150 Rumah Hangus Terbakar, Simak Kronologi Lengkap Kebakaran di Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar! Ratusan Rumah Terbakar, Dapur Umum Mulai Dibuka di Patmaraga Kotabaru Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu

DPRD Kalsel ‘Nunggak’ 10 Raperda

- Apahabar.com Kamis, 14 Februari 2019 - 19:22 WIB

DPRD Kalsel ‘Nunggak’ 10 Raperda

DPRD Kalsel dalam sebuah kegiatan paripurna. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Dari 17 rancangan peraturan daerah (raperda) 2018 yang digodok DPRD Kalsel, hanya 7 yang sudah menjadi peraturan daerah (perda). Berarti ada 10 rancangan payung hukum lagi yang masih harus diselesaikan.

Rosehan NH, Ketua Badan Perencanaan (BP) Perda DPRD Kalimantan Selatan mengakui kenyataan itu.”Raperda yang belum selesai menjadi utang yang harus dituntaskan 2019,” ungkap anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) ini, Kamis (14/2).

Baca Juga: Dewan HST Menggali Perda Perpustakaan ke Banjarmasin

Raperda yang masuk pada 2018, ujar Rosehan yang pernah memegang amanah sebagai Wakil Gubernur Kalsel ini, ada usulan dari legislatif juga inisiatif DPRD Kalsel.

Terkait belum kelarnya pekerjaan menggodok perda, Rosehan menyebut karena nomer registrasi yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membutuhkan waktu lumayan lama. Apalagi usulan serupa juga datang dari wakil rakyat daerah lain.

Dari data yang dihimpun, 10 raperda yang hingga kini belum disahkan adalah : Raperda Jasa Kontruksi,  Pertambangan Mineral dan Batubara, Penyelengaraan Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Penyelengaraan Perhubungan.

Selanjutnya Raperda Ketentraman dan Ketertiban Umum, Perubahan Perda 4/2014, Tentang Fasilitasi Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan, dan Penyelenggaraan Perikanan (Perikanan tangkap budidaya dan pemasaran hasil) yang masih belum rampung.

Tiga raperda lainnya terkait Ketahanan Pangan, Rencana  Perlindungan Pengelolaan Ekosistem Gambut (RPPEG) Provinsi Kalsel, dan Penanganan AIDS.

Baca Juga: Tiket Garuda Turun, Asita Kalsel: Bak Simalakama

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tinjau Persiapan New Normal, Wakil Ketua DPRD Kalsel Kunjungi Kantor Samsat
apahabar.com

Kalsel

Dugaan Politik Uang di Amuntai Disetop, Intip Ungkapan Syukur Tim BirinMu
Puluhan Warga Tolak Kawasan Kayu Tangi Jadi Lokasi Karantina

Kalsel

Puluhan Warga Tolak Kawasan Kayu Tangi Jadi Lokasi Karantina
apahabar.com

Kalsel

Dekrit 5 Juli 1959 Silam di Kalsel, Kediaman Bupati HSU Dilempar Granat!
apahabar.com

Kalsel

Ekspor-Impor Kalsel 2019 Turun Dibanding 2018
apahabar.com

Kalsel

Pencabul Santriwati di Ponpes Limpasu HST Segera Diadili
apahabar.com

Kalsel

Penetapan Caleg HST Setelah Putusan MK
apahabar.com

Kalsel

Ingin Tahu Polisi, Siswi Tunanetra Ini Raba Baju Dinas AKBP Nina Rahmi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com