Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Jelang Haul Sekumpul ke-14, Pemda Setempat Hubungkan Jalur Alternatif

- Apahabar.com Kamis, 14 Februari 2019 - 09:46 WIB

Jelang Haul Sekumpul ke-14, Pemda Setempat Hubungkan Jalur Alternatif

Lurah Sekumpul dan Lurah Sungai Ulin bersama perwakilan dari Dinas PUPR Kabupaten Banjar serta PUPR Provinsi Kalimantan Selatan meninjau jalur alternatif persiapan Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 di Jalan baru Sungai Ulin-Jalan Stadion Demang Lehman, Rabu (13/2) siang. Foto-Lurah Sekumpul for apahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Menjelang Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 pada 9-10 Maret mendatang, Pemerintah Daerah Banjar berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengurangi kemacetan di peringatan haul tersebut. Satu upayanya mencari jalur alternatif yang menghubungkan Jalan Indrasari Martapura (Belakang Sekumpul) dengan Sungai Ulin kota Banjarbaru.

Pihak Kelurahan Sekumpul, Kelurah Sungai Ulin  dan perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Serta PUPR Provinsi Kalimantan Selatan sudah melakukan survey kawasan tersebut, Rabu (12/2) siang.

Perwakilan PUPR Provinsi Kalsel, Dwiki Purwacaraka menuturkan, jalan di kawasan tersebut pada tahun 2018 sudah dilakukan pembebasan lahan sepanjang 726 meter dengan lebar badan jalan 20 meter. Jalan tersebut diharapkan dapat menjadi solusi untuk memecah kemacetan yang terjadi di setiap Haul Sekumpul.

Dwiki mengungkapkan, pembebasan lahan dan ganti rugi sudah lancar, meski ada dua pemilik lahan (tanah) yang masih belum sepakat.

“Untuk 2 orang tersebut (pemilik tanah) masih dicarikaan solusinya,” katanya.

Jalan dari Sungai Ulin menuju kawasan Stadion Demang Lehman, lanjut Dwiki, tinggal proses land clearing dan pengerasan jalan yang memakan waktu sekitar 2 pekan.

“Pembukaan jalan diharapkan bisa secepatnya selesai, mengingat waktunya cukup mepet dan mendesak,” jelasnya.

Baca Juga: Posko Induk Sekumpul Tunjukkan Lokasi Penginapan Gratis di Google Map

Di lokasi yang sama, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin mengucapkan terimakasih kepada instansi terkait, relawan serta masyarakat yang telah mendukung proses kelancaran kegiatan haul terutama dengan dibukanya akses baru ini.

“Mengingat titik (jalur) ujung Sekumpul perbatasan menuju Sungai Ulin merupakan kemacetan yang terparah. Dengan pembukaan jalur Sungai Ulin tembus ke kawasan Stadion Demang Lehman, insya Allah arus kemacetan akan berkurang dan dapat teratasi,” katanya.

Marhusin juga mengharapkan, kepada instansi terkait bisa memperbaiki beberapa titik di jalan A Yani yang berlubang.

Sementara itu, Lurah Sungai Ulin, M Farhani menyambut baik rencana penghubungan jalan tersebut. Dia berharap hal itu bisa segera terealisasi, demi suksesnya Haul Abah Guru Sekumpul ke-14.

“Mudah-mudahan nanti segala sesuatunya bisa teratasi, karena semua pihak yang terkait di Sungai Ulin ikut berpartisipasi menjadi relawan,” jelasnya.

Baca Juga: Tim Relawan Haul Sekumpul ke-14 Sudah Tentukan Jalur Jemaah

Reporter: Reza Rifani
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Ramadan di Negeri Tirai Bambu, Munif Semula Diragukan Bisa Puasa
apahabar.com

Habar

MUI Ajak Sambut Baik Ramadan Meski di Tengah Wabah
apahabar.com

Habar

Kuota Haji 2021 Dipangkas
apahabar.com

Habar

Guru Wildan Ungkapkan Keprihatinan Kondisi Indonesia pada Tuan Guru Bajang
apahabar.com

Habar

Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Ibadah Ramadan Terkait Corona
apahabar.com

Habar

Begini Cara Menentukan Arah Kiblat
apahabar.com

Habar

Mulai Hari Ini, Saudi Hanya Izinkan 6.000 Jemaah Umrah
apahabar,.com

Habar

Calon Jemaah Haji HST akan Berangkat pada Gelombang Pertama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com