Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian

TKN Bantah Jokowi Pakai Alat Bantu Saat Debat Pilpres 2019

- Apahabar.com Senin, 18 Februari 2019 - 14:53 WIB

TKN Bantah Jokowi Pakai Alat Bantu Saat Debat Pilpres 2019

Ilustrasi debat capres. Foto-apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin menanggapi tuduhan Jokowi menggunakan alat bantu sepanjang debat Capres pada Minggu (17/2/2019) malam.

Dilansir dari Republika, Wakil Ketua TKN Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai tuduhan tersebut tak disertai bukti kuat.

Karding menganggap selalu ada pihak yang tidak mengakui kehebatan Jokowi. Pihak-pihak ini, kata Karding malah melontarkan tuduhan atau dugaan tertentu ke Jokowi.

“Ada yang menduga atau menuduh Pak Jokowi menggunakan semacam alat bantu yang memungkinkan orang lain mendiktekan atau membisiki Pak Jokowi ketika menjawab pertanyaan,” katanya dalam keterangan resmi, seperti dikutip dari Republika pada Senin (18/2).

Politikus PKB tersebut membantah dugaan Jokowi menggunakan alat bantu. Menurutnya, Jokowi tak mungkin menggunakan alat bantu karena sinyal komunikasi di lokasi debat mengalami pengacakan.

“Tidak benar sama sekali  Pak Jokowi memakai alat tersebut. Pak Jokowi hanya memakai clipp on disediakan oleh stasiun televisi penyelenggara debat. Secara teknis tidak mungkin Pak Jokowi menggunakan alat tersebut karena komunikasi di ruang debat di-jamed,” ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari Tempo, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Ace Hadsan Syadzily membantah tuduhan penggunaan alat bantu seperti earpiece oleh calon presiden inkumben, Joko Widodo atau Jokowi, saat debat kedua pilpres 2019.

“Saking terkesimanya dengan penguasaan materi dan penjelasan Pak Jokowi, mereka membuat cerita yang aneh-aneh seperti earpiece,” kata Ace

Menurut Ace, tuduhan itu untuk menutupi ketidakmampuan calon presiden Prabowo Subianto. “Itu hoaks yang dilakukan untuk menutupi ketidakmampuan Pak Prabowo.”

Tudingan Jokowi menggunakan alat bantu saat debat muncul pada sebuah foto yang viral di media sosial. Foto menampilkan dua gambar, yaitu Jokowi sedang menutup telinga bagian kirinya dengan telunjuk. Sedangkan gambar lainnya Jokowi sedang menggenggam bolpoin.

Baca Juga: Pengamat: Soal Lingkungan, Kedua Capres Punya Kelebihan

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Survei Litbang Kompas, Elektabilitas Jokowi-Prabowo Selisih 11,8 Persen
apahabar.com

Politik

Lanjutkan Program Baiman, Ibnu Sina Aktif Serap Aspirasi Warga Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Ribuan Pendukung akan Hadiri Kampanye Jokowi di Lhokseumawe Aceh
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020, Adu Strategi Ketua Tim Sukses
apahabar.com

Politik

Jelang Pilkada, Polresta Banjarmasin Siap Hadapi Segala Kemungkinan
apahabar.com

Politik

Serahkan Berkas ke PDIP, Hermansyah Menunggu Proses
apahabar.com

Politik

Golkar Pede Usung Paman Birin Tanpa Partai Koalisi
apahabar.com

Politik

KPAI Telusuri Video Viral Siswa SD Nyanyi Lagu Prabowo-Sandi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com