Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Haul Guru Sekumpul Ke-14, Dinkes Banjar Beri Penyuluhan ke Juru Masak

- Apahabar.com Sabtu, 16 Februari 2019 - 23:46 WIB

Haul Guru Sekumpul Ke-14, Dinkes Banjar Beri Penyuluhan ke Juru Masak

Ilustrasi pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul, Martapura. Foto-net

apahabar.com, MARTAPURA – Guna menjamin keamanan pangan Haul Guru Sekumpul ke-14, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menyuluhi ratusan juru masak dapur umum. Penyuluhan dilakukan di aula pendopo Bani Alawi, Gang Mahabbah Sekumpul, Martapura, Sabtu (16/2) malam.

Penyuluhan diberikan kepada ratusan juru masak dari perwakilan 85 dapur umum. Dengan dihadiri Koordinator Dapur Umum H Abdurrahman, Muhammad Solihin Analisis Pengamanan Lingkungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan Lurah Sekumpul Gusti Marhusin.

Baca Juga: Demi Kenyamanan Bersama, Berikut Himbauan Panitia Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah menuturkan bahwa kegiatan penyuluhan pangan untuk dapur umum haul ke 14 Guru Sekumpul sudah menjadi kewajiban jajarannya. Kata dia, keamanan kesehatan makanan yang akan dikonsumsi para jemaah mesti terjamin.

“Kami beserta jajaran dari Dinas Kesehatan Kabupaten dan Provinsi Kalimantan Selatan terus bahu membahu setiap tahun melaksanakan kegiatan yang sangat mulia ini (penyuluhan pangan) Haul Abah Guru Sekumpul,” kata Ikhwansyah.

Ikhwansyah mengharapkan agar hasil dari penyuluhan kesehatan pangan tersebut menjadi acuan bagi juru masak menyediakan makanan yang higienis dan sehat kepada para jemaah. “Saya setiap waktu terus memantau semoga tidak ada yang keracunan makanan, tahun kemarin alhamdulilah kita bekerja lancar dan sukses,” jelasnya.

Baca Juga: Panitia Rilis Jalur yang Dilewati Para Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul

Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Sukamto menuturkan, pihaknya mendukung penuh penanganan kesehatan jamaah pada haul Guru Sekumpul ke-14 ini. Terutama Kesehatan pada bahan pangan makanan yang akan dimasak.

Saat akan memasak makanan, kata dia, kondisi juru masak harus dalam keadaan bersih dan higienis. Agar terhindar dari kuman yang menyebabkan penyakit pada bahan makanan yang akan dimasak.

Sampai saat ini acara penyuluhan masih berlangsung. Acara akan dilanjutkan dengan diskusi bersama juru masak dapur umum. Adapun, tim pengambilan sampel makanan untuk semua dapur umum akan dilaksanakan pada Jumat 8 Maret atau H-1 pelaksanaan haul mendatang.

Baca Juga: Jelang Haul Guru Sekumpul Tersisa 22 Penginapan Gratis, Berikut Alamat dan Nomor Kontaknya

Reporter: Reza Rifani
Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Jelang Terima Jemaah Haji, Makkah-Madinah Bersolek
apahabar.com

Habar

Guru Wildan Imbau Salat Idul Fitri di Rumah
apahabar.com

Habar

7 Negara dengan Tradisi Unik di Ramadan
apahabar.com

Habar

Tampung 300 Orang, Aula Wisma Sultan Sulaiman Martapura Gratis untuk Jemaah Haul ke 15 Guru Sekumpul

Habar

3 Jemaah Umrah Indonesia Positif Covid-19, Travel Diminta Lebih Ketat Terima PCR
apahabar.com

Habar

Istighostsah Kubro di Martapura, Jemaah Mulai Berdatangan
apahabar.com

Habar

Fatwa MUI tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim Terinfeksi Covid-19
Apahabar.com

Habar

Umrah Saat Pandemi, Presidensi Masjid Puji Kapatuhan Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com