Tensi Politik Memanas, Bawaslu RI Turun Gunung ke Kalimantan Selatan Buntut Video Guru Wildan, Bawaslu Klarifikasi PWNU Kalsel Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjang hingga 19 April Hore! Tanah Laut Segera Miliki Stadion Berkapasitas 10.000 Penonton Perhatian! Bandara Syamsudin Noor Tetap Beroperasi Selama Larangan Mudik

Kaltara Pacu Pertumbuhan Wirausaha lewat Pinggiran

- Apahabar.com Kamis, 28 Februari 2019 - 00:06 WIB

Kaltara Pacu Pertumbuhan Wirausaha lewat Pinggiran

Ilustrasi UMKM. Foto-istimewa

apahabar.com, TANJUNGSELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) menarget jumlah wirausaha bertumbuh hingga ratusan di tahun ini.

Pertumbuhan wirausaha baru akan dilakukan, salah satunya dengan memberikan program pelatihan bagi calon pelaku usaha.

Baca Juga: Kalimantan Utara Usulkan Tambah Kuota Produksi Batu Bara

Memakai data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kaltara, akan ada 890 wirausaha baru yang dikembangkan melalui pelbagai pelatihan yang sudah terprogram.

“Tahun lalu, kita sudah memberikan pelatihan bagi wirausaha baru di kawasan perkotaan. Tahun ini akan kita laksanakan lagi, guna meningkatkan pengembangan wirausaha baru di Kaltara,” jelas Kepala Disperindagkop-UKM Kaltara, Hartono dikutip dalam siaran persnya, Rabu (27/2).

Menariknya, kawasan yang akan disasar pemerintah setempat dalam mengembangkan wirausaha di wilayah perbatasan dan pedalaman.

Tujuannya adalah memberikan pemantapan, sehingga para pelaku wirausaha baru ini mendapatkan pengetahuan dalam menjalankan usahanya.

Lama pelatihan pun, bervariasi bisa 5 hingga 7 hari. Tergantung jenis pelatihannya. Tidak hanya itu, dinas tersebut akan memberikan bantuan fasilitas penunjang bagi pelaku wirausaha baru untuk mendukung operasionalnya.

“Pelatihan ini akan menambah pengetahuan pelaku usaha, khususnya baru pelaku usaha baru,” bebernya.

Soal kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kaltara bagi pertumbuhan ekonomi, menurut Hartono, sudah sangat bagus. Hal disebabkan oleh penguatan modalnya didorong melalui perbankan.

“Dorongan penguatan itu melalui KUR, maupun LPDB. Sudah banyak pelaku usaha yang mendapatkan pinjaman ini,” kata Hartono.

Dinas Perindagkop, lanjutnya, juga telah sering menggelar pelatihan sharing experience dengan mendatangkan pengusaha sukses guna memotivasi UMKM di Kaltara.

Menurut Hartono, hal itu sudah dilakukan, sehingga para pelaku usaha mendapatkan ilmu yang positif dari para pengusaha yang sudah sukses.

Selain itu, terkait pemasaran elektronik yang sedang digandrungi, diakui Hartono, banyak pelaku usaha di Kaltara yang saat ini sedang beralih ke sana.

Menurutnya, pola pemasaran secara online sangat memberikan positif bagi pelaku usaha untuk menjual produknya ke luar daerah.

Tahun ini di bidang industri dan koperasi juga memberikan pelatihan menjahit. Pelatihan yang diberikan juga tidak dipungut biaya.

Untuk informasinya, lanjut Hartono akan dipublish melalui laman website Dinas Perindagkop Kaltara. Sebagai informasi, terdapat 12.223 UMKM yang beroperasi di Kaltara di mana terinci dalam usaha mikro sebesar 9.676 jenis dan usaha kecil sebanyak 1.978 jenis.

Baca Juga: PLTS untuk 6 Desa Terisolir

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

2019, Target Dua Ribu Warga Krayan dan Kayan Hilir Terlayani
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Optimis Nilai Ekspor Perikanan 2019 Meningkat
apahabar.com

Kaltara

Ketua Dekranas Berkunjung, Drone pun Dilarang Terbang
apahabar.com

Kaltara

Pemprov Kaltara Kekurangan 3.741 PNS, Tertarik?

Kaltara

Ribuan Rumah Warga Tak Mampu di Kaltara Bakal Direhab
apahabar.com

Kaltara

Penyertaan Modal Bank Kaltimtara Terus Naik
apahabar.com

Kaltara

13. 940 Jiwa di Kaltara Akan Tercover JKN
apahabar.com

Kaltara

Mengenal 3 Tradisi Kaltara, Warisan Budaya Tak Benda Nasional
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com