Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

TKN Klaim Jokowi Menang Telak, BPN Prabowo Protes

- Apahabar.com Selasa, 19 Februari 2019 - 11:15 WIB

TKN Klaim Jokowi Menang Telak, BPN Prabowo Protes

Ilustrasi debat capres. Foto-apahabar.com

Politikus Golkar itu merangkum dalam semua tema pada debat tadi malam, Jokowi unggul telak. Sedangkan Prabowo, menurut Ace, hanya menjanjikan solusi yang mengawang-awang.

Juru Bicara TKN lainnya, Meutya Hafid, merasa puas dengan penampilan Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan. Jokowi dipandang unggul dalam tema debat kedua mengenai energi, pangan, infrastruktur, lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Meutya menilai Jokowi mampu menyampaikan jawaban dengan baik semua pertanyaan debat dari panelis dan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Menurutnya, Jokowi bisa menguasai masalah dan penyelesaiannya.

“Memang tidak mengawang. Tapi konkret dengan menunjukkan apa yang telah dilakukan, strategi yang akan dilakukan ke depan, berbicara masalah teknis, tidak hanya retorika saja,” ujar politisi Golkar itu.

Ia menjelaskan TKN mengadakan pengamatan internal di media sosial. Hasilnya sentimen positif Jokowi di media sosial lebih unggul daripada Prabowo. Sehingga ia memandang kepuasan atas performa Jokowi terlihat dari pengamatan itu.

“Pak Jokowi itu mencapai 58 persen sentimen positif dibanding dengan kurang lebih 29 persen sentimen positif untuk pasangan 02. Ini pengamatan internal kami terhadap sosial media dari yang memantau internet dan media sosial,” kata Meutya.

Sebaliknya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno menilai, ujaran Joko Widodo atas kepemilikan tanah Prabowo Subianto seluas 220 ribu hektare dalam debat adalah bentuk penyerangan personal.

BPN menilai, hal ini terjadi lantaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak tegas menjalankan aturan debat capres. “Orang yang sudah diatur oleh KPU jangan serang-serang pribadi kok masih terus dilakukan,” kata Juru Bicara BPN Ferry Mursyidan Baldan.

Ferry pun menyatakan, pihaknya tidak ingin menyerang balik Jokowi sebagai calon pejawat secara personal. Namun, ia meminta KPU mau bergerak menegakkan aturan debat yang telah dibuat.

“Paling tidak moderator memberikan peringatan, itu sudah bukan di luar konteks sudah di luar etika yang terbangun tata tertib yang dituangkan, saya kira jelas tidak boleh menyerang,” kata mantan menteri agraria ini.

Sedangkan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mengatakan, pejawat banyak menyebutkan data yang keliru dalam debat putaran kedua. “Data-data yang disampaikan oleh 01 pada debat tadi malam yang sepintas cukup meyakinkan, ternyata banyak berdasarkan data-data yang keliru dan tidak akurat,” kata Didi, Senin (18/2).

Sejumlah data yang dinilainya keliru, soal total produksi beras 2018 yang disebut Jokowi sebanyak 33 juta ton dan total konsumsi 29 juta ton. Merujuk data BPS, kata Didi, konsumsi beras nasional 2018 sebesar 33 juta ton dan data produksi plus impor sebesar 46,5 juta ton.

Selain itu, menurut dia, Jokowi menyatakan sejak 2015 tidak pernah terjadi kebakaran hutan. Sementara data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat pada 2016-2018 telah terjadi kebakaran lebih dari 30 ribu hektare lahan hutan.

Baca Juga: Pengamat: Soal Lingkungan, Kedua Capres Punya Kelebihan

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Politik

Banyak yang Hadir, Kampanye SHM-MAR di Angsana dan Mantewe Pastikan Taat Prokes
apahabar.com

Politik

Bangga dan Salut, Calon Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin: Semoga Paman Birin Selalu Sehat
apahabar.com

Politik

Pilbup Tanbu 2020: Jika Terpilih, Cuncung-Alpi Prioritaskan Bangun Infrastruktur
apahabar.com

Politik

Maju di Pilkada Banjarbaru, Nadjmi-Jaya Melamar ke PDI-P
apahabar.com

Politik

Maju di Pilkada Balangan, Duet ANIS Masih Buka Ruang Koalisi Parpol
apahabar.com

Politik

Resmi, PDIP Usung Pasangan H Rusli-Guru Fadlan di Pilbup Banjar
apahabar.com

Politik

PAN Tegaskan Siap Jadi Oposisi
apahabar.com

Politik

Rabu Depan, Dua Kader DPD PDIP Diajukan ke DPP Sebagai Wakil Ketua DPRD Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com