Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal Beredar Video 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah Saat Demo Anti UU Omnibus Law, Sosok Pelaku Terekam? Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura

Caleg Tak Tertib, Kembali Pasang APK Sembarangan

- Apahabar.com Senin, 25 Februari 2019 - 17:35 WIB

Caleg Tak Tertib, Kembali Pasang APK Sembarangan

Sejumlah alat peraga kampanye yang ditertibkan karena pemasangannya melanggar aturan. Foto-dok/apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) tak pernah putus. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin berencana akan kembali melakukan penertiban.

Meski sudah berulang kali ditertibkan, caleg partai politik tetap nekat memasang APK di lokasi terlarang. Penertiban pelanggaran pemasangan APK bukan dilanggar caleg yang dicopot balihonya, tetapi dilakukan peserta Pemilu lain.

Baca Juga: Dukung Program Entaskan Kemiskinan di Sungai Raya

“Dari hasil rekapan, ada 120 APK yang dicopot tim gabungan. Bahkan kami meminta parpol untuk mencopot sendiri secara mandiri APK itu. Setelah dicopot ada caleg lain lagi yang memasang. Karena letak yang strategis untuk mempromosikan diri,” terang Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar kepada apahabar.com, usai rapat koordinasi di Aula Pemko Banjarmasin, Senin (25/2/2019).

Adanya indikasi tersebut, Yasar telah berencana menggelar penertiban APK tahap kedua bersama tim gabungan yang dibentuk Pemerintah Kota Banjarmasin. Mengenai waktu pelaksanaan, ia tidak berani memberikan kepastian yang jelas.

Pastinya sebelum penertiban, tim gabungan yang terdiri dari Bawaslu, KPU, Wakil Walikota Banjarmasin, Polres, Satpol PP, PUPR, Lingkungan Hidup dan Panwascam akan melakukan apel bersama di halaman Balai kota Banjarmasin.

Demi mengantisipasi banyaknya APK yang diterbitkan, ia akan memberikan surat pemberitahuan kepada partai politik untuk mencopot peraga kampanye secara mandiri.

Apabila sudah diamankan, maka segera diambil dengan catatan tidak mengulangi kesalahan yang sama kembali.

“Silakan saja ambil APK di kantor Bawaslu, seperti penertiban APK tahap pertama sebanyak 195 spanduk, tetapi masih banyak yang kami simpan karena tidak diambil parpol,” ucapnya.

APK yang melanggar tersebut diantaranya berupa spanduk, baliho hingga banner yang tidak sesuai ketentuan tentang penempatan, seperti di antaranya pohon, fasilitas publik (tiang listrik), rumah ibadah, dan gedung pemerintahan.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Wali Kota Terbaik di Indonesia, Ibnu Tak Percaya

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Rapat Tertutup Bahas Anggaran Pilkada Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Matnor Ali: Daripada JPO Lebih Baik ‘Pelican Crossing’
apahabar.com

Kalsel

BMKG Lihat Hujan Lokal 3 Wilayah
apahabar.com

Kalsel

Masuk Pasar Martapura Tidak Pakai Masker Pasti Balik Kanan

Kalsel

Video: Fitnes Yoga Club Km 2 Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Setop Aktivitas Peti di Cagar Budaya Benteng Madang HSS, Masyarakat Harus Ikut Terlibat
Gelombang Tinggi, Nelayan Kotabaru Khawatir Melaut

Kalsel

Gelombang Tinggi, Nelayan Kotabaru Khawatir Melaut
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu, Tambah 1 Positif Asal Angsana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com