Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Dalam Penanggulangan Bencana, Gerak BPBD Tabalong Luar Biasa

- Apahabar.com Minggu, 10 Februari 2019 - 11:01 WIB

Dalam Penanggulangan Bencana, Gerak BPBD Tabalong Luar Biasa

Suripno Sumas memaparkan hasil kunjungan kerja ke BPBD Tabalong. Foto-Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi I DPRD Kalsel dapat hasil memuaskan dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Tabalong. Hal itu terkait penanggulangan bencana yang dikelola dengan baik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Diakui Suripno Sumas, Wakil Ketua Komisi I ini, kalau terjadi bencana di Tabalong, BPBD setempat bergerak cepat.”Bahkan kalau ada kebakaran, maksimal 15-30 menit BPBD sudah sampai di tempat kejadian,” ujarnya menyampaikan hasil kunjungan kerja dari Tabalong.

BPBD Tabalong, ungkapnya, membuat progam unit penanggulangan bencana yang dikelola bekerja sama dengan pemadam kebakaran swasta.

Baca Juga: Korban Tewas Terpental Jauh dan Tak Kenakan Helm

Sebagai mitra BPBD, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) swasta tidak hanya mendapat tugas disaat terjadi kebakaran, akan tetapi saat terjadi bencana lainnya.

Tidak sampai disitu, untuk menunjang tugas kemanusiaan itu, Pemerintah Kabupaten Tabalong juga mengucurkan anggaran untuk memfasilitasi BPK swasta. Selain mendapat suntikan dana dari pemerintah, BPK swasta juga mendapat pelatihan agar mereka sigap dalam menjalankan tugas.

Oleh sebab itu pemerintah tidak segan mengelontorkan dana Rp90 juta hingga Rp100 juta per tahun untuk meningkatkan fasilitas seperti mobil BPK dan perangkat pendukung lainnya.

Yang perlu digarisbawahi, kata Suripno, masyarakat bisa menuntut pada pemerintah jika merasa dirugikan dalam penanganan bencana.

Makanya ia mengharapkan, apa yang dilakukan di Tabalong bisa menjadi contoh daerah lain, khususnya kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Kunjungan kerja itu sendiri dilakukan karena ada usulan dari anggota Komisi I DPRD Kalsel untuk membentuk Peraturan Daerah (Perda) untuk BPK, agar mereka bisa mendapat kucuran dana dari pemerintah.

Makanya komisi ini bersama BPBD Provinsi Kalsel melakukan lawatan ke Tabalong.

Baca Juga: Minyak Dunia Merosot, Pertamax Cs Kembali Turun!

Reporter: Rizal Khalqi
Editor : Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pembunuhan Pria di Tapin, Polisi Bidik Dua Tersangka Lain
apahabar.com

Kalsel

Masih Banyak Pengunjung dan Pedagang di Pasar Tidak Kenakan Masker
apahabar.com

Kalsel

Bidan Desa di Tabalong Budidaya Kurma Thailand Jenis H1 dan Barhee
apahabar.com

Kalsel

Tahura Sultan Adam Siaga Cegah Karhutla

Kalsel

Pembunuhan Sungai Tabuk, Polisi Imbau Keluarga Korban Menahan Diri
apahabar.com

Kalsel

Siswa SMKN 3 Banjarmasin Salat Jumat Perdana di Masjid Outdoor
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Hujan Lagi Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Tambah Lagi Daftar Kasus Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com