Duel Maut, Kakek Aniaya Tetangga hingga Tewas di Banjarmasin Terancam Hukuman Berat Ke Kalsel, Jokowi Tak Hanya Resmikan Jembatan Sei Alalak Prokes Dilonggarkan, Arab Saudi Hapus Aturan Jaga Jarak di Masjidil Haram Geger! Warga Hilir Kotabaru Temukan Mayat Bayi dalam Kardus Setelah Kakak, Sang Adik yang Hilang di Hampang Kotabaru Ditemukan Meninggal

Intip Nama-Nama Caleg Mantan Napi Korupsi

- Apahabar.com     Selasa, 19 Februari 2019 - 14:02 WITA

Intip Nama-Nama Caleg Mantan Napi Korupsi

Ilustrasi tersangka korupsi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan 32 nama calon anggota legislatif mantan narapidana korupsi gelombang kedua di Jakarta, Selasa (19/2).

Ketua KPU RI Arief Budiman dalam konferensi pers tersebut mengatakan bahwa pengumuman nama-nama para gelombang kedua ini melengkapi dari pengumuman yang pertama.

“Setelah KPU mengumumkan daftar nama, KPU di kabupaten/kota melakukan pencermatan ada beberapa data yang belum disampaikan. Hari ini datanya sudah sampai kepada kami dan sudah terverifikasi. Kemungkinan ini data yang paling update,” katanya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Polisi Temukan Ladang Ganja 1,5 Hektare di Purwakarta

Dia mengharapkan data terkini tersebut final setelah hasil penyisiran KPU di daerah. Pengumuman caleg mantan napi korupsi tersebut sesuai dengan Pasal 182 dan Pasal 240 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyatakan bahwa kewajiban caleg dengan status mantan terpidana mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik.

Anggota KPU Ilham Saputra dalam konferensi pers tersebut menyebutkan ada 32 orang mantan napi korupsi yang menjadi caleg di DPRD provinsi dan DPRD kota/kabupaten yang dalam pengumuman pertama belum ada.

Dengan demikian, total caleg mantan napi korupsi 81 orang yang terdiri atas 23 calon anggota DPRD provinsi, 49 calon anggota DPRD kabupaten/kota, dan 9 calon anggota DPD RI.

Ke-32 calon legislatif mantan napi korupsi tersebut, kata dia, berasal dari PKB 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota, PDIP 1 calon anggota DPRD kabupateb/kota, Partai Golkar 1 calon anggota DPRD kabupaten/kota dan 1 calon anggota DPRD provinsi, Partai Berkarya 1 calon anggota DPRD provinsi, dan 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota.

PKS 1 calon anggota DPRD kabupaten/kota, Partai Perindo 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota, PPP 3 calon anggota DPRD kabupaten/kota, PAN 1 calon anggota DPRD provinsi dan 1 calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Hanura 5 calon anggota DPRD kabupaten/kota dan 1 calon anggota DPRD provinsi, Partai Demokrat 5 calon anggota DPRD kabupaten/kota dan 1 calon anggota DPRD provinsi, PBB 2 calon anggota DPRD provinsi, dan PKPI 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Sebelumnya, KPU RI pada 30 Januari 2019 telah mengumumkan 49 nama caleg dan DPD yang pernah menghuni hotel prodeo karena kasus korupsi.

Baca Juga: Polda Kalsel Tes Urine Ratusan Personel, Intip Hasilnya!

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak Kandung di Benawa HST Terus Meranyau
apahabar.com

Hukum

Lagi Artis Tersandung Narkoba, Kali Ini Eddo Eks Finalis Indonesia Idol Diciduk Polisi
Tapin

Hukum

Pembunuhan Sadis di Warung Remang Bungur Tapin, Pelaku ‘Lagi Tinggi’
apahabar.com

Hukum

Gelapkan Uang, Wanita Muda Kasir Armani Club Diamankan Polisi

Hukum

VIDEO: Chatingan dan Ketemuan, Modus Baru Pencurian di Banjarbaru
apahabar.com

Hukum

Simpan Dextro di Tumpukan Pisang, Acil Warung Ini Ditangkap Polisi
apahabar.com

Hukum

Polsek Banjarbaru Barat Ungkap Warung Jajakan Miras
apahabar.com

Hukum

Sikat Uang Rp 2,7 Juta, Sales Rokok di Arsel Kalteng Ditangkap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com