MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Kemenag Kalsel Belum Tetapkan Biaya Haji 2019

- Apahabar.com Selasa, 5 Februari 2019 - 21:03 WIB

Kemenag Kalsel Belum Tetapkan Biaya Haji 2019

Ilustrasi jemaah haji Indonesia. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel saat ini belum menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2019, meski secara nasional tidak ada kenaikan, sama seperti tahun lalu.

Sebelumnya DPR RI menetapkan Direct Cost (Biaya yang dibiayai oleh jemaah) pada BPIH Tahun 1440 H/2019M tidak mengalami kenaikan.

“Biaya haji dipastikan tidak mengalami kenaikan sehingga besaran yang harus dibebankan secara nasional rata-rata sama dengan biaya 2018, yaitu, sebesar Rp35.235.602,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Noor Fahmi seperti dikutip Antara, Selasa (5/2).

Namun untuk di daerah, seperti di Embarkasi Banjarmasin ini, lanjutnya akan ada ketetapan tersendiri. Pasalnya menyesuaikan jarak ke tanah suci.

Ketetapan BPIH Kalsel itu nantinya menunggu Keputusan Presiden (Keppres) tentang biaya perjalanan haji 2019.

“Makanya kita mohon calon jamaah haji untuk bersabar untuk mengetahui kepastian BPIH di Embarkasi daerah kita,” ucapnya.

Karena, terang Noor Fahmi selain Keppres, akan ada pula Peraturan Menteri Agama (PMA) dan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) terkait petunjuk teknis teknis pelunasan yang termasuk didalamnya jadual pelunasan.

Nilai BPIH masing-masing embarkasi berbeda. Sebab, jarak tempuh satu embarkasi dengan Arab Saudi juga berbeda. “Adanya perbedaan BPIH antar satu embarkasi dengan embarkasi lainnya, karena ada perbedaan jarak antar satu embarkasi dengan embarkasi lainnya, dengan Arab Saudi.

Contohnya, BPIH yang ditanggung jemaah dari embarkasi Aceh dan Medan, bisa lebih rendah dibandingkan dengan Surabaya dan Banjarmasin,” jelasnya.

Sebagai gambaran, tahun 1439 H/2018 M untuk Embarkasi Banjarmasin besaran yang harus dibayar yaitu Rp38.525.445. Sementara untuk tim pemandu haji daerah (TPHD) di Embarkasi Banjarmasin Rp65.863.929. “Saya kira tidak akan jauh beda dengan tahun kemarin,” ungkap Fahmi.

Dari 12 Embarkasi di Indonesia, Embarkasi Banjarmasin masuk BPIH tertinggi nomor empat pada 2018. Setelah Embarkasi Balikpapan, Makassar dan kemudian Lombok.

“Kalau BPIH yang terendah itu Embarkasi Aceh, kemudian Medan dan Batam,” pangkas Fahmi.

Sebelumnya DPR RI dan Kemenag RI sepakat untuk BPIH tahun ini tidak mengalami kenaikan. Rinciannya. harga rata-rata biaya penerbangan per jemaah dari Embarkasi Haji ke Arab Saudi pergi-pulang (PP) sebesar Rp 30.079.285 dengan rincian Rp 29.555.597 dibayar oleh jemaah dan sisanya sebesar Rp 523.688 dibebankan pada dana optimalisasi (Indirect Cost).

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Juara MTQ Nasional ke-51 Tingkat Kota Wakili Banjarmasin ke Ajang Provinsi
apahabar.com

Kalsel

Bupati HSS Minta Masyarakat Waspada DBD
apahabar.com

Kalsel

Normalisasi Sungai di Banjarmasin Tersendat Permukiman
apahabar.com

Kalsel

Napi Lapas Martapura Cuci Uang Narkoba Rp 5,2 M, Kemenkumham Kalsel Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

May Day; Anak Punk Suarakan ‘Buruh Bukan Budak’ Diusir Polisi
apahabar.com

Kalsel

Bulan Depan, Gedung Baru UPT Instalasi Farmasi Banjar Resmi Beroperasi
apahabar.com

Kalsel

Sempat Meningkat, Positif Covid-19 di Tabalong Turun Lagi
apahabar.com

Kalsel

Zona Hijau Kuasai Banjarmasin, Dinkes: Bulan Depan Covid-19 Dikendalikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com