Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh LIBUR PANJANG, Bandara Syamsudin Noor Mulai Bersiap BNNP Kalsel Sukses Gagalkan Transaksi 1 Kilogram Sabu di Komplek Citra Garden Kabupaten Banjar Pejabat Terpapar Covid-19, Pjs Wali Kota Banjarbaru Minta ASN Pedomani Prokes BREAKING NEWS! Kepala Bappeda Tanbu Meninggal Dunia

Operasional RSUD Sultan Suriansyah Terkesan Dipaksakan

- Apahabar.com Rabu, 27 Februari 2019 - 18:10 WIB

Operasional RSUD Sultan Suriansyah Terkesan Dipaksakan

Ilustrasi Rumah Sakit. Foto-Bisnis.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Operasional Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin dipastikan rilis pada 24 September 2019.

Namun satu-satunya rumah sakit milik Pemerintah Kota Banjarmasin tersebut belum lengkap memiliki alat kesehatan (alkes).

“Kebutuhan alkes untuk RSUD Sultan Suriansyah mencapai Rp60 miliar, tetapi yang disediakan tahun ini hanya Rp23 miliar,” ujar Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina usai rapat pengadaan alkes di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin, Rabu (27/2/2019).

Dengan kondisi kekurangan dana, Pemko Banjarmasin harus lebih teliti yang mana alkes menjadi prioritas wajib untuk dimiliki RSUD Jalan RK Ilir tersebut.

Masalah minimnya anggaran juga mengarah pada beberapa poliklinik yang berada di RSUD Sultan Suriansyah.

Tempat perawatan seperti poliklinik anak, penyakit dalam, jiwa dan bedah diakui Ibnu Sina tidak sempat dianggarkan Pemko Banjarmasin.

Namun kondisi demikian tidak mempengaruhi proses operasional proyek RSUD. Sebab, kurangnya anggaran tersebut akan dialokasi pada APBD Perubahan pada September 2019.

“Empat klinik itu akan dilengkapi pada bulan September nanti, menunggu APBD Perubahan tahun 2019,” terang mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Kemudian alkes yang masih kurang, pihaknya telah berencana melakukan kerjasama operasional dengan beberapa Puskesmas Kota Banjarmasin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Lukman Hakim menerangkan bahwa akan mengajukan berkas penambahan alkes untuk mengisi 23 poliklinik di RSUD Sultan Suriansyah.

“Dari Rp60 juta yang dibutuhkan, hanya dianggarkan Rp23 juta. Kekurangan Rp37 juta akan disediakan pada APBD perubahan,” ujarnya.

Pasalnya, ia mengakui anggaran itu akan diambil satu per satu dari APBD Perubahan, APBD Murni dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru: Bertambah 1, Total Positif Jadi 407 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Mulai Hari Ini, Pelajar dan Mahasiswa Kalsel Serentak Belajar dari Rumah
apahabar.com

Kalsel

Pelaku Pembunuhan di Sungai Lulut Akhirnya Tertangkap!
apahabar.com

Kalsel

Eks Lubang Tambang PD Baramarta, Walhi Ibaratkan Destinasi Maut!

Kalsel

Blunder PSBB Banjarmasin, Penumpang Gelap Diduga Diselundupkan via Trisakti
apahabar.com

Kalsel

Dear Warga Kotabaru, Mariana Wafat Bukan karena Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Siang hingga Malam Hari Sebagian Kalsel Diprakirakan Hujan Lokal
apahabar.com

Kalsel

Soal PJU-TS di Tanah Bumbu, Mustahil Tanpa Usulan Cuncung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com