13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel Titah Jokowi di Mataraman Kalsel: Segera Perbaiki Jembatan BREAKING! Jokowi Tiba di Kalsel, Langsung Blusukan Bagi Sembako Hujan Deras, Ribuan Korban Banjir Nantikan Kedatangan Jokowi di SDL Geger! Kakek Tak Bernyawa di Bak Truk Trisaksti Banjarmasin

Tambang Emas di Manado Longsor, 1 Tewas 60 Terjebak

- Apahabar.com Rabu, 27 Februari 2019 - 09:30 WIB

Tambang Emas di Manado Longsor, 1 Tewas 60 Terjebak

Suasana proses evakuasi Longsor di areal Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Desa Bakan Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulut pada Rabu. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tambang emas di desa Bakan, kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara Longsor pada Selasa (26/2) malam. 1 orang dikabarkan tewas, 60 orang diperkirakan tertimbun di dalamnya.

Sejauh ini, seperti dilansir dari CNN Indonesia, 14 orang sudah dievakuasi dari lubang galian. Mereka yang dievakuasi di antaranya 1 tewas, 13 lainnya luka berat.

“Sampai Rabu (27/2) pukul 05.00 WITA sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang dengan rincian 1 orang meninggal dan 13 mengalami luka berat dan ringan,” demikian keterangan resmi dari Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho.

Baca Juga: Longsor Susulan dan Beratnya Medan Cempaka Sulitkan Langkah Evakuasi

Longsor di lokasi penambangan liar itu terjadi pukul 21.00 WITA. Saat longsor terjadi, puluhan orang sedang menambang di dalamnya.

Sutopo menuturkan, longsor dipicu oleh patahnya tiang dan papan penyangga lubang galian akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian.

“Sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran,” jelas Sutopo.

Sutopo berkata proses evakuasi masih terus dilakukan karena banyak korban tertimbun dan diperkirakan masih selamat. Proses evakuasi juga melibatkan masyarakat setempat dan penambang di sana.

Baca Juga: Video: Ribuan Keluarga di Papua Terdampak Banjir dan Longsor

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Khofifah

Nasional

Positif Covid-19, Khofifah Langsung Isolasi Mandiri
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Akan Berpidato di Sidang Majelis Umum PBB
apahabar.com

Nasional

Memanas, Ketua DPRD Kalsel Tak Mau Disuruh Duduk Pedemo
Sriwijaya

Nasional

Datangi Crisis Center Sriwijaya SJ 182, Tangis Keluarga Pecah di Bandara Supadio
apahabar.com

Nasional

Andy Arief Ancam Polisikan Putra Jokowi?
apahabar.com

Nasional

Tingkat Kepuasaan Jemaah Haji Khusus Disarankan Disurvei BPS
apahabar.com

Nasional

Tertekan Pandemi, Sri Mulyani Pastikan Anggaran Pendidikan Tetap Prioritas
apahabar.com

Nasional

Presiden Harap Babinsa Ingatkan Kades Penggunaan Dana Desa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com