Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D

Begini Urutan Surat Suara Pemilu untuk Pemilih

- Apahabar.com Kamis, 21 Februari 2019 - 10:52 WIB

Begini Urutan Surat Suara Pemilu untuk Pemilih

Ilustrasi Pemilu 2019. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Tahap pencoblosan Pemilu akan berlangsung 17 April 2019 mendatang. Masyarakat akan memilih Presiden, Wakil Presiden serta Legislatif dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan.

Bagi pemilih yang sudah menentukan pilihan, namun tak mengerti mekanisme pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tak perlu khawatir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel terus berupaya mensosialisasikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sesuai PKPU nomor 3 tahun 2019.

“Urutan penghitungan suara pemilu serentak 17 April 2019 dimulai dari surat suara Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota,” kata Ketua KPU Kalsel, Sarmuji kepada apahabar.com.

Ia menambahkan begitu mendapat surat suara dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan hendak menuju bilik suara, bukalah lembaran itu lebar-lebar.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2019, Bupati: Suasana Pemilu di HSS Masih Damai

Periksalah surat suara tersebut untuk melihat kemungkinan surat suara rusak. Jika ada kerusakan, Sarmuji mengatakan pemilih dapat minta surat suara pengganti kepada KPPS sebanyak satu kali.

“KPPS selalu menghimbau pemilih, sebelum memasuki bilik suara agar membuka lembaran surat suara dengan lebar, agar apabila diketahui rusak maka bisa mereka ganti satu kali,” ucap mantan komisioner KPU Kalsel ini.

Bahkan, ia pula menyampaikan saat berada di bilik suara, pemilih jangan menggunakan handphone ataupun kamera. Selain itu, pemilih juga hanya diperbolehkan mencoblos menggunakan alat coblos yang telah disediakan.

“Tahapan sekecil apapun terkait pelaksanaan pemungutan suara selalu diarahkan KPPS. Jadi saya meminta pemilih agar bisa bekerja sama untuk menciptakan kondisi pemilu yang damai,” harapnya.

Baca Juga: PKPU 3/2019 Perbolehkan Warga Gunakan SIM untuk Memilih

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jelang Ramadan, Intip Cara Pengusaha Wanita Kalsel Gelar Pasar Murah
apahabar.com

Kalsel

Dukung Siswa Belajar dari Rumah, Ini Persembahan 3 Indonesia
apahabar.com

Kalsel

BMKG Pantau Kalimantan Selatan Cerah Kamis Ini
apahabar.com

Kalsel

AMAN HSS Harap Pengganti Damang Kalsel dari Loksado Lagi
apahabar.com

Kalsel

Edukasi Warga, Polsek Pelaihari Ingin Sapu Bersih Pungli di Wilayah Hukumnya
apahabar.com

Kalsel

Ruangan Isolasi Pasien Tanpa Gejala di RSUD Abdul Aziz Sudah Penuh
apahabar.com

Kalsel

Jenazah Guru Zuhdi Diperkirakan Tiba Pukul 3 Sore di Rumah Duka
apahabar.com

Kalsel

Pemuda Mesti Pro Aktif Dorong Kemajuan Daerah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com