Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!! Pecah Rekor Lagi! Kasus Covid-19 Indonesia Tambah 12.818 Hari Ini

Kejari Banjar Luncurkan SIAP Terpadu, Ini Manfaatnya

- Apahabar.com Rabu, 13 Februari 2019 - 13:51 WIB

Kejari Banjar Luncurkan SIAP Terpadu, Ini Manfaatnya

Kepala Kejaksaan Negeri Banjar, Muji Martopo saat memberikan sambutan di acara grand launching aplikasi online Sistem Informasi Administrasi Pidana (SIAP) terpadu Kabupaten Banjar di Aula kantor kejaksaan negeri Kabupaten Banjar, Rabu (13/2) pagi. Foto-apahabar.com/Reza Rifani

apahabar.com, MARTAPURA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjar meluncurkan aplikasi online Sistem Informasi Administrasi Pidana (SIAP) Terpadu.

Dikemukakan Kepala Kejari (Kajari) Banjar, Muji Martopo, SIAP Terpadu adalah aplikasi resmi yang dibuat lembaga penegak hukum wilayah kabupaten Banjar.

Baca Juga: KPU Banjarmasin Sosialisasikan Pemilu di Ponpes Nurul Jannah

“Sistem ini (SIAP) dibuat untuk membantu dan mempermudah monitoring proses administrasi perkara pidana antara penegak hukum secara terpadu berbasis teknologi informasi yang berdampak positif bagi masyarakat,” kata Muji Martopo, Rabu (13/2) siang.

Ia menuturkan, aplikasi tersebut saling berhubungan dengan instansi penegak hukum wilayah Kabupaten Banjar seperti kepolisian dengan fitur pengambilan sita dan geledah, perpanjangan penahanan, daftar pelanggaran tilang, dan berita acara pemeriksaan tetap tipiring.

Muji Martopo juga mengungkapkan aplikasi ini hanya bisa digunakan instansi terkait. Harapanya harapkan kedepaan bisa diakses masyarakat.

Baca Juga: Pancing Partisipasi Pemilih, KPU Kalsel Gelar Lomba Ini

“Aplikasi ini dimaksudkan untuk sarana pendukung tertibnya edukasi perkara yang profesional, transparan, efektif, dan modern. Kedepan diharapkan bisa diakses seluruh masyarakat untuk memberikan informasi yang transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Dikatakan, Muji Martopo bahwa (SIAP) memiliki manfaat sebagai menghemat waktu dan biaya, pengarsipan berkas secara elektronik, mempermudah mencari berkas, monitoring pegawai, dan memperpendek jalur birokrasi.

“Semua manfaat itu sebagai upaya aparat penegak hukum dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. SIAP terpadu jauh dari kata sempurna, maka dari itu setiap 3 bulan sekali akan dilakukan evaluasi untuk penyempurnaan sehingga akan lebih bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banjar,” jelasnya.

Baca Juga: Manfaatkan Debat Capres, Agustin Galang Pemilih Milenial

Peluncuran SIAP Terpadu yang berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri Banjar tersebut dihadiri petinggi Kepolisian, TNI, Pengadilan, Lembaga Pemasyarakatan Wilayah Hukum Kabupaten Banjar.

Reporter: Reza Rifani
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jaga Kondusifitas Bulan Ramadan, Polsek Banjarmasin Utara Rutin Giat Jumat Keliling
THM Harus Tutup, Pemkot Banjarmasin Siagakan Satgasus

Kalsel

THM Harus Tutup, Pemkot Banjarmasin Siagakan Satgasus
apahabar.com

Kalsel

Tenggelam di Sungai Barito, ABK Trans Power Lenyap
apahabar.com

Kalsel

Misteri Kematian Pria Renta di Pasar Harum Manis Mulai Terkuak
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Covid-19 di Tapin, Kerumunan Warga Dibubarkan
apahabar.com

Kalsel

Penutupan Pasar di Banjarmasin, Habib Banua: Salurkan Bansos Dulu
Menpan-RB Bicara Isu Penghapusan Honorer: Jangan sampai Wartawan Jadi Guru

Kalsel

Menpan-RB Bicara Isu Penghapusan Honorer: Jangan sampai Wartawan Jadi Guru
apahabar.com

Kalsel

Demplot Kodim 1002 Siap Tingkatkan Ketahanan Pangan HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com