ABK Lenyap di Pulau Laut Kotabaru, SAR Gabungan Turun Tangan Harga Sawit Kotabaru Moncer Hari Ini, Petani Ngeluh Viral Video Antrean Solar, Bagaimana Stok Kalsel? Heboh! Polisi Kotabaru Gerebek Perusahaan Jasa Penagih Hutang Pinjol Tak Keluarkan Peringatan Dini, BMKG Prakirakan Siang Hari Kalsel Hujan Ringan

Juwianto Jadi Jutawan Berkat Eceng Gondok

- Apahabar.com     Rabu, 6 Februari 2019 - 10:48 WITA

Juwianto Jadi Jutawan Berkat Eceng Gondok

Juwianto menampik eceng gondok karyanya. Foto-detiknews.com

apahabar.com, PASURUAN – Siapa sangka eceng gondok yang dikenal hanya tumbuhan limbah, di tangan Juwianto punya nilai ekonomis.

Lelaki berusia 53 tahun dari Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan ini mengkreasi tumbuhan yang biasa mengapung di air itu menjadi kerajinan yang bernilai. Ia berhasil ‘menyulap’ eceng gondok menjadi tempat cucian baju, tas, topi dan aneka kerajinan lainnya.

Berkat eceng gondok lah Juwianto kini menjadi jutawan. Bagaimana tidak, hasil kreasinya laris manis terjual. Omzet per bulan yang dikantonginya pun tak kurang dari Rp5 juta.

Dikemukakan pria kelahiran Blitar ini proses pembuatan kerajinan eceng gondok ini tak begitu rumit. Limbah itu didapat dari sawah dan sungai. Eceng gondok dikumpulkan lalu dibersihkan, kemudian dijemur.

Proses pengeringan alami di bawah terik matahari membutuhkan waktu seminggu. Eceng gondok yang benar-benar kering yang dipakai Juwianto untuk kerajinan. Kemudian eceng gondok yang kering dianyam sesuai bentuk yang dikehendaki. Tahap akhir lelaki kreatif ini mempoles eceng gondok yang sudah dianyam itu disemprot zat anti jamur dan pernis.

Setelah semuanya selesai, barang jadi itu pun dipasarkan. Harga per barang variatif, dari Rp100 ribu hingga Rp200 ribu.

Seperti dilansir detiknews.com, Juwianto mengaku awalnya tak pernah berpikir berbisnis eceng gondok. Sebelumnya dia rutin membersihkan sungai dari eceng gondok lalu dibuang atau dibakar. Setelah eceng gondok olahannya punya pasar tersendiri, Juwianto pun memutar otak untuk membuat produk lebih variatif lagi.

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ekbis

Esok Lebaran, Harga Cabai di Pasar Kotabaru Makin Pedas!
apahabar.com

Ekbis

Futuria Inovasi Telkomsigma Kenalkan Budaya Indonesia di Era Digital
apahabar.com

Ekbis

Ditutup Melemah, Saham Singapura Perpanjang Kerugian
apahabar.com

Ekbis

Grab Terima Investasi Rp2,1 Triliun dari Yamaha
apahabar.com

Ekbis

Target Penerimaan Pajak Sarang Burung Walet di Banjarmasin Tak Tercapai Lagi?
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Melemah Dipicu Kekhawatiran Gelombang Kedua Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Jangan Mudah Tergoda Diskon Dompet Digital di Akhir Tahun
apahabar.com

Ekbis

Ditopang Sentimen Eksternal Debat Capres AS, Rupiah Ditutup Menguat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com