Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Dewan HST Menggali Perda Perpustakaan ke Banjarmasin

- Apahabar.com Kamis, 14 Februari 2019 - 17:55 WIB

Dewan HST Menggali Perda Perpustakaan ke Banjarmasin

Ilustrasi perpustakaan. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil rakyat dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Banjarmasin. Tujuannya untuk menggali informasi terkait peraturan daerah (perda) tentang perpustakaan.

Ketua Pansus Raperda Perpustakaan DPRD HST Nasruddin mengaku, memang saat ini daerahnya belum memiliki payung hukum terkait perpustakaan. Sehingga perlu dilakukan studi komparatif keluar daerah, guna mencari dasar pembuatan rencana payung hukum tersebut.

“Kami memilih Banjarmasin karena sudah memiliki Perda Perpustakaan sejak 2014 silam. Ini bisa dicontoh untuk di Kabupaten HST,” ujar Nasruddin kepada wartawan, Kamis (14/2) pagi.

Politikus Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menjelaskan, HST telah memiliki perpustakaan daerah sendiri, namun statusnya masih pinjam pakai. Apalagi untuk memiliki bangunan sendiri, perlu ada payung hukum terlebih dahulu.

“Makanya harus dibuat Perda. Ya kami berharap, HST dapat segera menyusun draf rancangan Perda Perpustakaan,” jelasnya.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas dan Keprotokolan DPRD Banjarmasin, Ahmad Syauqi mengakui Banjarmasin telah memiliki Perda Perpustakaan dan Arsip Daerah. Perda itu nomor 23 Tahun 2014.

Sistem anggaran, pustakawan dan faktor pendukung lain yang mendukung adanya perpustakaan refresentatif sudah dimiliki Kota Seribu Sungai ini sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan daerah.

“Inovasi terkait perpustakaan di Banjarmasin pun sudah ditingkatkan. Sekarang ada e-perpus, ini dapat diakses melalui gadget. Karena anak muda sekarang lebih melek bacaan jika menggunakan gadget. Lebih bagus dan efesien,” pungkasnya

Reporter: Tania Anggrainy
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Breaking News, Rumah Sipir di Rutan Rantau Dilalap Api

Kalsel

Breaking News, Rumah Sipir di Rutan Rantau Dilalap Api
apahabar.com

Kalsel

Ops Jaran, Puluhan Bandit Ranmor Dibekuk di Banjarmasin
Legislator Kalsel

Kalsel

Legislator Kalsel Bicara Penyebab Banjir
Denny Indrayana

Kalsel

Bawaslu Kalsel Awasi Penggalangan Dana Cagub Denny Indrayana

Kalsel

Penuhi Panggilan Polisi, Editor Banjarhits.id Dicecar Puluhan Pertanyaan
apahabar.com

Kalsel

Polisi Ringkus Pengedar Ekstasi Berlogo Burung Hantu di Banjarmasin

Kalsel

Prostitusi Online di Martapura, Satpol PP Tangkap Dua Wanita
apahabar.com

Kalsel

21 Warga Rutan Marabahan Mendapat Asimilasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com