AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi Atensi  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar Terungkap! Sebelum Moeldoko, Gatot Nurmantyo Juga Mengaku Ditawari Kudeta Demokrat Tugboat Syarasd Satu Tenggelam di Muara Pegah Kaltim, 9 ABK Selamat Ditengarai Membelot, Berikut 8 Pengurus DPC Demokrat di Kalsel yang Ikut KLB

Segera Usulkan Penggunungan Meratus Jadi Geopark Dunia

- Apahabar.com Minggu, 24 Februari 2019 - 20:09 WIB

Segera Usulkan Penggunungan Meratus Jadi Geopark Dunia

BERIKAN KETERANGAN - Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pegunungan Meratus Fajar Desira, memberikan keterangan kepada awak media, saat Deklarasi Geopark Meratus di Kiram Park Minggu (24/2) siang. Foto-apahabar/Zepi Al Ayubi

apahabar.com, BANJAR – Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pegunungan Meratus, Fajar Desira mengaku, deklarasi ini merupakan momentum untuk melindungi dan melestarikan Pegunungan Meratus.

Serta mengenalkan adanya puluhan geosite, di Pegunungan Meratus bagi semua kalangan, termasuk para generasi muda, pecinta alam dan masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Hari ini kita semua mendeklarasikan Geopark Pegunungan Meratus. Usai dinyatakan menjadi salah satu dari 19 Geopark Nasional 30 November 2018 lalu. Kedepan kami akan mengajukan Geopark Pegunungan Meratus ini menjadi Geopark dunia ke Unesco,” ungkapnya, Minggu (24/2) sore.

Dia menjelaskan, selain untuk melindungi dan melestarikan Pegunungan Meratus ini, pihaknya juga ingin meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar geosite.

“Total ada 36 geosite di Kalsel, yang masuk dalam Geopark Pegunungan Meratus. Dimana membentang di 11 Kabupaten kota di Kalsel, dari Kabupaten Kotabaru sampai Kabupaten Tabalong,” ungkapnya.

Baca Juga: Fortuner Terperosok Depan Mahligai Pancasila

Tahun ini pihaknya akan fokus membenahi 36 geosite ini. Termasuk Mandiangin, Matang Kaladan, Raja Lima di Riam kanan, Gua Batu Hapu, Kahung, Belangian, Pagat Batu Benawa, Hantakan dan lainnya.”Dulu kita bicara spot wisata, saat ini bicara lebih luas geosite dan wilayahnya akan dilindungi,” terangnya.

Dijelaskannya, Deklarasi Geopark Pegunungan Meratus ini, juga upaya kongkrit Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam rangka melindungi Meratus.

“Geopark ini tidak akan berbenturan dengan hukum adat masyarakat Meratus. Karena nantinya masyarakat adat juga yang akan mengengelola geosite. Penghasilannya untuk masyarakat, tujuannya nanti juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Pegunungan Meratus,” tegasnya.

Diterangkannya, pihaknya juga sudah menganggarkan terkait pembenahan 36 geosite di Pegunungan Meratus ini. Nantinya pos anggaran ada di Dinas ESDM Kalsel, Dinas PUPR Kalsel untuk pembenahan infrastrukturnya. Lalu Dinas Kehutanan dan Dinas Pariwisatanya untuk pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Saya tidak hafal total anggarannya, tapi semua ada plot anggarannya pada beberapa dinas,” tutup Fajar.

Baca Juga: Paman Birin, Slank dan Ribuan Masyarakat Deklarasikan Geopark Meratus

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Solusi Yang Ditawarkan Dinas TPH Kalsel Agar Petani Tidak Membakar Lahan
apahabar.com

Kalsel

Nataru 2020, Basarnas Banjarmasin Fokus Objek Vital Nasional dan Wisata
apahabar.com

Kalsel

Geber Minat Baca, Perpustakaan Batola Meluncurkan iPusda
apahabar.com

Kalsel

‘Kritik Itu Seni, Tak Melulu Negatif’
apahabar.com

Kalsel

Total 277 Kasus di Kalsel, 13 Pasien Positif Baru Covid-19 Kondisinya Stabil
apahabar.com

Kalsel

Alasan Divisi Humas Polri Gelar Supervisi di Polresta Banjarmasin dan Polres Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

573 Pedagang Pasar Bauntung Bersedia Direlokasi
apahabar.com

Kalsel

Menakar Peluang Menang Khairul Saleh di Pilgub 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com