Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Istana Bela Saat Jokowi Singgung Konsesi Lahan ‘Raksasa’

- Apahabar.com Selasa, 26 Februari 2019 - 12:20 WIB

Istana Bela Saat Jokowi Singgung Konsesi Lahan ‘Raksasa’

Calon Petahana yang juga calon presiden nomor urut 01. Foto-Detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Pihak Istana Kepresidenan akhirnya buka suara perihal pernyataan Joko Widodo (Jokowi), petahana yang juga calon presiden nomor urut 01, yang secara tersirat menyinggung masalah konsesi lahan skala besar milik pengusaha.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan, apa yang disampaikan Jokowi sama sekali tidak menyinggung sejumlah pihak-pihak tertentu, termasuk calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

“Kalau dilihat, kemarin saya juga hadir dalam acara tersebut, konteksnya bersifat umum. Semacam imbauan kepada siapapun untuk bersedia melakukan itu,” tegas Pramono di kantornya, Senin (26/2/2019).

Saat menyampaikan pidato kebangsaan dalam Konvensi Rakyat di SICC Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/2/2019), Jokowi memang sempat berkomentar mengenai perihal keinginan penerima konsesi besar yang mau mengembalikan lahan kepada negara.

Hal itu disampaikan Jokowi, usai menjelaskan pembagian konsesi untuk rakyat di sekitar hutan berjumlah 2,6 juta hektare. Jumlah itu sebagian dari 12,7 juta hektare yang sudah dipersiapkan pemerintah namun belum dibagikan.

“Ini konsesi tanah untuk rakyat, untuk rakyat kecil,” katanya.

Meskipun tidak menyebut nama, puluhan ribu pendukung Jokowi-Ma’ruf yang hadir mengetahui bahwa sosok yang dimaksud adalah capres nomor urut 02, yaitu Prabowo Subianto.

Baca Juga: Terkait Kepemilikan Lahan Berlebihan, Luhut: Era Jokowi Tak Akan Ada Lagi

“Jadi kalau ada konsesi besar yang ingin dikembalikan ke negara saya tunggu. Saya tunggu, saya tunggu sekarang dan akan saya bagikan untuk rakyat kecil! Karena masih banyak rakyat yang membutuhkan,” ujar Jokowi.

Namun, Pramono sama sekali tak melihat seruan mantan Gubernur DKI Jakarta itu ditujukkan pada seseorang. Menurutnya, hal yang disampaikan Jokowi hanya bersifat umum.

“Tentunya tidak spesifik ditujukan kepada seseorang, termasuk itu berlaku bagi tim kampanye pak Jokowi sendiri yang mungkin kemudian atas hal tersebut,” kata Pramono dilansir CNBC Indonesia.

“Sebenarnya ada pesan moral yang disampaikan dalam pidato itu bahwa hal yang disampaikan 1% menguasai sekian lahan memang ada. Dan itu kebanyakan adalah elite-elite masa lalu dan pak Jokowi bukan dari itu,” lanjutnya.

Politikus senior PDIP itu justru lebih melihat pernyataan Jokowi sebagai bentuk perhatian lebih kepala negara kepada masyarakat, sesuai dengan janji Jokowi jika terpilih kembali menjadi orang nomor 1 di Indonesia.

“Pak Jokowi tegaskan bahwa apa yang beliau lakukan saat ini sebagai presiden incumbent, benar-benar diakukan untuk rakyat karena presiden tidak bagikan untuk kelompok besar,” jelasnya.

“Yang dibagikan kepada masayrakat, pesantren, madrasah, yayasan, koperasi, perorangan, dan itu dilakukan dalam jumlah 2 juta hektare lebih,” tegas Pramono dilansir CNBC Indonesia.

Baca Juga: Polemik Ribuan Hektar Lahan Prabowo Berlanjut ke TKA

Editor: Aprianoor

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Menko Perekonomian: UU Ciptaker Atur Sertifikasi Halal untuk UMKM Gratis
apahabar.com

Ekbis

Warga di Banjarmasin Utara Keluhkan Isi Tabung Elpiji
apahabar.com

Ekbis

Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah Fesyar 2019 di KTI, Ini Penjelasan BI

Ekbis

Bill Gates Sebut 3 Skill Orang Sukses di Masa Depan
apahabar.com

Ekbis

Bagasi Pesawat Berbayar, Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Turun
apahabar.com

Ekbis

Rokok Jadi Sumber Kemiskinan di Indonesia, Berikut Uraian BPS
apahabar.com

Ekbis

Belajar di Rumah, Pengguna Google Classroom Meningkat
apahabar.com

Ekbis

Tarif Bagasi Lion Air Berbeda-beda, Simak Daftarnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com