Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Masjid Raksasa di Turki akan Dibuka Beberapa Hari Lagi

- Apahabar.com Rabu, 20 Februari 2019 - 18:52 WIB

Masjid Raksasa di Turki akan Dibuka Beberapa Hari Lagi

Masjid Camlica di Turki Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Masjid terbesar di Turki bernama Camlica Rencananya akan resmi dibuka 15 hingga 20 hari lagi oleh Presiden Racep Tayyip Erdogan. Masjid itu diperkirakan dapat menampung 60 ribu jemaah.

Dilansir dari Republika Rabu (20/2/2019), Umat Islam di Turki berupaya menambah bangunan masjid yang spektakuler, selain juga memenuhi keperluan masyarakat di wilayah mereka. Salah satu masjid yang dibangun adalah masjid Camlica yang pembangunannya diawali pada Agustus 2013 lalu.

Dari segi arsitek, Masjid Camlica bergaya gabungan klasik dan modern. Dekorasi dan gaya bangunan meniru gaya khas era Ottoman dan Dinasti Seljuk pra-Ottoman. Kendati demikian, sentuhan modern juga memoles masjid baru ini, sesuatu berbeda dengan masjid-masjid tua di Turki.

Masjid besar ini memiliki lahan parkir yang luas, museum, galeri, seni, dan ruang lokakarya untuk para seniman, perpustakaan hingga konferensi.

Kepala Asosiasi pembangunan Masjid Camlica, Ergin Kulunk mengatakan desain masjid Camlica seperti sebuah komplek perumahan yang luas.

“Lebih seperti kompleks dari pada tempat beribadah yang sederhana. Di luar gedung ada 90 hektar tanah yang dihiasi dengan tanaman yang hijau dan subur yang membentang di atas bukit, memberi pemandangan pada pengunjung masjid untuk melihat dari Bosporus di pinggiran bukit,” kata Kulunk.

Awalnya, pembukaan Masjid Camlica ditetapkan pada Ramadhan tahun lalu. Namun, rencana itu dibatalkan.

Kulunk mengatakan, pembangunan masjid memang telah selesai. Namun pembangunan bangunan lain diharapkan bisa selesai dalam beberapa pekan.

Kulunk menjelaskan, desain masjid diambil dari 62 kandidat yang mengajukan.

“Ini masjid klasik dan kami mendapatkan inspirasi dari Sinan the Architect, namun kami tidak menyalinnya,” kata Külünk, merujuk pada arsitek legendaris Utsmani yang karyanya terdapat pada sejumlah landmark di Istanbul dan kota-kota lainnya.

Masjid ini memiliki kapasitas menampung 25.000 orang untuk shalat di dalam, 12.500  di halaman dalam yang luas, dan 22.500 lainnya di halaman luar. Selain itu memiliki tempat parkir untuk 3.500 kendaraan, aula konferensi dengan kapasitas 1.000 kursi, dan museum yang luasnya 11.000 meter persegi.

Baca Juga: Terkuak, Begini Isi Surat Cinta Hurrem pada Sultan Suleiman

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

MUI Jabar Jelaskan Larangan Rayakan Valentine dalam Syariat
apahabar.com

Habar

Inilah Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat dan Terlama Tahun 2019
apahabar.com

Habar

Ciri Malam Lailatur Qadar, Apakah Sudah?
apahabar.com

Habar

Lirik Dakwah di Media Sosial, LDNU Banjar: Tetap Mengutamakan Kesantunan
apahabar.com

Habar

Siap Dipamerkan, Pemilik Artefak Rasulullah Datang Langsung ke Martapura
apahabar.com

Habar

Segelas Teh, Cukupkah untuk Bersahur?
apahabar.com

Habar

Masjid di Amerika Dibuka, Jemaah Salat Harus Daftar Terlebih Dulu
apahabar.com

Habar

4 Jenis Air untuk Bersuci dalam Islam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com