BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Tak Melek Budaya, Usul Wisata Halal Sandiaga Ditolak di Bali

- Apahabar.com Selasa, 26 Februari 2019 - 15:03 WIB

Tak Melek Budaya, Usul Wisata Halal Sandiaga Ditolak di Bali

Sandiaga Uno saat berfoto bersama dengan wisatawan asing di Bali. Foto-Detik.com

apahabar.com, DENPASAR – Usul Sandiaga Uno untuk mengembangkan pariwisata halal di Bali ditolak Kepala dinas Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Yuniarta.

“Ya nggak mungkinlah, kita sudah mengiklankan sebagai pariwisata budaya sesuai Perda nomor 2 tahun 2012,” kata Yuniartha seperti dilansir dari Detik.com, Selasa (26/2/2019).

Yuniartha menyebut, Wisata Halal sudah dikembangkan provinsi tetangga, Nusa Tenggara Barat, Lombok. Selain itu, dia beranggapan masing-masing daerah sudah memiliki Keunikannya, dan tidak mungkin memaksakan Bali menjadi wisata halal.

“Tetangga saya wisata halal, Lombok, kita tidak mungkin bersaing seperti itu, nggak sehat banget. Indonesia itu ada 17 ribu pulau biarkan berkembang budaya dengan masing-masing, itu (wisata halal) sesuatu hal yang mustahil,” terangnya.

Mengacu pada Perda Nomor 2 tahun 2012, Bali sudah menegaskan dirinya sebagai pariwisata budaya. Jika ciri khas itu diganti, Yuniartha yakin wisatawan mancanegara bisa meninggalkan Bali.

“Perda 2/20 tentang pariwisata budaya itu sangat kuat dan nggak mungkin berubah. Image kita orang ke Bali untuk wisata budaya, kalau budaya kita hilang pergi juga itu turis, jadi nggak ada pariwisata halal itu. Walau kami dikatakan sebagai daerah haram tapi orang Timur Tengah harum itu, buktinya kunjungannya meningkat,” cetusnya.

Baca Juga: Jika Hari Ini Pilpres, Prabowo Kalahkan Jokowi!

Kendati demikian, Yuniartha memastikan bukan hal yang sulit mencari makanan halal di Bali. Salah satunya di daerah Kuta yang sudah populer di kalangan wisatawan mancanegara.

“Kemarin orang dari Rusia nanya katanya susah ya cari resto halal di Bali. Saya contohin di Kuta yang begitu luar biasa dikenal seluruh dunia cari makanan halal gampang, hotel halal gampang di Bali. Which one do you want you can get di Bali. Tapi kita tidak mau mengiklankan itu, yang kita iklankan Bali sebagai pariwisata budaya,” tutur Yuniartha.

Usulan mengembangkan wisata halal itu disampaikan Sandiaga saat kampanye di Bali. Cawapres nomor urut 02 itu menuturkan ceruk pasar wisata halal sangat menggiurkan.

“Prabowo-Sandi fokus untuk memberdayakan UMKM, meningkatkan kewirausahaan dan di Bali sendiri pariwisata kita harapkan pariwisata akan lebih baik dan multiplayer-nya banyak sekali kepada UMKM. Salah satunya juga pariwisata halal, banyak potensinya, dan sekarang banyak diambil oleh Bangkok, Thailand,” kata Sandiaga di Hotel Alkyfa, Jl Pura Demak, Pemecutan Klod, Denpasar, Bali, Minggu (24/2).

“Kita ingin Bali, Indonesia secara umum juga ngambil potensi pariwisata halal yang konon kabarnya di atas Rp3.000 triliun potensinya. Ini sangat luar biasa potensinya kalau bisa kita ambil untuk gerakan ekonomi di Bali,” sambung pasangan Prabowo Subianto itu.

Baca Juga: KPAI Telusuri Video Viral Siswa SD Nyanyi Lagu Prabowo-Sandi

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Rocky Gerung Penuhi Panggilan Polisi Terkait Kasus Hoax Ratna Sarumpaet
H. Muhidin

Politik

Datang Bersama Keluarga, H. Muhidin Mencoblos di TPS Pemurus Dalam Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Intip Sederet Gagasan Zairullah Azhar-Rusli Majukan Kabupaten Tanah Bumbu
apahabar.com

Politik

Wuih, Ada TPS ‘Bebek Goreng’ Kalijo di Kotabaru
apahabar.com

Politik

Pilkada 2020, Kalsel Minim Calon Milenial
apahabar.com

Politik

Mengukur Potensi Dua ASN Pemprov Kalsel Maju di Pilwali Banjarmasin 2020
apahabar.com

Politik

Pengamat: Soal Lingkungan, Kedua Capres Punya Kelebihan
apahabar.com

Politik

Mengupas Kegagalan Partai Baru di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com