Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Layanan Kesehatan Jaga Anak-anak Gaza di Musim Dingin

- Apahabar.com Rabu, 20 Februari 2019 - 10:56 WIB

Layanan Kesehatan Jaga Anak-anak Gaza di Musim Dingin

Pelayanan kesehatan secara gratis itu dilakukan relawan medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) selama sepekan. Foto-ACT

apahabar.com, GAZA – Pelayanan kesehatan kembali menyapa masyarakat Gaza akhir Januari lalu. Kali ini, anak-anak di salah satu sekolah di Gaza. Pemeriksaan kesehatan secara gratis itu dilakukan relawan medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) selama sepekan.

Pagi menjelang siang, relawan medis telah bersiap memeriksa kesehatan anak-anak. Peralatan medis seperti stetoskop dan termometer disiapkan, sementara obat dan vitamin dijajar rapi di atas meja. Anak-anak berbaris rapi menunggu giliran periksa. Sebagian yang lain menunggu sambil bermain wahana permainan di taman sekolah.

“Pelayanan kesehatan berlangsung sejak Selasa (22/1) hingga Sabtu (26/1) Januari lalu. Penerima manfaat mencapai 400 jiwa,” lapor Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response (GHR) – ACT.

Akhir Januari itu, bukan pertama kali pelayanan kesehatan dilakukan ACT di Jalur Gaza. Di awal bulan, pelayanan kesehatan dan pendistribusian obat dilakukan di wilayah Al Sheja’ia, Khan Younis, dan Beit Lahia. Program tersebut merupakan rangkaian kepedulian masyarakat Indonesia untuk Palestina di musim dingin tahun ini.

Baca Juga: ACT Kalsel Ajak Doakan Remaja Palestina yang Gugur Akibat Tembakan Israel

“Pelayanan kesehatan ditujukan bagi anak-anak dari keluarga miskin, keluarga yatim, dan anak dengan kebutuhan khusus. Flu, Batuk dan gangguan pernafasan menjadi keluhan yang banyak disampaikan orang tua anak-anak,” lanjut Faradiba.

Sektor kesehatan Gaza menjadi salah satu hal yang kritis saat ini. Jumlah orang yang membutuhkan pertolongan medis di Gaza terus meningkat seiring jatuhnya korban dalam aksi damai Great March of Return setiap pekannya. Selain itu, kondisi diperparah dengan krisis listrik yang harus dialami sejumlah rumah sakit.

Bahkan, beberapa waktu lalu, Direktur Kerja Sama Internasional Kementerian Kesehatan Palestina Ashraf Mhadi menyampaikan kondisi ambulans di Gaza juga memprihatinkan. Sebab itu, ACT menaruh perhatian di ranah kesehatan Gaza.

Selain layanan kesehatan, bantuan masyarakat Indonesia untuk Palestina juga disampaikan dalam bentuk Humanity Card, kelengkapan musim dingin, hingga dapur umum.

Baca Juga: Awal Tahun, Layanan Kesehatan ACT Sapa Gaza

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

BNI Sekuritas Bersama Global Wakaf -ACT Luncurkan Layanan Wakaf Saham
apahabar.com

ACT

ACT Luncurkan Program ‘Marhaban Ya Dermawan’
apahabar.com

ACT

Kemarau Tahun Ini Lebih Kering Dibanding 2019
apahabar.com

ACT

Catatan Perjuangan Great March of Return di Jumat Ke-46
apahabar.com

ACT

Humanity Food Van ACT Sambangi Anak-Anak Nelayan di Desa Rampa
apahabar.com

ACT

Kegembiraan dan Ucapan Syukur dalam Sekotak Pangan
apahabr.com

ACT

Warga Desa Damit Bersyukur Adanya Sumur Wakaf
apahabar.com

ACT

Pasca-gempa M7,0, ACT: Warga Ternate Beraktivitas Seperti Biasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com