Habib Banua Sedih Jokowi Legalkan Produksi Miras, Sentil Para Pembisik Presiden Kronologis Penangkapan Penusuk Wildan, Mahasiswa Tanbu yang Tewas Dikeroyok BRAVO! Para Penusuk Wildan Mahasiswa ULM asal Tanbu Diringkus Polisi Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta Beredar, Bawaslu Turun Tangan POPULER KALSEL SEPEKAN: Panasnya Sidang MK, Penangkapan Pedofil Tapin, hingga Kisruh Elpiji Langka

Tak Bisa Lepas dari Olahraga Memanah

- Apahabar.com Selasa, 26 Februari 2019 - 12:37 WIB

Tak Bisa Lepas dari Olahraga Memanah

Nana Hudia masih bisa melihat persiapan atlet panahan Kalsel di lapangan panahan GOR HM Hasanuddin Banjarmasin. Foto-apahabar.com/ahya

apahabar.com, BANJARMASIN – Nama Nana Hudia sempat tenar di arena panahan Kalsel era 90-an. Lantas apa kabar dia kini.

Kiprahnya sebagai salah satu pemanah andalan Kalsel, turut membantu prestasi kontingen Banua di arena Pekan Olahraga Nasional (PON). Perak nomor beregu di PON XIII Jakarta 1993 pernah ia sumbangkan.

Prestasi itu berlanjut di PON XIV, turun di kategori pahanan nasional dan tradisional, nama Nana makin harum. “Kalau ingat itu rasanya haru,” katanya saat ditemui apahabar.com di GOR Hasanuddin HM, Banjarmasin, tempat berlatih pemanah Kalsel, Selasa (26/2).

Sebelum terjun ke cabang panahan, tadinya ia mencoba olahraga menembak. Sayang itu tidak bertahan lama, karena Nana merasa tidak berkembang. Alasannya, saat itu yang melatih sering absen.

Lantas, ia pun ikut sang kakak yang lebih dulu terjun di cabor panah. Akhirnya Nana pun jatuh cinta.

Baca Juga: INASP Fokus Pembinaan Pemanah Usia Dini

Kendati demikian, bukan berarti Nana serta merta bisa jadi atlet PON Kalsel begitu saja. Butuh waktu panjang hingga akhirnya terpilih sebagai atlet PON.

“Awal diajak PON itu hanya menjadi sparing partner, belum mendapat kesempatan. Baru di PON selanjutnya karena dilihat pelatih sudah siap dan lebih baik, akhirnya dapat kesempatan dan bisa langsung menyumbangkan medali, ” kata Nana yang pernah jadi pengurus Persatuan Panah Indonesia (Perpani) Kalsel selama dua periode.

Kini, Nana aktif tercatat sebagai atlet di Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kalsel. Di samping itu, aktivitas Nana juga sebagai aparatur negara sipil di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Kalsel.

Meski demikian, dunia panahan tak pernah ia tinggalkan. Nana pernah turun di kejuaraan memanah FORMI. Sehingga cukup mengobati rasa kangennya pada olahraga memanah.
“Di tahun lalu, 2018, pernah ada kejuaraan Formi. Waktu itu ikut cabang panahan tradisional. Alhamdulillah bisa meraih satu emas, dua perak, dua perunggu,” ungkap Nana.

Baca Juga: Borneo Open V, Pemanah Kalsel Dominasi Juara

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Sport

Hasil MotoGP Prancis 2020, Sesi FP1, Jumat, Bradley Smith Tercepat, Rossi Masuk 10 Besar, Link Live FrenchGP!

Sport

Hasil Akhir Timnas U19 Indonesia vs Makedonia Utara, Garuda Muda Menang 4-1
apahabar.com

Sport

Jelang Timnas U19 Indonesia vs Bosnia, Peluang Jack Brown, Andre dan Kanu Main, Live Mola TV dan NET TV
apahabar.com

Sport

Doni Monim, Ingin Berikan Terbaik Buat Supporter Barito Putera

Sport

Hasil dan Klasemen Liga Inggris, Tottenham Tekuk Brighton, Bale Cetak Gol, Liverpool ke Puncak
apahabar.com

Sport

Indonesia Masters 2020, Praveen/Melati Susah Payah ke Perempat Final
Robert Albert Datangkan Eks Bomber Ajax Amsterdam ke Persib

Sport

Robert Albert Datangkan Eks Bomber Ajax Amsterdam ke Persib

Sport

Evan Dimas Resmi ke Barito Putera
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com