Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Gelar MotoGP, Indonesia Wajib Setor ke Dorna

- Apahabar.com Selasa, 26 Februari 2019 - 09:06 WIB

Gelar MotoGP, Indonesia Wajib Setor ke Dorna

Ilustrasi balapan MotoGP. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Tak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk menggelar MotoGP di Indonesia. Salah satunya, kewajiban membayar fee ke pihak Dorna, selaku promotor balap motor bergengsi dunia tersebut.

Seperti diketahui MotoGP Indonesia digelar mulai 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Berdurasi lima musim, Indonesia harus membayar fee kepada promotor Dorna sebesar 9 juta Euro (sekitar Rp 142,7 miliar) tiap tahun.

MotoGP sendiri dikelola oleh Dorna Sports sejak 1992, sebagai pemilik penuh semua hak komersial dan penyiaran event tersebut. Saat ini, rata-rata Dorna menerima 6-10 juta dolar AS dari satu penyelenggaraan balapan grand prix.

Untuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, yang sudah kontrak selama lima tahun, fee yang harus dibayarkan sebesar 9 juta Euro.

“Itu biaya penyelenggaraan termasuk licence, copyright. Kita tahunya sudah beres. Mereka datangkan timnya sendiri,” kata CEO ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) Abdulbar M. Mansoer dikutip dari detiksport.

Baca Juga: Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Tempat MotoGP Indonesia 2021

Abdulbar sendiri telah melakukan pertemuan dengan Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Senayan, Senin (25/2) terkait pelaksanaan MotoGP nanti.

Dijelaskan Abdulbar, untuk pembayaran uang sebesar itu pihaknya berencana mencarinya melalui iklan.

“Itu kontrak dengan ITDC, kami jualan iklan. Kemenpora belum ada, baru Kemenpar. Kami yang cari sumber dananya (9 juta Euro). Dari Kemenpar sudah 1 juta (euro). Satu musim, untuk biaya penyelenggaraan. Jadi kami tidak usah pikirkan kontainer, atau hotelnya (Valentino Rossi). Kerja sama dengan Dorna, kami tahu beres,” jelas dia.

Abdulbar menambahkan pihaknya bersama Dorna tidak ada pembagian keuntungan tapi lebih kepada penempatan atas hak dan kewajiban.

“Kami konsepnya bukan profit sharing, tapi punya hak atas beberapa hal seperti broadcast, merchandise, dan ada beberapa term yang tidak bisa saya buka. Itu sudah ada kontrak, hitam di atas putih, tinggal ikuti saja,” pungkas Abdulbar.

Baca Juga: Tuan Rumah MotoGP 2021, Lombok Tengah Jamin Keamanan di Mandalika

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Kembali ke Old Trafford, Ini yang Dilakukan Jose Mourinho
apahabar.com

Sport

Gantung Sepatu, Pesepakbola Muda Spanyol ini Jadi Perawat Perangi Covid-19
apahabar.com

Sport

Prediksi Dortmund vs Tottenham, Misi Mustahil Tuan Rumah
Lagi, Persipura Umumkan Perekrutan Eks Barito Putera

Sport

Lagi, Persipura Umumkan Perekrutan Eks Barito Putera
apahabar.com

Sport

Positif Covid-19, Ini yang Dikeluhkan Valentino Rossi Sekarang
apahabar.com

Sport

Dipromosikan Djanur ke Barito Senior, Ini Kata David Maulana dan Bagas
apahabar.com

Sport

Alasan Saddil Ramdani Gabung Bhayangkara FC di Liga 1 2020
apahabar.com

Sport

Marc Marquez Absen Membalap di MotoGP Andalusia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com