Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Bulan Depan Layani Rute Penerbangan Baru

- Apahabar.com Kamis, 14 Februari 2019 - 10:39 WIB

Bulan Depan Layani Rute Penerbangan Baru

Pertumbuhan jumlah penumpang Bandara Internasional APT Pranoto di kawasan Sungai Siring, Samarinda, Kalimantan Timur terus menunjukan tren positif. Foto-Istimewa.

apahabar.com, SAMARINDA- Pengelola Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto tengah menyiapkan rute penerbangan baru, menyusul masuknya sejumlah maskapai penerbangan besar ke bandara yang terletak di Sungai Siring itu. Rencananya rute pelayanan penerbangan yang akan dibuka, yakni, Samarinda-Bali.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi membenarkan bahwa penerbangan dari Samarinda-Bali atau Bali-Samarinda sudah disiapkan.

“Insyaallah ada. Mohon doa masyarakat Kaltim. Penerbangan Samarinda-Bali akan kita buka. Semoga, bulan depan bisa terwujud,” kata Dodi dalam keterangan persnya, Kamis (12/2).

Dibukanya penerbangan Samarinda-Bali, menurutnya, sesuai keinginan dan harapan masyarakat Kaltim.

Selain itu, lanjutnya, kunjungan masyarakat Kaltim ke Bali juga cukup banyak, khususnya dari Samarinda dan sekitarnya, baik untuk liburan maupun melaksanakan aktivitas pekerjaan.

Begitu juga adanya geliat kepariwisataan di Samarinda maupun wilayah sekitar mulai tumbuh. Sehingga dinilai mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara berkunjung ke Kaltim.

“Biasa para turis mancanegara berkunjung ke Bali, baik dari Eropa maupun Asia. Tetapi, dengan adanya penerbangan ke Samarinda, tentu akan menjadi daya tarik para turis untuk ke Kaltim. Saya yakin Samarinda bisa menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi rakyat,” harapnya.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Garuda Turunkan Tiket Pesawat

Adanya rute penerbangan Samarinda-Bali, diharapkan perangkat sektor maupun pemerintah daerah bisa saling mendukung peningkatan daya tarik untuk sektor wisata, sehingga mendukung peningkatan kunjungan wisatawan.

Penerbangan Samarinda-Bali direncanakan setiap hari sekali, baik berangkat maupun kedatangan. Sedangkan maskapai penerbangan yang akan melayani masih dikomunikasikan.

“Semoga, bulan depan Samarinda-Bali bisa dibuka,” jelasnya.

Menurut catatan apahabar.com, sudah ada 42 penerbangan yang melayani penumpang bandara yang belum lama ini diresmikan.

Masuknya NAM Air, akhir pekan kemarin, menambah pelayanan maskapai penerbangan menjadi enam maskapai penerbangan besar, yakni Express Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air dan NAM Air.

Adapun, rutinitas penumpang yang datang maupun berangkat dari APT Pranoto saat ini mencapai 3.973 orang per harinya. Itu belum termasuk penumpang NAM Air.

Jika dikalkulasikan per tahun, rutinitas penumpang yang berangkat dan datang melalui bandara ini diperkirakan mencapai 1,5 juta penumpang.

Angka tersebut melebihi target yang dicanangkan UPBU, yaitu 1,2 juta penumpang per tahun. Kehadiran APT Pranoto diyakini akan menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltim.

Baca Juga: Hiswana Kalsel: Perusda Penyalur Elpiji Bukan Solusi

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Hipmi Dukung APNI Sejahterakan Penambang Nikel
apahabar.com

Ekbis

Pandemi Covid-19 Berdampak Pada Keuangan Rumah Tangga
Optimisme Trump Picu Penguatan Rupiah

Ekbis

Optimisme Trump Picu Penguatan Rupiah
apahabar.com

Ekbis

Perhatian, Sriwijaya Air Kini Sediakan Fasilitas Rapid Test
apahabar.com

Ekbis

Intensif Pantau Sembako Jelang Natal
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Berpeluang Menguat Imbas Pelonggaran Lockdown di Sejumlah Negara
apahabar.com

Ekbis

PLN Ikut Keputusan Pemerintah soal Pembatalan Kenaikan Tarif
apahabar.com

Ekbis

Jokowi Teken PP Penyediaan Tenaga Teknis Perdagangan Jasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com