Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Tekan Kemiskinan, HSS Andalkan Para Sarjana

- Apahabar.com Kamis, 14 Februari 2019 - 16:38 WIB

Tekan Kemiskinan, HSS Andalkan Para Sarjana

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad didampingi Kepala Dinas Sosial HSS menyampaikan materi program untuk para sarjana pendamping desa. Foto-Diskominfo HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad memberikan materi terkait program Pengentasan Kemiskinan kepada para Sarjana Pendamping Desa, Koordinator PKH serta TKSK yang baru saja menerima SK Bupati HSS, Kamis (14/02) di Gedung Kesenian Kandangan.

Dalam arahannya Wabup Syamsuri menyampaikan terkait tugas-tugas yang mesti diemban para Sarjana Pendamping atau Samping Desa, TKSK juga Koordinator PKH yaitu membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan lima tahun ke depan.

Baca Juga: KPU HSS Lakukan Perakitan Kotak Suara di GOR Aluh Indut Kandangan

“Setelah menerima SK, seluruh potensi hendaknya langsung menghadap kepala desa, kemudian bersosialisasi dengan masyarakat sehingga dapat memetakan kondisi dan potensi yang ada di desa sehingga kemudian dapat mengambil langkah-langkah guna menentukan cara dan pola apa saja yang akan diambil guna mengentaskan kemiskinan,” ucapnya.

Wakil Bupati juga mengimbau agar seluruh potensi dapat menjadi orang administrasi lapangan, sehingga dapat bersosialisasi dengan masyarakat secara baik. Lewat Samping, Syamsuri berharap pengentasan kemiskinan akan lebih terstruktur dan komprehensif.

Dalam kegiatan tersebut, setidaknya ada 144 Desa dan 4 Kelurahan yang menjadi sasaran program Samping. Mereka yang disahkan umumnya terdiri dari para putra daerah, dan para orang-orang berpendidikan.

“Para putra daerah untuk mengentaskan kemiskinan menuju Hulu Sungai Selatan Sejahtera Dunia dan Akhirat,” jelas wabup.

Nantinya, Syamsuri berharap kehadiran mereka dapat menjadi solusi di tengah masyarakat terutama mereka yang kurang mampu.

Diwartakan sebelumnya, di bawah duet kepemimpinan Bupati Akhmad Fikry dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, HSS bertekad terus memerangi kemiskinan.

Kemiskinan acap kali menjadi bahasan hangat dalam setiap Musyawarah Rencana Pembangungan atau Musrenbang di HSS.

Di tingkat kecamatan yang dilaksanakan di sebelas kecamatan, Syamsuri Arsyad kerap mengatakan, “Keberhasilan suatu pemerintahan dapat diukur dari seberapa banyak angka kemiskinan yang berhasil dientaskan.”

Pada 2004 silam, angka kemiskinan di Bumi Antaludin mencapai 18 ribu. 11 tahun kemudian, jumlah itu menyusut menjadi 12 ribu-an orang.

“Pada 2015 kami masih di peringkat nomor 3 se-Kalimantan Selatan,” jelas Syamsuri saat bincang ringan dengan apahabar.com, belum lama ini.

Selama lima tahun periode pertama kepemimpinan, dia mengatakan tingkat kemiskinan menurun sebesar 0,49 persen.

Dari 6,29 persen pada 2016 menjadi 5,80 persen di 2017. Jika dibandingkan lima tahun yang lalu atau 2013 silam, angka kemiskinan turun sebesar 6,67 persen dari 6,67 persen.

“Kami targetkan 5 tahun ke depan angka kemiskinan turun menjadi 4 persen,“ ujarnya.

Garis kemiskinan di HSS berada di Rp 431.296 lebih tinggi dari Kalsel Rp 427.774. Saat ini jumlah penduduk HSS yang berpenghasilan di bawah angka tersebut jumlahnya mencapai 13.447 orang atau 5,80 persen dari jumlah penduduk HSS.

Untuk mengentaskan angka kemiskinan, pihaknya takkan melulu mengandalkan program PKH saja. Terobosan yang akan dicoba tahun ini, yakni meningkatkan partisipasi masyarakat golongan mampu.

Baca Juga: Bupati HSS Kukuhkan 15 Tim UP3

Reporter: Nasrullah
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kotak Amal Berizin di Banjarmasin Ditandai Stiker
apahabar.com

Kalsel

Seorang Wanita Ditemukan Tewas Tergantung di Belitung Darat
apahabar.com

Kalsel

Nekat Tak Pakai Masker, Warga Banjarmasin Bakal Disanksi Berat
apahabar.com

Kalsel

BNPT dan FKPT Dorong Perempuan Kalsel Jadi Agen Perdamaian
Darurat Covid-19, Ribuan Guru di Banjarmasin 'Dirumahkan'

Kalsel

Darurat Covid-19, Ribuan Guru di Banjarmasin ‘Dirumahkan’
apahabar.com

Kalsel

Replika Pilkada 2020, Kalsel dan Dinasti Politik Muhidin
apahabar.com

Kalsel

Izin Kedaluwarsa, 2 Senpi Personel Polres HST Disita
apahabar.com

Kalsel

Dinas Perpustakaan Balangan Gencar Beri Pelayanan Membaca Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com