Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D

Kabupaten Banjar Dukung Gerakan Indonesia Bersih

- Apahabar.com Kamis, 21 Februari 2019 - 21:27 WIB

Kabupaten Banjar Dukung Gerakan Indonesia Bersih

Bupati Banjar KH Khalilurrahman menghadiri peluncuran Gerakan Indonesia Bersih bertepatan pada Rapat Kerja Nasional, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup RI, Kamis (21/2) Jakarta. Foto-Humas Pemkab Banjar

apahabar.com, MARTAPURA – Kabupaten Banjar tak mau ketinggalan mendukung Gerakan Indonesia Bersih yang diluncurkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup RI Jakarta, Kamis (21/2).

Gerakan Indonesia Bersih mengikutsertakan semua komponen untuk mengatasi persoalan sampah.

Baca Juga: Bakal Banyak Keseruan Event Pariwisata

Peluncuran Gerakan Indonesia Bersih pada Rapat Kerja Nasional yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Rapat kerja nasional ini bertepatan dengan momentum hari peduli sampah nasional (HPSN), 2019, dengan tema Indonesia Bersih dan sub tema kelolah sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai.

Siti Nurbaya, menjelaskan bahwa kebijakan pengelolaan sampah yang dilakukan adalah dengan peningkatan sarana dan prasarana serta mendorong partisipasi publik dalam turut serta menjaga kebersihan.

“Kebijakan ‘Indonesia Bersih’ bisa terwujud jika pemerintah pusat dan daerah berhasil mendorong perubahaan perilaku publik melalui gerakan masyarakat,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan daerah seperti skema DID yaitu dana insentif daerah atau mekanisme dana alokasi khusus (DAK) untuk pengelolaan sampah.

Menurut Siti Nurbaya, langkah itu sudah mulai menunjukkan pengaruh terhadap peningkatan kinerja pemerintah daerah. Kebijakan pengurangan sampah atau daur ulang sampah sebagai sumber daya.

Tidak hanya itu, peran dan tanggung jawab produsen dalam pengurangan sampah terus meningkat. Menurutnya, banyak produsen sudah mengikuti program pengurangan sampah dari kemasan produk yang dijualnya.

“Walau begitu, masih dirasa belum memadai dalam menghadapi persaingan global. Indonesia perlu upaya percepatan Indonesia Bersih yang sangat tinggi,” ucap Siti Nurbaya.

Sementara Itu Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan siap untuk turut serta dalam Gerakan Indonesia Bersih.

“Sebagai daerah dengan predikat mendapat anugerah Adipura tujuh kali berturut-turut, kita tentu siap mendukung Gerakan Indonesia Bersih,” jelasnya.

Rapat kerja nasional ini bertepatan dengan momentum hari peduli sampah nasional (HPSN), 2019, dengan tema Indonesia Bersih dan sub tema kelolah sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai.

Rakernas dihadiri oleh seluruh gubernur, walikota, bupati dan para kepala dinas lingkungan hidup di seluruh Indonesia. Serta Bupati Banjar KH Khalilurrahman berserta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke Wahyu Triestianto.

Baca Juga: Program BBTQ Bantu Warga Sungai Miai Lebih Dalam Memahami Al-Qur’an

Reporter: Reza Rifani
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Gudang Rak Telur di Jalan Perintis Terbakar  
apahabar.com

Kalsel

Atur Parkir Jemaah Haul Guru Sekumpul, Kesabaran Relawan Posko Zona7 Diuji
apahabar.com

Kalsel

Jony Pink, Pengrajin Cobek Limbah Kayu Asal Tala Bertahan di Tengah Gerusan Zaman
apahabar.com

Kalsel

Pasien Positif Pertama di Marabahan Akhirnya Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Pria Berkebutuhan Khusus Ditemukan Tewas Terjepit
apahabar.com

Kalsel

Pasca Aksi 22 Mei, Pemprov Kalsel Rajut Persatuan di Banua
apahabar.com

Kalsel

Wujudkan Komitmen PASTI, Kemenkumham Kalsel Gelar Rapat Koordinasi
apahabar.com

Kalsel

Hujan Belum Beranjak dari Wilayah Kalimantan Selatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com