Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu

PKPU 3/2019 Perbolehkan Warga Gunakan SIM untuk Memilih

- Apahabar.com Rabu, 20 Februari 2019 - 15:34 WIB

PKPU 3/2019 Perbolehkan Warga Gunakan SIM untuk Memilih

Ilustrasi proses Pemilu. Foto-Tribunnews.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Masyarakat tidak perlu khawatir kehilangan hak politiknya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019.

Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memudahkan pemilih yang tidak memiliki e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melalui PKPU nomor 3 tahun 2019.

“Iya benar. Lewat Peraturan KPU (PKPU) nomor 3 tahun 2019 membawa angin segar bagi Pemilu. Terlebih bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan Surat Keterangan (Suket), bisa diganti dengan dokumen kependudukan lainnya seperti Kartu Keluarga (KK), atau SIM, bahkan paspor,” ucap Ketua KPU Kalsel, Sarmuji kepada apahabar.com.

Baca Juga: KPU Banjarmasin Terima 1.698 Dus Surat Suara

Maka, kata Sarmuji, tidak ada alasan lagi masyarakat pemilih untuk tidak menyalurkan hak politiknya di TPS pada pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan nanti.

Kemudian, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diwajibkan untuk memfasilitasi masyarakat pemilih yang membawa KK atau SIM, dengan catatan sesuai dengan domisili di mana TPS itu berdiri.

“Jadi masyarakat pemilih maupun Petugas KPPS, tidak usah ragu untuk menunjukkan e-KTP, suket, atau KK bahkan SIM ketika masuk TPS,” tegasnya.

Lebih lanjut ia berharap, dengan adanya PKPU yang diputuskan DPR RI itu, bisa mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat Pemilih di Pemilu 2019.”Kita menargetkan 80 persen, bahkan diharapkan bisa melampaui target,” harapnya.

Baca Juga: Parpol dan Caleg Langgar Aturan Pemasangan APK Diranking

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cakra Khan Bakal Meriahkan Banjarmasin Sasirangan Festival
apahabar.com

Kalsel

Dapat Kunjungan Istri Bupati HST, TP PKK Kundan Sambut Ceria
apahabar.com

Kalsel

Dorong UMKM Lewat Bazaar Haornas 2019
apahabar.com

Kalsel

Pambakal H Isah Tamberangan Ngotot Tutup Jalan Sungai Puting Tapin
apahabar.com

Kalsel

Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa Kritik Pemkab Tapin

Kalsel

Besok, Salat Jumat di Kabupaten Banjar Tetap Ditiadakan
apahabar.com

Kalsel

Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com