Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

DPRD Kalsel ‘Nunggak’ 10 Raperda

- Apahabar.com Kamis, 14 Februari 2019 - 19:22 WIB

DPRD Kalsel ‘Nunggak’ 10 Raperda

DPRD Kalsel dalam sebuah kegiatan paripurna. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Dari 17 rancangan peraturan daerah (raperda) 2018 yang digodok DPRD Kalsel, hanya 7 yang sudah menjadi peraturan daerah (perda). Berarti ada 10 rancangan payung hukum lagi yang masih harus diselesaikan.

Rosehan NH, Ketua Badan Perencanaan (BP) Perda DPRD Kalimantan Selatan mengakui kenyataan itu.”Raperda yang belum selesai menjadi utang yang harus dituntaskan 2019,” ungkap anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) ini, Kamis (14/2).

Baca Juga: Dewan HST Menggali Perda Perpustakaan ke Banjarmasin

Raperda yang masuk pada 2018, ujar Rosehan yang pernah memegang amanah sebagai Wakil Gubernur Kalsel ini, ada usulan dari legislatif juga inisiatif DPRD Kalsel.

Terkait belum kelarnya pekerjaan menggodok perda, Rosehan menyebut karena nomer registrasi yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membutuhkan waktu lumayan lama. Apalagi usulan serupa juga datang dari wakil rakyat daerah lain.

Dari data yang dihimpun, 10 raperda yang hingga kini belum disahkan adalah : Raperda Jasa Kontruksi,  Pertambangan Mineral dan Batubara, Penyelengaraan Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Penyelengaraan Perhubungan.

Selanjutnya Raperda Ketentraman dan Ketertiban Umum, Perubahan Perda 4/2014, Tentang Fasilitasi Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan, dan Penyelenggaraan Perikanan (Perikanan tangkap budidaya dan pemasaran hasil) yang masih belum rampung.

Tiga raperda lainnya terkait Ketahanan Pangan, Rencana  Perlindungan Pengelolaan Ekosistem Gambut (RPPEG) Provinsi Kalsel, dan Penanganan AIDS.

Baca Juga: Tiket Garuda Turun, Asita Kalsel: Bak Simalakama

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pria Bersajam Ngamuk di Kotabaru, Ibu Kandung Dipalu hingga Tumbang
apahabar.com

Kalsel

Polsek Anjir Muara Pastikan Panen Raya Bersama Paman Birin di Anjir Muara Aman
apahabar.com

Kalsel

Baayun Maulid Museum Banjarbaru antara Nazar dan Tradisi Keluarga
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Hujan Disertai Petir di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Polisi Belum Ungkap Sosok Misterius Saat MAN 1 HST Nyaris Terbakar

Kalsel

Kabar Baik, 32 Warga Tanah Bumbu Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Tangkapan 300 Kg Sabu, Kapolda Kalsel Bersyukur Anggotanya Tak Tergiur
apahabar.com

Kalsel

Kabar Gembira, Perbakin Kalsel Bakal Miliki Lapangan Tembak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com