Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Kalimantan Utara Topang 0,74 Ekspor Nasional, Lampaui Yogya dan Sulut

- Apahabar.com Kamis, 21 Februari 2019 - 15:02 WIB

Kalimantan Utara Topang 0,74 Ekspor Nasional, Lampaui Yogya dan Sulut

Pelabuhan Malundung Tarakan merupakan salah satu pintu gerbang kegiatan ekspor-impor di Kaltara. Foto-Humas Pemprov Kaltara

apahabar.com, TANJUNG SELOR – Badan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat sumbangan Provinsi Kalimantan Utara terhadap ekspor nasional mencapai 0,74 persen atau senilai USD 102,1 juta.

Adapun nilai ekspor Indonesia sendiri, mencapai USD 13,87 miliar. Nilai ini turun 3,24 persen dibandingkan ekspor Desember 2018 yang mencapai USD 14.333,2 juta. Begitu pula dibandingkan dengan Januari 2018, sebesar 4,70 persen.

Baca Juga: Ingin Kaya Sejak Muda, Intip Kiat Belajar Investasi ala Miliarder AS

Melihat fakta itu, Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengaku optimis peran provinsi termuda di Indonesia ini, akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Kaltara sampai saat ini, masih mengandalkan ekspor non migas (minyak dan gas bumi). Utamanya, batubara dan kelapa sawit, juga sektor perikanan khususnya ekspor udang beku,” kata Gubernur, Senin (18/2).

Sumbangsih ekspor Kaltara bulan lalu itu, masih jauh lebih baik dibandingkan sejumlah provinsi yang sudah lama berdiri.

Seperti DI Yogyakarta yang mencapai 0,26 persen, Nusa Tenggara Timur (NTT) 0,03 persen, Bali 0,36 persen, Sulawesi Utara 0,47 persen, Aceh 0,15 persen, dan lainnya.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara saat ini memiliki keinginan untuk mengubah paradigma struktur perekonomian Kaltara. Dari sektor pertambangan ke sektor industri pengolahan dan turunannya serta sektor lainnya. Ini akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yang juga melecut sumbangsih Kaltara terhadap ekspor nasional,” urai Irianto.

Komoditas ekspor utama nasional, juga Kaltara adalah non migas. Dari catatan BPS RI, ekspor non migas Januari 2019 mencapai USD 12,63 miliar, naik tipis 0,38 persen dibanding Desember 2018.

Sementara itu dibanding ekspor non-migas Januari 2018, turun 4,50 persen. Secara nasional, ekspor non-migas Januari 2019 terbesar adalah ke Tiongkok yaitu USD 1,71 miliar, disusul Amerika Serikat USD 1,51 miliar dan Jepang USD 1,20 miliar, dengan kontribusi ketiganya mencapai 34,96 persen. Sementara ekspor ke Uni Eropa (28 negara) sebesar US$1,38 miliar.

Baca Juga: Samsung Rilis 3 Jenis Galaxy S10, Cek Harganya

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Kendala UMKM Kalsel, dari Masalah Permodalan hingga Pemasaran di Ritel Modern
apahabar.com

Ekbis

Jelang Akhir Tahun, Harga Telur dan Bawang Mulai Naik di Banjarbaru
apahabar.com

Ekbis

Gubernur BI: Tak Hanya Konsumen Jadikan Indonesia Produsen Produk Halal Global

Ekbis

Ekonomi AS Picu Pelemahan Rupiah Pagi Ini
apahabar.com

Ekbis

AS-China Tak Akur Lagi, Rupiah Rawan Terkoreksi
Mahakam Ulu

Ekbis

Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021
apahabar.com

Ekbis

Cerita Si Hitam Bati-Bati Mejeng di Festival Kopi Eropa
apahabar.com

Ekbis

Bursa Saham Global Naik, IHSG Awal Pekan Ikut Menguat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com