Kebakaran Jalan Manggis, Los Bedakan Diduga Sengaja Dibakar Sopir di Banjarmasin Setop Logistik ke Palangka Raya, Ada Apa? Resmi, Batola Laksanakan PSBB Jilid Kedua Horee, Insentif Tenaga Medis di Banjarmasin Segera Dibayar Kebakaran Jalan Manggis, Korban Tinggal Baju di Badan




Home Sport

Selasa, 26 Februari 2019 - 09:06 WIB

Gelar MotoGP, Indonesia Wajib Setor ke Dorna

Rizky p - Apahabar.com

Ilustrasi balapan MotoGP. Foto-net

Ilustrasi balapan MotoGP. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Tak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk menggelar MotoGP di Indonesia. Salah satunya, kewajiban membayar fee ke pihak Dorna, selaku promotor balap motor bergengsi dunia tersebut.

Seperti diketahui MotoGP Indonesia digelar mulai 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Berdurasi lima musim, Indonesia harus membayar fee kepada promotor Dorna sebesar 9 juta Euro (sekitar Rp 142,7 miliar) tiap tahun.

MotoGP sendiri dikelola oleh Dorna Sports sejak 1992, sebagai pemilik penuh semua hak komersial dan penyiaran event tersebut. Saat ini, rata-rata Dorna menerima 6-10 juta dolar AS dari satu penyelenggaraan balapan grand prix.

Untuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, yang sudah kontrak selama lima tahun, fee yang harus dibayarkan sebesar 9 juta Euro.

Baca juga :  Pasok BBM ke Labuan Bajo, Pertamina Andalkan Jalur Alternatif

“Itu biaya penyelenggaraan termasuk licence, copyright. Kita tahunya sudah beres. Mereka datangkan timnya sendiri,” kata CEO ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) Abdulbar M. Mansoer dikutip dari detiksport.

Baca Juga: Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Tempat MotoGP Indonesia 2021

Abdulbar sendiri telah melakukan pertemuan dengan Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Senayan, Senin (25/2) terkait pelaksanaan MotoGP nanti.

Dijelaskan Abdulbar, untuk pembayaran uang sebesar itu pihaknya berencana mencarinya melalui iklan.

“Itu kontrak dengan ITDC, kami jualan iklan. Kemenpora belum ada, baru Kemenpar. Kami yang cari sumber dananya (9 juta Euro). Dari Kemenpar sudah 1 juta (euro). Satu musim, untuk biaya penyelenggaraan. Jadi kami tidak usah pikirkan kontainer, atau hotelnya (Valentino Rossi). Kerja sama dengan Dorna, kami tahu beres,” jelas dia.

Baca juga :  Update Covid-19 di Indonesia: 330 Kasus Baru, 3.842 Positif, 286 Sembuh

Abdulbar menambahkan pihaknya bersama Dorna tidak ada pembagian keuntungan tapi lebih kepada penempatan atas hak dan kewajiban.

“Kami konsepnya bukan profit sharing, tapi punya hak atas beberapa hal seperti broadcast, merchandise, dan ada beberapa term yang tidak bisa saya buka. Itu sudah ada kontrak, hitam di atas putih, tinggal ikuti saja,” pungkas Abdulbar.

Baca Juga: Tuan Rumah MotoGP 2021, Lombok Tengah Jamin Keamanan di Mandalika

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Rahasia Barito Sukses Balas Kekalahan dari Persib U16
apahabar.com

Sport

Spurs Tersingkir, Chelsea ke Babak Lima di Piala FA
Ilham Udin Armaiyn terbaring di lapangan SDL Martapura

Sport

Hari Kedua Latihan di Barito Putera, Ilham Udin Armaiyn Terpaksa Menepi
apahabar.com

Sport

Hasil dan Klasemen Sementara Piala Presiden 2019, Bali United dan Bhayangkara Lolos dari Grup D
apahabar.com

Sport

Yoo Jae Hoon Berharap Proses Naturalisasi Cepat Rampung
apahabar.com

Sport

Persija Pecat Pelatih dan Asistennya
apahabar.com

Sport

Malaysia vs Indonesia 2-0, Diwarnai Insiden Saling Lempar Antar Pendukung
apahabar.com

Sport

Sabtu, Pelatih Baru Timnas Diperkenalkan