2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Penasaran Soto Banjar, Yakob Sayuri Juga Rindu Kuliner Papeda Khas Papua

- Apahabar.com Sabtu, 16 Februari 2019 - 06:30 WIB

Penasaran Soto Banjar, Yakob Sayuri Juga Rindu Kuliner Papeda Khas Papua

Yakub Sayuri. Foto-istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Yakob Sayuri memulai petualangan baru di pentas Liga 1 dengan bergabung klub sepak bola asal Kalimantan Selatan, Barito Putera. Musim lalu, pemain berusia 21 tahun jadi salah satu pilar Persemi Mimika di Liga 3 zona Papua.

Pemain yang dikenal dengan kecepatannya menyisir sisi lapangan tersebut memang tampil mengesankan bersama klubnya musim lalu. Ia sukses melepaskan 13 gol dari 10 penampilan yang dijalani.

Capaian tersebut membuat pemain yang baru menginjak usia 21 tahun itu, berhasil meraih gelar top skor Liga 3 Papua musim 2018. Performa itulah membuat manajemen tim Laskar Antasari tertarik untuk memboyong ke Barito Putera.

Yakob mulai merasakan kenyamanan baru di Bumi Lambung Mangkurat. Termasuk kuliner favorit pun sudah dimiliki talenta terbaik Papua tersebut.

“Saya penasaran dengan kuliner Soto Banjar yang terkenal itu. Memang banyak makanan enak di sini (Banjarmasin,red),” ungkap Yakob saat berbincang dengan reporter Apahabar.com via telepon seluler, Jumat (15/2).

Baca Juga: Hasrat Yakob Sayuri Masuk Line Up Utama Barito

Namun sayang, hingga kini Yakob hanya bisa memendam hasrat untuk bisa menikmati kelezatan Soto Banjar. Karena kesibukannya berlatih bersama skuat Barito guna persiapan Piala Presiden dan Liga 1.

“Belum sempat jalan-jalan, kalau ada waktu saya akan mencicipi Soto Banjar. Penasaran sekali mas,” kelakar Yakob.

Kalimantan Selatan punya sajian soto yang menggugah selera, yaitu soto Banjar. Semangkuk soto ini terdiri dari suwiran ayam, perkedel kentang, telur rebus, dan ketupat.

Ciri khas soto ini adalah kuahnya yang terbuat dari rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Lalu, diberi bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih dan merica. Sebagai pelengkap, menikmati semangkuk soto banjar bisa dipadukan dengan sate ayam.

Selain kepincut masakan khas Banua, mantan pemain kesayangan legenda Papua, Eduard Ivakdalam itu ternyata rindukan kuliner kesukaannya. Khususnya makanan tradisional Papua yang tentu sulit ditemukan di tempat lain.

Salah satu hidangan khas Papua yang menjadi favoritnya adalah Papeda. Papeda makanan khas Papua yang berbahan dasar sagu dan biasanya dilengkapi dengan ikan Tongkol atau Mubara, dengan ditaburi kuah kuning dan tumis kangkung. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

“Ya Papeda itu enak sekali. Mungkin bagi orang lain itu hanyalah makanan biasa-biasa saja. Tapi bagi kita orang Papua atau saya pribadi, Papeda itu makanan lokal kita sudah,” ungkap Yakob.

Selain makanan, Yakob Sayuri mengaku nyaman dengan suasana tim Laskar Antasari. Menurutnya, Barito Putera memiliki suasana positif dibandingkan dengan tim-tim lain. Terutama sistem kekeluargaannya yang sangat kental hingga membuat Yakob mengaku tidak salah memilih tim yang akan dibela.

Baca Juga: Rafael da Silva Ungkap Perbedaan Fans China dan Banua

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Tampil di SUGBK, RD Ingin Motivasi Naga Mekes Meningkat
apahabar.com

Sport

Jika Shin Tae-yong Ngotot di Korsel, PSSI: Yang Dilatih Siapa!
apahabar.com

Sport

Tommy Sugiarto Tersingkir di Ajang BWF 2019
apahabar.com

Sport

Jelang MotoGP Emilia Romagna 2020 Live Trans7, Guru vs Murid Lagi: Rossi vs Bagnaia dan Morbidelli
apahabar.com

Sport

Takluk atas Persija, Barito Putera Gagal ke Final Liga I U-19
apahabar.com

Sport

Dua Kali Gagal Bertemu, SDL Masih Menunggu Barito
apahabar.com

Sport

Hadapi Barito, CEO Minta Kalteng Putra Wajib Menang di 17 Mei Banjarmasin
apahabar.com

Sport

Diikat Barito Putera Tiga Tahun, Djanur Ingin Gelar Juara di Akhir Kontrak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com