BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Sirkuit Mandalika Tidak untuk F1, Ini Alasannya

- Apahabar.com Selasa, 26 Februari 2019 - 16:33 WIB

Sirkuit Mandalika Tidak untuk F1, Ini Alasannya

Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Foto-Antara.

apahabar.com, JAKARTA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero (ITDC) memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya ditujukan untuk menggelar perlombaan MotoGP dan tidak untuk Formula 1.

“Sejak semula, kami memang fokus pada perlombaan sepeda motor. Para penggemar olahraga sepeda motor di Indonesia juga lebih banyak. Dorna sebagai pemilik lisensi MotoGP juga sudah lama berkeinginan masuk ke Indonesia,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansyur di Jakarta dikutip Antara, Senin (25/2/2019).

Baca Juga: Gelar MotoGP, Indonesia Wajib Setor ke Dorna

Meskipun hanya fokus pada penyelenggaraan MotoGP, Abdulbar mengaku perusahaan BUMN di bidang pariwisata itu juga telah menjalin kontrak penyelenggaraan Motul Superbike (SBK) sebagai satu paket penyelenggaraan.

“Kontrak kami dengan Dorna pada MotoGP itu selama lima tahun dan ada pilihan untuk perpanjangan kontrak. Penggemar MotoGP tentu berbeda dengan penggemar Superbike,” katanya.

Abdulbar menyatakan penyelenggaraan perlombaan Superbike akan berlangsung dalam waktu yang berdekatan dengan MotoGP agar terdapat efisiensi biaya penyelenggaraan.

Abdulbar mengatakan pembangunan sirkuit Mandalika sepanjang 4,32 kilometer itu akan dimulai pada September 2019 oleh perusahaan konstruksi asal Prancis Vinci.

“Tapi sebelum dibangun, kami akan melakukan homologasi dan pengesahan lintasan ke Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dalam waktu dekat. Setelah itu, persiapan pra-konstruksi, pelelangan dan pengadaan. Kami menargetkan pengerjaan fisik dimulai pada September atau Oktober,” katanya tentang sirkuit yang juga akan dipakai sebagai jalan umum di luar waktu penyelenggaraan.

“Kami akan membentuk badan usaha bernama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai operator penyelenggaraan MotoGP dan lomba lain di Mandalika. ITDC merupakan pemilik tanah di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Kami yang menandatangani kontrak karena badan itu belum terbentuk,” kata Abdulbar.

Baca Juga: Tuan Rumah MotoGP 2021, Lombok Tengah Jamin Keamanan di Mandalika

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Cerita Dokter di Natuna Saat Dinyatakan Positif Covid-19 hingga Berhasil Sembuh
apahabar.com

Nasional

Jubir Pemerintah: 7 Provinsi Tak Ada Penambahan Kasus Baru Covid-19
apahabar.com

Nasional

Mardani H Maming Jabat Ketum BPP Hipmi, Endang: Kebanggaan Masyarakat Kalsel
apahabar.com

Nasional

Situs Kemendagri Diretas Hacker, Tampilkan Gambar RIP KPK
apahabar.com

Nasional

Viral Pesan Minta Tolong Saat Live, Najwa Shihab Disorot Netizen
apahabar.com

Nasional

Wali Kota Duga Ada Kesalahan Input Data Anggaran Lem Aibon Rp82,8 Miliar
apahabar.com

Nasional

Seorang Petani Tewas Disambar Petir
apahabar.com

Nasional

Tren Pariwisata Global Berubah, Jokowi: Pengusaha Harus Siap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com