Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Paman Birin, Slank dan Ribuan Masyarakat Deklarasikan Geopark Meratus

- Apahabar.com Minggu, 24 Februari 2019 - 19:59 WIB

Paman Birin, Slank dan Ribuan Masyarakat Deklarasikan Geopark Meratus

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Band Slank, penyanyi Inka Christie, jajaran Kepala Daerah Kabupaten Kota di Kalsel membacakan deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus, di Kiram Park Minggu (24/2) sore. Deklarasi ini juga diikuti oleh ribuan masyarakat yang hadir, termasuk Slankers yang hadir. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

apahabar.com BANJAR – Deklarasi Geopark Meratus, di Kiram Park Minggu (24/2) sore tadi berlangsung meriah. Kegiatan yang dicetus Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai kalangan.

Termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalsel, sejumlah kepala daerah di kabupaten/kota dan para penggiat lingkungan di Kalsel pun mengikuti kegiatan tersebut.

Deklarasi Geopark ini dibacakan langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor beserta Band Slank serta ribuan masyarakat yang hadir.

Baca Juga: Konser Slank Jadi Ajang Silaturahmi Slankers

“Dengan deklarasi ini, kita semua bertekad menjaga dan melestarikan Geoprak pegunungan Meratus beserta seluruh Geosite di dalamnya,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, deklarasi ini juga untuk mendukung pengembangan Geopark Nasional Pegunungan Meratus, sebagai salah satu wisata geologi unggulan di Kalimantan Selatan. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungannya.

“Acara ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah. Kita semua beryukur hidup di Bumi Lambung Mangkurat. Karena Kalsel bagaikan sehelai kain dari surga,” ungkapnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mendukung acara Deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus ini.

Sementara itu vokalis Slank, Kaka mengungkapkan, Geopark Nasional Pegunungan Meratus ini harus menjadi sesuatu yang positif bagi masyarakat Meratus. Terutama bagi masyarakat Adat Dayak disana.

“Kita semua harus jaga supaya tetap bagus, tetap bersih Meratus ini,

Baca Juga:  ‘Cinta Kita’ Paman Birin dan Inka Christie

jangan sampai merusak alam. Kita semua juga harus sadar dan peduli akan sampah. Baik di darat, di laut dan di gunung,” ungkapnya.

Perlu diketahui, 36 Geosite di Pegunungan Meratus telah dinyatakan menjadi Geopark Nasional Pegunungan Meratus pada 30 November 2018 lalu. Dimana 36 Geosite ini berada di 11 Kabupaten Kota di Kalsel. Mulai dari Kabupaten Kotabaru sampai dengan Kabupaten Tabalong.

Kedepan 36 Geosite ini akan dibenahi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Termasuk infrastruktur didalamnya. Dimana pengelolannya nanti akan diserahkan kepada masyarakat sekitar Geosite di Geopark Pegunungan Meratus.

Usai acara deklarasi, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga melakukan penandatanganan deklarasi Geopark Meratus.

Baca Juga: Slank Imbau Masyarakat Kalsel Lindungi Geopark Meratus

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kawasan Tambang Intan Cempaka Diusulkan Jadi Pertambangan Rakyat
apahabar.com

Kalsel

Aktivitas PT TAL Disetop Sementara
apahabar.com

Kalsel

Kesebelasan HST Juarai Paman Birin Cup 2019
apahabar.com

Kalsel

Pembatasan Palangka Raya Ditolak, Ibnu Sina Bicara Peluang PSBB Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 20 September: 83,6 Persen Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Baru Menjabat, Kapolsek Bintang Ara Silaturahmi Dengan Unsur Forpimka dan Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Rasa dan Ketebalan Durian Tala Diadu
apahabar.com

Kalsel

Mudik Gratis Wan Paman Birin Gerus Penumpang Terminal Pal 6?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com