Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Tambang Emas di Manado Longsor, 1 Tewas 60 Terjebak

- Apahabar.com Rabu, 27 Februari 2019 - 09:30 WIB

Tambang Emas di Manado Longsor, 1 Tewas 60 Terjebak

Suasana proses evakuasi Longsor di areal Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Desa Bakan Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulut pada Rabu. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tambang emas di desa Bakan, kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara Longsor pada Selasa (26/2) malam. 1 orang dikabarkan tewas, 60 orang diperkirakan tertimbun di dalamnya.

Sejauh ini, seperti dilansir dari CNN Indonesia, 14 orang sudah dievakuasi dari lubang galian. Mereka yang dievakuasi di antaranya 1 tewas, 13 lainnya luka berat.

“Sampai Rabu (27/2) pukul 05.00 WITA sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang dengan rincian 1 orang meninggal dan 13 mengalami luka berat dan ringan,” demikian keterangan resmi dari Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho.

Baca Juga: Longsor Susulan dan Beratnya Medan Cempaka Sulitkan Langkah Evakuasi

Longsor di lokasi penambangan liar itu terjadi pukul 21.00 WITA. Saat longsor terjadi, puluhan orang sedang menambang di dalamnya.

Sutopo menuturkan, longsor dipicu oleh patahnya tiang dan papan penyangga lubang galian akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian.

“Sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran,” jelas Sutopo.

Sutopo berkata proses evakuasi masih terus dilakukan karena banyak korban tertimbun dan diperkirakan masih selamat. Proses evakuasi juga melibatkan masyarakat setempat dan penambang di sana.

Baca Juga: Video: Ribuan Keluarga di Papua Terdampak Banjir dan Longsor

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Rice Cooker Bisa Sterilkan Kembali Masker Sekali Pakai, Begini Caranya
apahabar.com

Nasional

Korban KRL Terguling Jadi 6 Orang, Masinis Juga Terluka
apahabar.com

Nasional

Sri Mulyani: Sistem Penggajian PNS Perlu Dikaji Ulang
apahabar.com

Nasional

Subsidi Pulsa Bakal Disalurkan Kemendikbud Awal September
apahabar.com

Nasional

Mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin Tutup Usia
apahabar.com

Nasional

Ungkap Kematian Editor Metro TV, Polisi Cari Barbuk Lain
apahabar.com

Nasional

Jumlah Penumpang Pesawat Melalui Adi Soemarno Turun
apahabar.com

Nasional

6 ‘Tuhan’ Terdaftar Nyoblos di Jember
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com