2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar Terungkap! Sebelum Moeldoko, Gatot Nurmantyo Juga Mengaku Ditawari Kudeta Demokrat Tugboat Syarasd Satu Tenggelam di Muara Pegah Kaltim, 9 ABK Selamat Ditengarai Membelot, Berikut 8 Pengurus DPC Demokrat di Kalsel yang Ikut KLB Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa 3 Rumah di Mekarpura Kotabaru

Pemko Banjarmasin Bantah Tudingan KNPI Kalsel ‘Telantarkan’ Anak Jalanan

- Apahabar.com Jumat, 15 Februari 2019 - 14:50 WIB

Pemko Banjarmasin Bantah Tudingan KNPI Kalsel ‘Telantarkan’ Anak Jalanan

Ketua DPD KNPI Kalsel, Fazrur Rahman kunjungi Yayasan Anak Jalanan Yang Baik (AL AJYB). Foto-apahabar.com/Muhammad Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin membantah tudingan dari Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Fazlur Rahman atas penelantaran terhadap anak jalanan di Banjarmasin.

“Pemko sudah ada upaya untuk melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap anak jalanan tersebut,” ucap Kasi Tuna Sosial dan Korban Tindak Kekerasan, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Hasan kepada Wartawan Apahabar.com, Jumat (15/2/2018).

Menurut Hasan, apabila anak jalanan tersebut berdomisili di Kota Banjarmasin, maka ada panti asuhan yang menampung mereka. Bahkan, diberikan pelatihan secara gratis.

Ia mengklaim, kebanyakan anak jalanan tersebut berasal dari luar daerah. Sehingga apabila ada pihak yang menilai pemko menelantarkan, maka jelas menurutnya, tudingan itu tidak benar.

Apalagi, Yayasan Anak Jalanan Yang Baik (AL AJYB) yang berlokasi di Jalan Sutoyo S tersebut berdiri di atas bangunan aset Pemko. Lebih-lebih, belakangan pengurus yayasan telah berkoordinasi dengan Dinsos Kota Banjarmasin terkait pembinaan bagi anak yang berada di dalam yayasan tersebut.

“Nanti kita konfirmasi kembali dengan pengurus yayasan tentang hal tersebut,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Kalsel beserta beberapa jajarannya sambangi Kantor Yayasan Anak Jalanan Yang Baik (AL AJYB) yang berlokasi di Jalan Sutoyo S, Banjarmasin.

Baca Juga: KNPI Kalsel: Pemkot Banjarmasin “Telantarkan” Anak Jalanan

“Kunjungan ini bermaksud memberikan apresiasi, lantaran mampu memberikan panutan sebagai pemuda solutif di tengah problematika Kota Banjarmasin,” ucap Ketua DPD KNPI Kalsel, Fazlur Rahman kepada apahabar.com, Kamis (14/2/2019).

Menurutnya, Pemko Banjarmasin wajib menyediakan sarana dan prasarana untuk perlindungan dan pemeliharaan anak terlantar. Mengingat, Perda Kota Banjarmasin Nomor 6 tahun 2017 tentang perlindungan dan pemeliharaan anak terlantar telah diketok palu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin.

“Sayangnya, Pemerintah kecolongan dan abai terhadap perihal tersebut,” tegasnya.
Perda tersebut dinilai mandul dan tidak terimplementasi sebagaimana mestinya.

Pelaksanaannya belum masif. Padahal anak jalanan di Kota Banjarmasin sangat banyak jumlahnya.

Kedepannya, DPD KNPI Kalsel bersama Yayasan Al AJYB berencana mendesak Pemko Banjarmasin untuk mewujudkan Perda tersebut menjadi payung hukum yang relevan dan mampu menyelesaikan permasalahan anak jalanan di Kota Banjarmasin.

“Kita masih susun rencana diskusi untuk membahas tuntas kasus ini. Bahkan, kita akan atur pertemuan dengan Wali Kota, Ibnu Sina secepatnya,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Ibnu Sina

Kalsel

Pengalaman Ibnu Sina Divaksin Sinovac: Menunggu Reaksi Usai Disuntik
apahabar.com

Kalsel

Remaja Bungur Tapin Simpan Ratusan Pil ‘Jahat’
kafe banjarbaru

Kalsel

BREAKING! Lewati Batas Waktu, Dinas Pariwisata Panggil 2 Pemilik Kafe di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

2 Hari, Pencurian Motor di SMK 1 Banjarmasin Diungkap Polisi
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, BMKG Prakirakan Hujan Masih Guyur Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kamis Siang, Dua Daerah di Kalsel BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir
Dadahup

Kalsel

Meski Tak Mudah, Realisasi Jembatan Dadahup-Tabukan Paling Realistis Dukung Food Estate
apahabar.com

Kalsel

Lama Tak Berjumpa, RDP Agency Gelar Halal Bihalal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com