Brakkk! Detik-Detik Rumah Ambruk di Manarap Banjar Kontroversi Upin Ipin Sudah Meninggal, Les’ Copaque Beri Penjelasan Penggerebekan Maut Kakek Teluk Tiram: Sarijan Rupanya Target Tersohor Kepolisian Maraton, Proses RUU jadi UU IKN Digelar Hari Ini Tok! Pemerintah-Pansus Sepakat RUU IKN Lanjut ke Paripurna DPR

Sirkuit Mandalika Tidak untuk F1, Ini Alasannya

- Apahabar.com     Selasa, 26 Februari 2019 - 16:33 WITA

Sirkuit Mandalika Tidak untuk F1, Ini Alasannya

Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Foto-Antara.

apahabar.com, JAKARTA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero (ITDC) memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya ditujukan untuk menggelar perlombaan MotoGP dan tidak untuk Formula 1.

“Sejak semula, kami memang fokus pada perlombaan sepeda motor. Para penggemar olahraga sepeda motor di Indonesia juga lebih banyak. Dorna sebagai pemilik lisensi MotoGP juga sudah lama berkeinginan masuk ke Indonesia,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansyur di Jakarta dikutip Antara, Senin (25/2/2019).

Baca Juga: Gelar MotoGP, Indonesia Wajib Setor ke Dorna

Meskipun hanya fokus pada penyelenggaraan MotoGP, Abdulbar mengaku perusahaan BUMN di bidang pariwisata itu juga telah menjalin kontrak penyelenggaraan Motul Superbike (SBK) sebagai satu paket penyelenggaraan.

“Kontrak kami dengan Dorna pada MotoGP itu selama lima tahun dan ada pilihan untuk perpanjangan kontrak. Penggemar MotoGP tentu berbeda dengan penggemar Superbike,” katanya.

Abdulbar menyatakan penyelenggaraan perlombaan Superbike akan berlangsung dalam waktu yang berdekatan dengan MotoGP agar terdapat efisiensi biaya penyelenggaraan.

Abdulbar mengatakan pembangunan sirkuit Mandalika sepanjang 4,32 kilometer itu akan dimulai pada September 2019 oleh perusahaan konstruksi asal Prancis Vinci.

“Tapi sebelum dibangun, kami akan melakukan homologasi dan pengesahan lintasan ke Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dalam waktu dekat. Setelah itu, persiapan pra-konstruksi, pelelangan dan pengadaan. Kami menargetkan pengerjaan fisik dimulai pada September atau Oktober,” katanya tentang sirkuit yang juga akan dipakai sebagai jalan umum di luar waktu penyelenggaraan.

“Kami akan membentuk badan usaha bernama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai operator penyelenggaraan MotoGP dan lomba lain di Mandalika. ITDC merupakan pemilik tanah di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Kami yang menandatangani kontrak karena badan itu belum terbentuk,” kata Abdulbar.

Baca Juga: Tuan Rumah MotoGP 2021, Lombok Tengah Jamin Keamanan di Mandalika

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Hadiah Rp445 Juta Pemenang Sayembara Penataan Monas
apahabar.com

Nasional

100 Relawan Diterjunkan untuk Pungut Sampah Kampanye Akbar Prabowo-Sandi
Kejagung

Nasional

Kejagung Ungkap Kendala Hukuman Kebiri Predator Seks Anak
apahabar.com

Nasional

“Maafkan Saya Merepotkan Pepo”
apahabar.com

Nasional

Setelah Dilan, Ma’Ruf Amin Sebut Dewi-Dedi
Jadi Ibu Kota, Dana Perbaikan Jalan Penajam Capai Ratusan Miliar

Nasional

Jadi Ibu Kota, Dana Perbaikan Jalan Penajam Capai Ratusan Miliar
apahabar.com

Nasional

Istri Ustaz Maulana Meninggal
apahabar.com

Nasional

Peta Sebaran Corona Jatim Tertinggi di Surabaya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com