Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Kelayakan Makanan di Pasar Belauran Martapura Diperiksa

- Apahabar.com Kamis, 14 Februari 2019 - 16:56 WIB

Kelayakan Makanan di Pasar Belauran Martapura Diperiksa

PD Pasar Bauntung Batuah bekerjasama dengan BPOM Banjarmasin melakukan uji kelayakan warung makanan yang ada di Pasar Belauran Martapura, Kamis (14/2) siang. Foto-apahabar.com/Reza Rifani

apahabar.com, MARTAPURA – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bauntung Batuah bekerjasama dengan BPOM Banjarmasin melakukan tes sampel kelayakan bahan makanan yang dijual pedagang Pasar Belauran, Jalan A Yani Kilometer 40 Martapura, Kamis (14/2) siang.

Direktur utama PD Pasar Bauntung Batuah, Rusdiansyah menuturkan uji kelayakan makanan itu menindaklanjuti arahan dari Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu.

“Sesuai dengan arahan Menteri Kesehatan perlunya sedini mungkin menanggulangi bahan berbahaya yang kemungkinan digunakan pedagang,” kata Rusdiansyah, Kamis (14/2) siang.

Baca Juga: Sejuta Bakul Purun, Hari Ini Ribuan Disebar di 5 Pasar Tradisional

Dikemukakannya, PD Pasar Bauntung Batuah pernah mendapatkan penghargaan peringkat terbaik ke-2 pada pelatihan menguji makanan dan minum bahan pokok yang diselenggarakan BPOM pusat di Hotel Mercure Banjarmasin beberapa waktu.

Dari hasil pelatihan yang juga diikuti Dinas dan BUMD se-Kalimantan Selatan, PD Pasar Bauntung Batuah mendapatkan bantuan tes kit (alat untuk menguji bahan makanan).”Maka dari itu hari ini kami bekerjasama dengan BPOM Banjarmasin bisa melakukan uji sampel semua bahan makanan yang ada di pasar ini,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang Haul, PD Pasar Bauntung Batuah Beri Sanksi Ini Bagi Pedagang yang “Menaikkan Harga”

Rusdiansyah juga mengatakan dengan adanya uji coba ini diharapkan para konsumen dan masyarakat yang makan di Pasar Belauran merasa nyaman.

“Andai nanti ada ditemukan bahan-bahan yang berbahaya dari beberapa sampel kebutuhan pangan yang dijual para pedagang, kami akan segera menindaklanjuti. Kita meminta pedagang tidak menggunakan bahan berbahaya untuk makanan,” tegasnya.

Sampel makanan sendiri diambil dari beberapa bahan makanan yang dicurigai terindikasi mengunakan bahan yang berbahaya. Dalam uji itu, PD Pasar Bauntung Batuah melakukan per 3 bulan.

Baca Juga: Jelang Haul Sekumpul ke-14, Pemda Setempat Hubungkan Jalur Alternatif

Reporter: Reza Rifani
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Berdalih Ekonomi, Pasutri di Banjarmasin Nekad Bisnis Sabu
apahabar.com

Kalsel

Disiplinkan Prokes di Pasar Baru, Polsek Marabahan: Tak Pakai Masker Disanksi Nyanyi
apahabar.com

Kalsel

Tim Monev KPK RI Sambangi Pemkab Barito Kuala
apahabar.com

Kalsel

Penerima Program Keluarga Harapan di Kalsel Meningkat 100 Persen
Banjir Banjar

Kalsel

Brakkk! Warung Es Kelapa Muda Mataraman Ambruk Diseret Banjir
apahabar.com

Kalsel

Banjir Rendam Kalsel, Tabalong Paling Parah
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Kabupaten Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Sebelum Bepergian, Intip Perkiraan Cuaca Kalsel Hari ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com