Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang

Pengemis Berharap Berkah Imlek

- Apahabar.com Selasa, 5 Februari 2019 - 13:01 WIB

Pengemis Berharap Berkah Imlek

Ilustrasi angpao. Foto-Jawa Pos

apahabar.com, BANJARMASIN – Perayaan Imlek identik dengan angpao. Makanya sejumlah pengemis beragam usia terlihat memadati Kelenteng Soetji Nurani, Jalan Veteran, Kota Banjarmasin sejak Selasa dini hari (5/2/2019). Mereka teramat berharap mendapatkan berkah tahun baru China kali ini.

Pengemis musiman tersebut berharap mendapatkan angpao sebanyak-banyaknya dari pengunjung saat perayaan tahun baru Cina 2570. Apalagi orang China bergitu yakin dengan membagi angpao akan menularkan energi kesuksesan.

Dari pantauan apahabar.com, pengemis itu duduk di halaman depan Kelenteng yang posisinya di pinggiran Sungai Martapura.

Sebagian lagi, berusia anak anak mondar-mandir di pintu masuk. Untungnya mereka tahu diri dan tidak menghalangi jalan bagi pengunjung yang akan masuk ke tempat ibadah tersebut.

Mereka umumnya berpakaian lusuh sambil mengisi waktu dengan berbincang bincang. Namun beberapa orang lainnya ada yang meminta angpao kepada pengunjung.

“Saya setiap tahun selalu nongkrong bersama teman-teman di Kelenteng pas Imlek. Lumayan jika dapat angpao banyak bisa untuk makan sekeluarga,” kata Siti, pengemis yang mengaku bermukim di Jalan Kelayan A, Banjarmasin ini.

Baca Juga: Imlek 2019: Intip Hal Tabu dalam Tradisi China

Ibu dua anak ini mengaku sehari-harinya bekerja emang sebagai pengemis. Makanya ia kali ini mencoba peruntungan di Kelenteng Soetji Nurani.

Mereka bersama pengemis lainnya sangat berharap bisa tetap diizinkan pengelola Kelenteng supaya mereka bisa mangkal dan menunggu belas kasihan pengunjung.

“Setiap Imlek, pengelola mengizinkan kami ngumpul di sini (kelenteng). Jadi tidak masalah tiap tahun di sini,” timpal Neneng, warga Banten.

Bukan cuma pengemis yang ingin mendapat berkah Imlek, namun para pedagang pun ikut menjajal barang dagangannya untuk menarik pengunjung yang ingin beribadah.

Adapun petugas keamanan termasuk aparat kepolisian dan TNI terlihat berjaga untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Warna Merah Identik dengan Perayaan Tahun Baru Imlek, Mengapa?

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Walk Out Tolak UU Omnibus Law, Cafe di Banjarmasin Gratiskan Menu Untuk Kader Demokrat dan PKS
apahabar.com

Kalsel

Terapkan Prokes, STIKIP Paris Barantai Kotabaru Wisuda 96 Sarjana
apahabar.com

Kalsel

10.169 Siswa SMP Sederajat Ikuti USBN
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 Belum Reda, Sekolah di Banjarmasin Masih Tak Bisa Tatap Muka
banjir

Kalsel

Pengaron Kembali Diterjang Banjir Susulan, Puluhan Rumah Kembali Tergenang
apahabar.com

Kalsel

Cerah Berawan, Suhu Udara Kalsel Capai 34 Derajat Celcius
apahabar.com

Kalsel

Usai Lakukan Reses, Wakil Rakyat Kalsel Bakal Di-Swab Tes
apahabar.com

Kalsel

Setop Aktivitas Peti di Cagar Budaya Benteng Madang HSS, Masyarakat Harus Ikut Terlibat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com