Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu… Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

KPU Gelar Melukis Mural, Ini Tujuannya

- Apahabar.com     Selasa, 26 Februari 2019 - 17:12 WITA

KPU Gelar Melukis Mural, Ini Tujuannya

Lomba melukis dinding atau seni Mural dan Grafiti digelar KPU Kalsel. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan menggelar lomba melukis dinding atau seni Mural dan Grafiti. 20 orang peserta ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Pada kegiatan yang digelar hari ini, Selasa hingga Rabu besok tujuannya tak lain untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu juga meningkatkan partisipasi pemilih.

“Melalui kegiatan ini, peserta diwajibkan membuat seni Mural dengan pilihan subtema yang telah ditetapkan. Membuat mural kepemiluan. Masing-masing peserta mengekresikan pesan kepemiluan lewat seni Mural sehingga menjadi sebuah media sosialisasi, sekaligus sebagai informasi bagi publik untuk mengetahui rangkaian yang diselenggarakan penyelenggara Pemilu,” ucap Komisioner KPU Kalsel, Edy Ariansyah kepada apahabar.com.

Menurutnya, pesan yang disampaikan melalui seni lukis atau gambar di tembok biasanya dianggap mampu mempengaruhi persepsi masyarakat sehingga terdorong untuk menyalurkan hak politiknya.

Namun langkah tersebut tentunya ada tindakan yang tidak boleh dilanggar peserta seperti menampilkan materi ajakan kampanye, pornografi, SARA, logo partai politik dan nomor urut peserta Pemilu.

“Peserta diwajibkan mengikuti subtema lomba Mural, karena masuk dalam indikator penilaian juri seperti nilai estetika karya, ketepatan waktu, komposisi warna, kesesuaian konsep dan menyampaikan ide yang mampu menarik perhatian publik,” ujar Edy.

Baca Juga: Relawan Jokowi-Ma’ruf Gelar Pengobatan Gratis dan Sunatan Massal di Tanah Laut

Harapannya, melalui desain Mural yang variatif bisa mendorong aktif masyarakat untuk melakukan perubahan yang lebih baik untuk 5 tahun ke depan.

Desain mural yang dilombakan memiliki karakteristik yakni dua dimensi (dwimatra) dan tiga dimensi (trimatra) dengan merebutkan total hadiah Rp20 juta.

Lanjutnya, nanti mural yang dilombakan memiliki ukuran tinggi 2,6 meter dan lebar 3 meter.

Desain mural yang dilombakan pun harus sesuai tema Pemilu 2019 dengan subtema adil dan berintegritas, tanpa politik uang dan politisasi SARA, Ayo memilih untuk Indonesia kuat, pemilih berdaulat negara Indonesia kuat, KPU melayani, pemilih berdaulat negara kuat, 17 April 2019 pemilih berdaulat.

Baca Juga: Kemenag Tak Mampu, MIS Banjarmasin Kian Terpuruk

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Tak Hanya Peduli, Umar bin Abdul Aziz Juga Sosok Tegas
apahabar.com

Tak Berkategori

Puluhan Anak Ikuti Kegiatan Sunat Massal Polda Kalsel

Tak Berkategori

Turun 50 Sentimeter, Portal Jembatan Alalak II Dikritik Sopir Angkutan
bank bjb

Tak Berkategori

Digitalisasi Perbankan Kunci bank bjb Tumbuh Positif di Masa Pandemi Covid-19
Lockdown Weekend

Tak Berkategori

Lockdown Weekend, Balikpapan Bak Kota Mati
apahabar.com

Tak Berkategori

Kemenag Tak Mampu, MIS Banjarmasin Kian Terpuruk
apahabar.com

Tak Berkategori

Hari Ini, Wali Kota Banjarmasin Jamu Sejumlah Pimpinan Daerah Tetangga
apahabar.com

Tak Berkategori

Mayor Inf Gatot Teguh Waluyo Pelopori Sampah Jadi ‘Emas’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com