Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Segera Usulkan Penggunungan Meratus Jadi Geopark Dunia

- Apahabar.com Minggu, 24 Februari 2019 - 20:09 WIB

Segera Usulkan Penggunungan Meratus Jadi Geopark Dunia

BERIKAN KETERANGAN - Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pegunungan Meratus Fajar Desira, memberikan keterangan kepada awak media, saat Deklarasi Geopark Meratus di Kiram Park Minggu (24/2) siang. Foto-apahabar/Zepi Al Ayubi

apahabar.com, BANJAR – Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pegunungan Meratus, Fajar Desira mengaku, deklarasi ini merupakan momentum untuk melindungi dan melestarikan Pegunungan Meratus.

Serta mengenalkan adanya puluhan geosite, di Pegunungan Meratus bagi semua kalangan, termasuk para generasi muda, pecinta alam dan masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Hari ini kita semua mendeklarasikan Geopark Pegunungan Meratus. Usai dinyatakan menjadi salah satu dari 19 Geopark Nasional 30 November 2018 lalu. Kedepan kami akan mengajukan Geopark Pegunungan Meratus ini menjadi Geopark dunia ke Unesco,” ungkapnya, Minggu (24/2) sore.

Dia menjelaskan, selain untuk melindungi dan melestarikan Pegunungan Meratus ini, pihaknya juga ingin meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar geosite.

“Total ada 36 geosite di Kalsel, yang masuk dalam Geopark Pegunungan Meratus. Dimana membentang di 11 Kabupaten kota di Kalsel, dari Kabupaten Kotabaru sampai Kabupaten Tabalong,” ungkapnya.

Baca Juga: Fortuner Terperosok Depan Mahligai Pancasila

Tahun ini pihaknya akan fokus membenahi 36 geosite ini. Termasuk Mandiangin, Matang Kaladan, Raja Lima di Riam kanan, Gua Batu Hapu, Kahung, Belangian, Pagat Batu Benawa, Hantakan dan lainnya.”Dulu kita bicara spot wisata, saat ini bicara lebih luas geosite dan wilayahnya akan dilindungi,” terangnya.

Dijelaskannya, Deklarasi Geopark Pegunungan Meratus ini, juga upaya kongkrit Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam rangka melindungi Meratus.

“Geopark ini tidak akan berbenturan dengan hukum adat masyarakat Meratus. Karena nantinya masyarakat adat juga yang akan mengengelola geosite. Penghasilannya untuk masyarakat, tujuannya nanti juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Pegunungan Meratus,” tegasnya.

Diterangkannya, pihaknya juga sudah menganggarkan terkait pembenahan 36 geosite di Pegunungan Meratus ini. Nantinya pos anggaran ada di Dinas ESDM Kalsel, Dinas PUPR Kalsel untuk pembenahan infrastrukturnya. Lalu Dinas Kehutanan dan Dinas Pariwisatanya untuk pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Saya tidak hafal total anggarannya, tapi semua ada plot anggarannya pada beberapa dinas,” tutup Fajar.

Baca Juga: Paman Birin, Slank dan Ribuan Masyarakat Deklarasikan Geopark Meratus

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Komisi I DPRD Banjarmasin Segera Tanyakan Nasib Perda Minol ke Walikota

Kalsel

Sebut Polisi Monyet, Pemuda di Banjarmasin Tak Berkutik Saat Diamankan
apahabar.com

Kalsel

Gubernur Kalsel Minta Bupati dan Wali Kota Turun Langsung Atasi Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Danrem: TNI Siap Bantu Distribusi Logistik ke Penjuru Kalimantan
apahabar.com

Kalsel

Persiapan Hut RI; Pembina Paskibraka Pantau Aktivitas Anggota Hingga ke Rumah
apahabar.com

Kalsel

Masyarakat Kalsel yang Rumahnya Roboh Ingin Ketemu Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Kampanye Gerakan Massa Dibatasi, Kapolres Banjarbaru: Jika Melanggar Ditindak
apahabar.com

Kalsel

Masjid Al-Karomah Martapura Tidak Melaksanakan Penyembelihan Hewan Kurban
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com