai Obat Kumur Saat Berpuasa
apahabar.com

Gaya

Tanda Anak Harus Dibawa ke Dokter saat Pandemi Covid-19
apahabar.com

Gaya

Facebook Akan Perkenalkan Mode Gelap untuk Aplikasi Selular
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com