Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

PLTS untuk 6 Desa Terisolir

- Apahabar.com Selasa, 26 Februari 2019 - 00:44 WIB

PLTS untuk 6 Desa Terisolir

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno dan jajaran PT PLN (Persero) saat mengunjungi Kaltara, beberapa waktu lalu. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNGSELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov) melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menyampaikan usulan penyediaan listrik kepada masyarakat, sebagaimana arahan Menteri ESDM Ignasius Jonan saat melawat ke Kaltara, belum lama ini.

Disebutkan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, usulan akan menyesuaikan potensi pembangkit listrik yang ada.

Usulan tersebut juga memerhatikan kebutuhan listrik rumah tangga, daerah pedalaman dan perbatasan yang belum teraliri listrik serta upaya perluasan jaringan listrik yang dilakukan PT PLN (Persero) di Kaltara.

Baca Juga: Wah, Ratusan Desa di Kaltara Sudah Miliki BUMDes dan 3 BUMasDes

“Penyediaan tenaga listriknya juga akan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Sesuai laporan Kepala Dinas ESDM Kaltara, untuk masyarakat di daerah pedalaman (terisolir) diusulkan pembangunan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) atau PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) pada 6 desa,” kata gubernur didampingi Kepala Dinas ESDM Kaltara Ferdy Manurun Tanduklangi, dalam laman resmi Pemprov Kaltara, Senin (25/2).

Adapun, 6 desa yang disasar, yakni 4 desa berada di Kabupaten Nunukan, dan 2 desa di Bulungan.

Sementara untuk daerah yang belum teraliri listrik, tapi tidak terisolasi dan terdapat akses jalan, Pemprov Kaltara mengusulkan perluasan jaringan listrik dan pembukaan unit pelayanan baru kepada PT PLN (Persero).

Untuk ini, Dinas ESDM mengusulkannya di 8 kecamatan di Nunukan. Termasuk usulan pembangunan PLTD 3 x 350 MW di Seimenggaris.

Lalu di Krayan diusulkan pembangunan PLTD dan perluasan jaringan listrik. Sementara, di Krayan Tengah akan diusulkan pembukaan unit pelayanan baru PT PLN.

Di samping itu, Pemprov Kaltara juga mengusulkan pengadaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk 6.227 Kepala Keluarga (KK). Yakni, 1.679 KK di Bulungan, 2.422 KK di Nunukan, 464 KK di Tana Tidung, dan 1.642 KK di Malinau.

“Kami juga akan menyampaikan rencana kebutuhan tenaga listrik seperti KIPI, Kota Baru Mandiri, kebutuhan listrik bagi usaha pertambakan dan kebutuhan listrik lainnya yang sifatnya besar seperti yang telah dimasukkan dalam Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD) Kalimantan Utara 2018-2037,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Mengenal 3 Tradisi Kaltara, Warisan Budaya Tak Benda Nasional
apahabar.com

Kaltara

Adaptasi Kebiasaan Baru, Kaltara Bersurat ke Kemendagri
apahabar.com

Kaltara

Jemput Bola ke Kawasan Terluar, Kaltara Andalkan SiPelandukilat
apahabar.com

Kaltara

Masa Pandemi, Ekonomi Kaltara Tetap Tumbuh Meski Tak Signifikan
apahabar.com

Kaltara

Utang Meningkat, tapi Tak Semua Tanggungan Kaltara
apahabar.com

Kaltara

Kalimantan Utara Usulkan Tambah Kuota Produksi Batu Bara
apahabar.com

Kaltara

Calon Jemaah Haji Kaltara Mondok 2 Kilometer dari Masjidil Haram
apahabar.com

Kaltara

Jokowi Bagi-Bagi Sertifikat ke Warga Kaltara: Boleh “Disekolahkan”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com