BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Intip Nama-Nama Caleg Mantan Napi Korupsi

- Apahabar.com Selasa, 19 Februari 2019 - 14:02 WIB

Intip Nama-Nama Caleg Mantan Napi Korupsi

Ilustrasi tersangka korupsi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan 32 nama calon anggota legislatif mantan narapidana korupsi gelombang kedua di Jakarta, Selasa (19/2).

Ketua KPU RI Arief Budiman dalam konferensi pers tersebut mengatakan bahwa pengumuman nama-nama para gelombang kedua ini melengkapi dari pengumuman yang pertama.

“Setelah KPU mengumumkan daftar nama, KPU di kabupaten/kota melakukan pencermatan ada beberapa data yang belum disampaikan. Hari ini datanya sudah sampai kepada kami dan sudah terverifikasi. Kemungkinan ini data yang paling update,” katanya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Polisi Temukan Ladang Ganja 1,5 Hektare di Purwakarta

Dia mengharapkan data terkini tersebut final setelah hasil penyisiran KPU di daerah. Pengumuman caleg mantan napi korupsi tersebut sesuai dengan Pasal 182 dan Pasal 240 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyatakan bahwa kewajiban caleg dengan status mantan terpidana mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik.

Anggota KPU Ilham Saputra dalam konferensi pers tersebut menyebutkan ada 32 orang mantan napi korupsi yang menjadi caleg di DPRD provinsi dan DPRD kota/kabupaten yang dalam pengumuman pertama belum ada.

Dengan demikian, total caleg mantan napi korupsi 81 orang yang terdiri atas 23 calon anggota DPRD provinsi, 49 calon anggota DPRD kabupaten/kota, dan 9 calon anggota DPD RI.

Ke-32 calon legislatif mantan napi korupsi tersebut, kata dia, berasal dari PKB 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota, PDIP 1 calon anggota DPRD kabupateb/kota, Partai Golkar 1 calon anggota DPRD kabupaten/kota dan 1 calon anggota DPRD provinsi, Partai Berkarya 1 calon anggota DPRD provinsi, dan 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota.

PKS 1 calon anggota DPRD kabupaten/kota, Partai Perindo 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota, PPP 3 calon anggota DPRD kabupaten/kota, PAN 1 calon anggota DPRD provinsi dan 1 calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Hanura 5 calon anggota DPRD kabupaten/kota dan 1 calon anggota DPRD provinsi, Partai Demokrat 5 calon anggota DPRD kabupaten/kota dan 1 calon anggota DPRD provinsi, PBB 2 calon anggota DPRD provinsi, dan PKPI 2 calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Sebelumnya, KPU RI pada 30 Januari 2019 telah mengumumkan 49 nama caleg dan DPD yang pernah menghuni hotel prodeo karena kasus korupsi.

Baca Juga: Polda Kalsel Tes Urine Ratusan Personel, Intip Hasilnya!

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Lagi, John Lee CS Ringkus Seorang Warga Pandawan HST
apahabar.com

Hukum

Tersangka Tunggal Pembunuh Istri Muda Pembakal di HST Segera Diadili
Tersangka Asusila Siswa Magang, Gusti Makmur Belum Boleh Dibesuk

Hukum

Tersangka Asusila Siswa Magang, Gusti Makmur Belum Boleh Dibesuk
apahabar.com

Hukum

Berkendara Sambil Merokok Kini Kena Tilang, Berikut Sanksinya
apahabar.com

Hukum

Seorang Remaja Diduga Hina Guru Sekumpul Diamankan
apahabar.com

Hukum

Dibongkar, Jaringan Diduga Pemasok Sabu dan Ekstasi ke THM di Banjarmasin
apahabar.com

Hukum

Dengan Modus Swallow, WNA Thailand Gagal Seludupkan Narkotika di Bandara Ngurah Rai
apahabar.com

Hukum

Dukun Pelanggar Seksual Serahkan Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com