Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Rekonstruksi Pembunuhan di Buncit Indah, Satu Pelaku Sakit Dikabarkan Tertangkap Pesta Sabu, SRN Anggota DPRD Tanah Laut Buka Suara MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik

Tertinggi, Ekonomi Kaltara Masih Bertumpu Sektor Pertambangan

- Apahabar.com Rabu, 13 Februari 2019 - 01:11 WIB

Tertinggi, Ekonomi Kaltara Masih Bertumpu Sektor Pertambangan

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNGSELOR – Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Utara menjadi yang tertinggi di Kalimantan menyusul tren positif yang dicatatkan provinsi termuda itu.

Dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada provinsi lain di Kalimantan, Badan Pusat Statistik Kaltara mencatat pertumbuhan ekonomi (yoy) pada triwulan IV 2018 terhadap triwulan IV tahun 2017 mencapai 7,69 persen.

Baca Juga: Cegah Leptopirosis, Kaltara Bagi-Bagi Ratusan RDT

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan pertumbuhan ekonomi di Kaltara setidaknya diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDRB). Harga berlaku sebesar Rp 86,06 T meningkat Rp 9,13 T dari tahun 2017.

“Sesuai dengan rilis BPS Kaltara, dari sisi produksi pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi pada komponen ekspor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 8,47 persen,” kata Irianto dalam siaran persnya, Selasa 12 Februari 2019.

Demikian halnya dengan pertumbuhan ekonomi Kaltara, pada triwulan IV (c-to-c) tumbuh 6,04 persen. Pertumbuhan ini dicapai oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 11,96 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada komponen ekspor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 7,51 persen.

Jika dirunut berdasarkan kuartal (q-to-q), pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2018 terhadap triwulan sebelumnya tumbuh sebesar 4,61 persen.

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha konstruksi sebesar 10,18 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada komponen pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 19,28 persen.

“Struktur ekonomi Kaltara triwulan IV 2018 didominasi oleh lapangan usaha pertambangan dan penggalian dengan kontribusi sebesar 27,32 persen, kalau dari sisi pengeluaran didominasi oleh komponen ekspor barang dan Jasa dengan kontribusi sebesar 87,97 persen,” kata Irianto.

Untuk diketahui, pola PDRB dan pertumbuhan ekonomi menurut lapangan usaha meliputi beberapa sektor yakni pertambangan dan penggalian, pertanian, kehutanan, dan perikanan, konstruksi, perdagangan, industri pengolahan, transportasi dan pergudangan, administrasi pemerintahan, jasa pendidikan, informasi dan komunikasi, akomodasi dan makan minum, jasa keuangan dan asuransi, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, real estate, jasa lainnya, jasa perusahaan, pengadaan air, pengadaan listrik dan gas.

Baca Juga: Tak Sampaikan LPJ, Siap-Siap Tak Dapat Bantuan

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

BPK Datang, Kepala OPD di Kaltara Dilarang Bepergian
apahabar.com

Kaltara

Hari Libur, Disdukcapil Kaltara Tetap Buka Layanan
apahabar.com

Kaltara

Kapolri: Polda Kaltara Terbentuk karena ‘Desakan’ Gubernur
apahabar.com

Kaltara

Siap-Siap 21 Januari Batas Terakhir Pemberkasan CPNS
apahabar.com

Kaltara

Simdali, Siasat Kaltara Atasi 4 Persoalan Distribusi BBM dan LPG
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Distribusikan Puluhan Ribu Dos Makanan untuk Bumil
apahabar.com

Kaltara

Tiongkok Dominasi Tenaga Kerja Asing di Kalimantan Utara
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Usulkan Rp 65 Miliar untuk Alkes RS Pratama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com