Jokowi Telepon Paman Birin, TNI Terjunkan Kopaska hingga Puluhan Perahu Karet Kapolres Balangan Siap Salurkan Bantuan Adaro ke Masyarakat Terdampak Banjir Tiba di Kalsel, Panglima TNI Marsekal Hadi Tinjau Banjir di Objek Vital BPBD Kapuas Kembali Ingatkan Warga, Waspada Cuaca Ekstrem Bantu Warga Terdampak Banjir, Sekretariat PDIP Kalsel Disulap Jadi Tempat Pengungsian

Surat Suara Pemilu 2019 Tiba Di Tapin

- Apahabar.com Jumat, 22 Februari 2019 - 22:05 WIB

Surat Suara Pemilu 2019 Tiba Di Tapin

Ketua KPU Tapin Hj Henny Foto-apahabar.com/Nasrullah

apahabar.com, RANTAU – Surat suara Pemilu 2019 sebanyak 690.791 lembar tiba di Kabupaten Tapin pada Kamis (21/2) petang kemarin, dari serah terima di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pukul 10:00 Wita.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Tapin Hj Henny pada apahabar.com. Jum’at (22/2) di ruang kerjanya.

“Saat ini kertas suara sudah berada di Gedung Sultan Kuning Rantau dengan rincian yang kita terima meliputi surat suara presiden dan wakil presiden sekitar 137.558,” ujarnya.

Henny merinci, untuk surat suara DPD  jumlah sama ada 137.558, kemudian surat suara DPR Dapil Kalsel I sebanyak 137.558, surat suara DPRD Prov Dapil Kalimantan 137.558, surat suara DPRD Kab. Dapil 1 sebanyak 39.612, surat suara DPRD Kab. Dapil 2 sebanyak 54.928, dan surat suara DPRD Kab. Dapil 3 sebanyak 46.019. Jumlah total sebanyak 690.791.

Tahap selanjutnya, lanjut Henny, setelah ini kita akan melakukan pemilahan atau sortir di Gudang Logistik Sultan Kuning, untuk mengecek kelayakan surat suara tersebut.

Di samping itu, pihaknya akan menghitung sesuai dengan jumlah kebutuhan yang mereka pinta pada KPU Provinsi Kalsel.

“Kebutuhan surat suara kita itu sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Tapin sebanyak 134.860,” katanya.

Baca Juga: Gelar Shalat Jumat Keliling, Polres Banjar Bagi Sembako

Dalam pemilahan nanti, pihaknya akan melakukan pelipatan surat suara dengan bantuan tenaga pelipat surat suara sebanyak 50 orang.

Hingga saat ini, menurut Hennyi, pihaknya masih membuka pendaftaran bagi tenaga pelipat surat suara. Hasilnya lumayan banyak yang mendaftar. Tahap selanjutnya, pihaknya akan menyeleksi kelayakan mereka untuk bertugas bersama KPU Tapin sebagai pelipat surat suara ini.

“Dalam pemilahan nanti jika ada surat suara yang tidak layak pakai, kita akan laporkan kepada pihak provinsi Kalimantan selatan. Selanjutnya, KPU Provinsi Kalsel bekerjasama dengan pihak penyedia berusaha akan digantikan dengan yang lebih layak,” jelasnya.

Surat suara, Ungkap Henny, saat ini tersimpan di Gedung Olahraga Sultan Kuning Rantau. Pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat yang menyediakan fasilitas GOR Sultan Kuning untuk penyimpanan Logistik dan Surat Suara.

“Untuk segi keamanan, kita telah bekerjasama dengan aparatur kepolisian setempat yang menyambut baik dan siap mengawal surat suara pemilu 2019 selama 24 jam. Bahkan jumat ini mereka membangun posko pengamanan di Gedung Sultan Kuning,” terang Henny.

Baca Juga: MHM Serta Dinas Koperasi Banjarmasin Adakan Festival Pasar Rakyat

Reporter: Nasrullah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Intip Kemeriahan Haul Haji Maming bin Rahing Ke-3
apahabar.com

Kalsel

Sempat Disorot Presiden Jokowi, Dinkes Kalsel Upayakan Percepatan Penurunan Stunting
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran di Wildan Sari, 6 Rumah Ludes, Bermula dari Kediaman Kosong
apahabar.com

Kalsel

Tak Punya E-KTP, Pelamar CPNS Bisa Gunakan Suket?
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS!!! Alalak Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Korsleting Listrik Picu Kebakaran di Pekapuran Laut Banjarmasin

Kalsel

Lebaran, Jukir di Banjarmasin Nekat Gorok Leher Sendiri

Kalsel

Mahasiswa Banjarbaru Kecam Kerusuhan 22 Mei, Simak Tuntutannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com