BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Madrasah Musyawarah Mufakat Bakal Dapat Prioritas

- Apahabar.com Jumat, 22 Februari 2019 - 21:33 WIB

Madrasah Musyawarah Mufakat Bakal Dapat Prioritas

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Musyawarah Mufakat di Kelurahan Kampung Gadang, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Foto-apahabar.com/Muhammad Robbi

apahabar.com, BANJARMASIN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kota Banjarmasin berjanji segera memprioritaskan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Musyawarah Mufakat masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019.

“Kita berjanji akan memprioritaskan MIS Musyawarah Mufakat di DIPA,” ucap Kepala Kemenag Banjarmasin Muhammad Rofi’i kepada awak media, Jumat (23/2).

Pihaknya akan menyampaikan perihal tersebut kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenag Kalsel), untuk selanjutnya diteruskan kepada Kemenag Republik Indonesia (RI).

“Kita berusaha akan memperjuangkan MIS Musyawarah Mufakat, tapi tetap berdasarkan persetujuan Kanwil dan Kemenag RI,” katanya.

Kendati demikian, MIS Musyawarah Mufakat harus memenuhi 11 syarat dalam pencairan DIPA.

Misalnya, sertifikat tanah, Rancangan Anggaran Belanja (RAB), foto lahan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), sertifikat tanah yayasan, rekomendasi dari kantor Kemenag Banjarmasin, dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

“Selanjutnya penyerahan proposal ke Kanwil Kemenag Kalsel dan mengisi di aplikasi sistem informasi sarana dan prasarana (Simsarpras),” jelasnya.

Memang pada 2009, kata Rofi’i, Kemenag Banjarmasin pernah memberikan bantuan dana rehabilitasi bangunan.

Namun, setelah 10 tahun silam, pihak madrasah tak kunjung mengajukan proposal. “Memang setelah itu MIS Musyawarah Mufakat tak tersentuh,” ujarnya.

Tak ada mengajukan proposal ke kantor Kemenag kota Banjarmasin, isu beredar kata Rofi’i, MIS Musyawarah Mufakat sempat mengajukan ke Pertamina, namun tak juga mendapatkan bantuan.

“Kalau mendapat bantuan dari Biro Kesra kota Banjarmasin sebanyak empat juta memang benar,” ujarnya.

Dari 50 proposal di 2018 yang direkomendasikan oleh Kantor Kemenag kota Banjarmasin dan Kanwil Kemenag Kalsel hanya 5 proposal yang disetujui oleh Kemenag RI untuk mendapatkan DIPA.

“Kemenag kota Banjarmasin sejumlah 1 Sekolah dan Kanwil Kemenag Kalsel 4 sekolah,” tutupnya.

Saat media ini menyambangi MIS yang berada di Kelurahan Kampung Gadang,  Banjarmasin Tengah itu, tampak jelas sejumlah lubang menganga.

Tak sedikit, siswa terperosok. Lebih-lebih, ketika air meninggi. Bahkan, sampai menutup permukaan lantai.

Bangunan sekolah itu terhimpit di antara rumah dan kuburan muslim. Meski demikian, kata Kepala MIS Musyawarah Mufakat Sirrajudin, pihak sekolah enggan menyerah. Mereka bertekad terus eksis. Walau, pendanaan kian seret.

Bangunan tua sejak 1987 silam itu tampak reot. Dinding berbahan kalsiboard itu penuh dengan coretan. Begitu pula juga plafonnya. Sebagian material menggantung, pertanda akan lepas. Bahkan, sudah ada yang menganga.

Hidup segan mati tak mau. Peribahasa yang pas untuk menjelaskan kondisi MIS itu.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Covid-19, Lanal Kotabaru Gaungkan Program Nelayan Tangguh
apahabar.com

Kalsel

Diduga karena Perceraian, Pria di Kotabaru Rela Gantung Diri
apahabar.com

Kalsel

Ketua Komisi III DPRD Minta Maaf Usai Larangan Meliput Rapat Komisi
apahabar.com

Kalsel

Ini 5 Nama Komisi Informasi Provinsi Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Chef Agus Sasirangan Meriahkan Pasar Ramadan
apahabar.com

Hukum

Budak Narkoba Pemilik Ratusan Gram Sabu di Banjarmasin Berhasil Ditangkap
Banjarmasin

Kalsel

Banjarmasin Lelet Hitung Suara Pilgub Kalsel 2020, Nih Sebabnya
Warganya Wafat karena Corona, Bupati Tapin: Semoga Badai Ini Cepat Berlalu

Kalsel

Warganya Wafat karena Corona, Bupati Tapin: Semoga Badai Ini Cepat Berlalu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com