Kopi Liberika Diminati Mancanegara, SPI Kalsel Sebut Mutiara Hitam Gambut Keren! OB-Sekuriti UIN Antasari Banjarmasin Juga Divaksin OTT KPK di Amuntai, Pegawai Kaget Ruang Kerja Bupati HSU Sudah Disegel Siang Ini, KSAL Bareng Menko Perekonomian Kunker Tinjau Vaksinasi-Replanting di Kotabaru Raperda Pajak HST Tuai Kritik, Jangan Matikan Usaha Kecil

Seluruh Kelurahan di Banjarbaru Dapat Kucuran Dana Rp 370 Juta

- Apahabar.com     Jumat, 1 Februari 2019 - 15:39 WITA

Seluruh Kelurahan di Banjarbaru Dapat Kucuran Dana Rp 370 Juta

Ilustrasi dana kelurahan. Foto-detik.com

apahabar.com, BANJARBARU – Kabar gembira, untuk meningkatkan pembangunan di kelurahan, Pemerintah Kota Banjarbaru, pada awal 2019 ini akan mendapat kucuran Dana Kelurahan dari Pemerintah Pusat.

Kota Banjarbaru akan mendapat Dana Kelurahan sebesar Rp 7,4 miliar. Dana itu untuk 20 kelurahan yang ada di Kota Idaman.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Banjarbaru, Jainuddin membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pihaknya sudah dapat kepastian dari Pemerintah Pusat terkait gelontoran Dana Kelurahan.

“Benar, Banjarbaru akan dapat Dana Kelurahan tahun ini dari Pemerintah Pusat. Totalnya Rp 7,4 miliar, untuk 20 Kelurahan di Kota Banjarbaru,” ungkapnya kepada apahabar.com, Jumat (1/2/2019) siang.

Dia menjelaskan, Dana Kelurahan ini dibagi menjadi tiga kategori dalam peruntukannya. Yakni kelurahan dengan pelayanan publik yang baik. Kemudian kelurahan dengan pelayanan publik yang perlu peningkatan. Serta kelurahan dengan pelayanan publik yang sangat perlu ditingkatkan.

“Kita berada di kategori yang pelayanan publik perlu peningkatan. Itu berdasarkan penilaian pemerintah pusat. Karena berada di tengah-tengah kategori. Banjarbaru akan mendapat dana sebesar Rp 370 juta untuk setiap kelurahan,” jelasnya.

Baca Juga: Kelurahan di Banjarmasin Terima Kuncuran Dana Rp300 Juta

apahabar.com

Kepala BPKAD Kota Banjarbaru Jainudin. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

Dia menegaskan, untuk pengelolaan dana ini, nanti sepenuhnya dikelola oleh tiap-tiap kelurahan. Peruntukannya pun juga ditentukan oleh masing-masing kelurahan.

“Sepenuhnya kelurahan, untuk penggunaannya dilakukan secara musyawarah apa yang dibutuhkan. Aplikasinya untuk pembangunan sarana dan prasarana di kelurahan, serta pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.

Dikatakannya, terkait peruntukan penggunaan Dana Kelurahan ini, sudah jelas ada di Permendagri Nomor 130 tahun 2018. Yang mana sudah diatur dan ada penjelasan item-item peruntukan serta penggunaannya. Baik rincian untuk sarana dan prasarana. Sampai pemberdayaan masyarakat, dijelaskan item penggunaannya.

“Dana Kelurahan ini bakal turun ke Banjarbaru paling cepat di awal Februari 2019 ini dan paling lambat pada Mei nanti,” bebernya.

Jainuddin menambahkan, dalam proses pencairan ini nantinya ada dua tahap pencairan. Dimana tahap satu akan dicairkan 50 persen dan tahap dua 50 persen lagi. Setiap tahap ada sistem pelaporan dan pertanggung jawabannya.

“Terkait Dana Kelurahan ini, kami bersama Bappeda Banjarbaru pada Kamis (31/1) siang kemarin, mengumpulkan camat dan lurah se-Kota Banjarbaru. Melakukan pembahasan dan mendiskusikan peruntukan masing-masing kelurahan itu, apakah yang akan diusulkan,” tutupnya.

Perlu diketahui, pada tahun 2019 ini Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan. Dengan menggelontorkan Dana Kelurahan kepada 8.122 kelurahan di Indonesia. Total dana APBN sebesar kurang lebih Rp 3 triliun.

Baca Juga: Pontianak Dapat Dana Kelurahan Rp10 Miliar

Reporter: Zepi Al Ayubi
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sepanjang 2019, Polres Tala Selamatkan Ratusan Juta Uang Negara
Kalsel Hujan

Kalsel

Kalsel Hujan hingga Lusa, Tanbu-Kotabaru Kudu Waspada!
Banjar

Kalsel

Dear Warga Banjar, Siap-Siap Lewat Jam 8 Dilarang Keluar Rumah!
apahabar.com

Kalsel

Taati Imbauan Pemerintah, Masjid di Banjarbaru Ini Tak Gelar Salat Ied
apahabar.com

Kalsel

BPOM HSU Temukan Kosmetik Tak Miliki Izin Edar dan Kedaluarsa di Paringin
apahabar.com

Kalsel

Tanah Bumbu Berduka, Kepala BPKAD Tutup Usia
Echa

Kalsel

Kunjung Echa Putri Tidur Banjarmasin, Pj Gubernur Kalsel Jamin Biaya Pengobatan
apahabar.com

Kalsel

Sudah 4.379 Kasus Covid-19 di Kalsel, Masih 2.674 Jalani Perawatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com