Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel Kapolres Kapuas Terjang Banjir Bantu Korban Terdampak di Alalak

Inkindo Kalimantan Bersatu, Siap Bersaing dengan Konsultan Jawa

- Apahabar.com Sabtu, 23 Februari 2019 - 11:54 WIB

Inkindo Kalimantan Bersatu, Siap Bersaing dengan Konsultan Jawa

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mendukung kebersamaan 5 Inkindo di Kalimantan. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Lima DPP Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) se-Kalimantan bermitra dan siap menindaklanjuti program pembangunan pemerintah. Kerja sama lintas Kalimantan tersebut mencakup join operasional untuk meningkatkan kemampuan anggotanya.

Sebab, anggota Inkindo di Kalimantan harus memiliki kemampuan yang setara dengan armada lain secara nasional, terutama dari Pulau Jawa.

“Kami menyadari bahwa apabila konsultan Kalimantan tidak bersinergi dalam pemahaman kemampuan, maka tidak bisa bersaing secara nasional. Makanya kami perlu bergabung untuk bisa bersaing minimal setara dengan konsultan di Pulau Jawa,” terang Ketua DPP Inkindo Kalsel, Syamsul Arifin ketika bersilaturahmi dengan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Dilanjutkannya, forum Komunikasi Kerjasama Lintas Inkindo Kalimantan (Klik) ini, diharapkan bakal memperkuat kemampuan Inkindo.

Penguatan seperti ini melakukan pelatihan bersama, agar dalam bekerja lebih profesional. Apalagi bidang kerja Inkindo memang sebagai konsultan, sehingga kerja sama bidang jasa konsultasi pula harus didongkrak.

Menurutnya, momentum ini sangat pas, apalagi program pemerintah untuk Kalimantan sangat intensif dalam pembangunan infrastruktur. Mulai dari tata ruang perbatasan, pembangunan kereta api lintas Kalimantan, jalan tol antar provinsi, dan infrastruktur strategis lainnya.

“Mudah-mudahan pemerintah memberi kesempatan putra daerah, sehingga kami tidak jadi penonton, tapi juga bisa berpartisipasi dalam pembangunan,” harapnya.

Menurut lagi, momen bersatunya lima provinsi ini, tidak hanya berfokus di Kalimantan saja, namun juga bisa bergerak di luar Pulau Jawa yang menjadi komoditas utama.

“Kami Inkindo 5 provinsi di Kalimantan bersatu dan pasti siap menghadapi pasar bebas ASEAN. Insya Allah, kami mampu. Kalau sendiri-sendiri, untuk domestik saja sulit, apalagi menghadapi pesaing dari luar,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyambut baik bersatunya konsultan se Kalimantan ini di kota tertua di pulau Borneo tersebut. Bahkan, ia menganggap gagasan dan ide untuk bersaing dengan konsultan di Pulau Jawa sangatlah relevan dengan melibatkan Pemko Banjarmasin.

“Terima kasih telah melibatkan Pemko Banjarmasin untuk gagasan itu. Namun sebelum meninggalkan tempat ini agar bisa memberikan masukan apa yang dikurang dari desain yang sudah kita jalankan ini, karena saya menganggap Inkindo lah yang paling paham masalah itu,” terang mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Paman Birin Rencananya Salat Idul Fitri di Masjid Sabilal Muhtadin
Guru Zuhdi

Kalsel

Kabar Baik, Makam Guru Zuhdi Bakal Jadi Objek Wisata Religi di Banjarmasin
Permudah Jamaah Umroh, Kemenhumkam Jajaki Layanan Imigrasi di Batola

Kalsel

Permudah Jamaah Umroh, Kemenkumham Jajaki Layanan Imigrasi di Batola
apahabar.com

Kalsel

Akhir Pekan, Pasien Sembuh Covid-19 di Tanbu Bertambah
apahabar.com

Kalsel

Bersih-Bersih di Pasar Sentra Antasari, Petugas Kumpulkan 13 Kontainer Sampah
apahabar.com

Kalsel

Update Sebaran Covid-19 di Kalsel, Puluhan Warga Balangan Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Dukung Pariwisata Banjarmasin, KOREM 101/ Antasari Sulap Hutan Kota Jadi Kedai Kopi
apahabar.com

Kalsel

Hari Bakti ke-74, Jokowi Apresiasi Pembangunan Infrastruktur di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com