Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

TKN Bantah Jokowi Pakai Alat Bantu Saat Debat Pilpres 2019

- Apahabar.com Senin, 18 Februari 2019 - 14:53 WIB

TKN Bantah Jokowi Pakai Alat Bantu Saat Debat Pilpres 2019

Ilustrasi debat capres. Foto-apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin menanggapi tuduhan Jokowi menggunakan alat bantu sepanjang debat Capres pada Minggu (17/2/2019) malam.

Dilansir dari Republika, Wakil Ketua TKN Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai tuduhan tersebut tak disertai bukti kuat.

Karding menganggap selalu ada pihak yang tidak mengakui kehebatan Jokowi. Pihak-pihak ini, kata Karding malah melontarkan tuduhan atau dugaan tertentu ke Jokowi.

“Ada yang menduga atau menuduh Pak Jokowi menggunakan semacam alat bantu yang memungkinkan orang lain mendiktekan atau membisiki Pak Jokowi ketika menjawab pertanyaan,” katanya dalam keterangan resmi, seperti dikutip dari Republika pada Senin (18/2).

Politikus PKB tersebut membantah dugaan Jokowi menggunakan alat bantu. Menurutnya, Jokowi tak mungkin menggunakan alat bantu karena sinyal komunikasi di lokasi debat mengalami pengacakan.

“Tidak benar sama sekali  Pak Jokowi memakai alat tersebut. Pak Jokowi hanya memakai clipp on disediakan oleh stasiun televisi penyelenggara debat. Secara teknis tidak mungkin Pak Jokowi menggunakan alat tersebut karena komunikasi di ruang debat di-jamed,” ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari Tempo, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Ace Hadsan Syadzily membantah tuduhan penggunaan alat bantu seperti earpiece oleh calon presiden inkumben, Joko Widodo atau Jokowi, saat debat kedua pilpres 2019.

“Saking terkesimanya dengan penguasaan materi dan penjelasan Pak Jokowi, mereka membuat cerita yang aneh-aneh seperti earpiece,” kata Ace

Menurut Ace, tuduhan itu untuk menutupi ketidakmampuan calon presiden Prabowo Subianto. “Itu hoaks yang dilakukan untuk menutupi ketidakmampuan Pak Prabowo.”

Tudingan Jokowi menggunakan alat bantu saat debat muncul pada sebuah foto yang viral di media sosial. Foto menampilkan dua gambar, yaitu Jokowi sedang menutup telinga bagian kirinya dengan telunjuk. Sedangkan gambar lainnya Jokowi sedang menggenggam bolpoin.

Baca Juga: Pengamat: Soal Lingkungan, Kedua Capres Punya Kelebihan

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Jabat Ketua DPR, Puan Bakal Pecahkan Rekor
DPW Nasdem Kalsel

Politik

Ke Tabalong, Ketua DPW Nasdem Kalsel Dorong Norhasani Terjun di Pilkada 2024
apahabar.com

Politik

Hasto Bantah Berselisih dengan Risma Terkait Pilkada Surabaya
apahabar.com

Politik

Andai Ditolak Golkar, PAN Siapkan Muhidin atau Khairul Saleh Tantang Paman Birin
apahabar.com

Politik

Putra Cawapres Ma’ruf Perkenalkan Wadah Konsolidasi Relawan
H2D

Politik

Gugatan Resmi Terdaftar, H2D Yakin KPU-MK Bebas Intervensi
apahabar.com

Politik

Gema MA: Debat Capres Semoga Turunkan Angka Golput
apahabar.com

Politik

Debat Pilgub Kalsel 2020 Digelar November Ini, Begini Konsep Mentahnya!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com